Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Berita

Gunung Marapi Kembali Meningkatkan Aktivitas Vulkanik, Status Tetap di Level II (Waspada)

1
×

Gunung Marapi Kembali Meningkatkan Aktivitas Vulkanik, Status Tetap di Level II (Waspada)

Sebarkan artikel ini
Erupsi Gurung Marapi
Erupsi Gurung Marapi

Headline.co.id (Jakarta) ~ Gunung Marapi, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, telah menunjukkan gejala peningkatan aktivitas vulkanik sejak bulan Januari 2023. Para ahli dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat bahwa potensi erupsi bersifat eksplosif dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga: Gunung Marapi Meletus, Hujan Abu Vulcanik Mengancam Wilayah Agam dan Tanah Datar

Meskipun secara instrumental terdapat peningkatan sedikit dalam rekaman alat di puncak Gunung Marapi, yang menunjukkan sumber tekanan relatif dekat puncak atau di bawah kawah, status tetap di level II (Waspada). Hal ini sesuai dengan rekomendasi hasil analisis dan evaluasi menyeluruh hingga 16 November 2023.

Dengan mempertimbangkan tingkat aktivitas Gunung Marapi yang masih berada pada Level II (Waspada), PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan kegiatan di dalam radius 3 km dari kawah atau puncak gunung.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu mengenai letusan Gunung Marapi. Pemerintah Daerah memberikan arahan yang harus diikuti oleh masyarakat setempat untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

Baca juga: Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF): Merayakan Kesehatan dan Kulturalitas di Bumi Jogja

Dalam situasi erupsi dan potensi hujan abu, masyarakat diminta menggunakan masker saat keluar rumah guna mengurangi dampak abu vulkanik terhadap kesehatan. Selain itu, dihimbau untuk mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak menyebabkan kerusakan atau roboh.

PVMBG-Badan Geologi akan terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kabupaten Agam, dan BPBD Kabupaten Tanah Datar untuk memberikan informasi terkini tentang aktivitas Gunung Marapi. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan mengikuti setiap perkembangan dari otoritas terkait.

Terimakasih telah membaca Gunung Marapi Kembali Meningkatkan Aktivitas Vulkanik, Status Tetap di Level II (Waspada) semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *