by

Daop 3 Cirebon Tertibkan Aset Negara

Headline.co.id-Cirebon. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon melaksanakan penertiban aset rumah perusahaan yang terletak di Jalan Tentara Pelajar No.13 Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon pada Selasa (11/12). Penertiban tersebut merupakan salah satu upaya penyelamatan aset milik negara berdasarkan Sertifikat Hak Pakai No.21 tahun 1988.

Rumah dinas dengan luas tanah 1300 meter persegi dan luas bangunan 161,8 meter persegi tersebut sebelumnya dihuni oleh salah satu keluarga pegawai kereta api yakni Alm Sumartoyo. Setelah yang bersangkutan meninggal dunia, rumah tersebut dihuni oleh istri serta keluarganya dan dijadikan sebagai tempat usaha tanpa adanya ikatan perjanjian dengan PT KAI (Persero) yang masa kontraknya telah habis sejak 31 Desember 2010.

Akibatnya PT KAI (Persero) harus menganggung kerugian sebesar Rp 1.503.066.400,- terhitung sejak 31 Desember 2010 hingga tahun 2018. Penertiban tersebut melibatkan 300 personel yang terdiri dari pegawai PT KAI (Persero), Polri dan TNI.

Baca Juga: Peduli Kelompok Tani, PT. KAI Daop 3 Cirebon Berikan CSR Rp 830 Juta di Indramayu

Sebelumnya, pihak PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon telah melakukan upaya persuasif agar penghuni memenuhi kewajibannya untuk membayar sewa atau mengembalikan rumah tersebut dengan sukarela. Berhubung upaya tersebut tidak direspon oleh penghuni maka PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon melayangkan Surat Peringatan (SP) untuk mengosongkan rumah tersebut sebanyak 3 kali. Setelah itu PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon melaksanakan penertiban terhadap rumah dinas tersebut dan dilakukan pemagaran demi keamanan.


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed