Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Doa Setelah Wudhu Panjang Pendek Lengkap dengan Hukum dan Artinya

3658
×

Doa Setelah Wudhu Panjang Pendek Lengkap dengan Hukum dan Artinya

Sebarkan artikel ini

Bacaan Doa Setelah Wudhu: Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu warasuuluh. Allaahummaj'alnii mina-t-tawwaabiina waj'alnii minal mutathahhiriin

Hukum Membaca doa Setelah Wudhu
Ilustrasi Wudhu

Doa Setelah Wudhu Panjang Pendek Lengkap dengan Hukum dan Artinya ~ Headline.co.id (Kumpulan Doa Islam). Wudhu merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan sebelum melakukan ibadah sholat. Tentunya Wudhu menjadi kunci kesempurnaan dalam melaksanakan sholat. Dilansir Headline.co.id dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wudhu adalah menyucikan diri (sebelum salat) dengan membasuh muka, tangan, kepala, dan kaki.

Baca juga: 1000+ Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami Awalan A-Z dan Artinya

Wudhu merupakan tindakan yang wajib dilakukan oleh umat Muslim, terumata ketika hendak melakukan ibadah salat, thawaf di kakbah dan menyentuh Al-Qur’an. Berikut ayat Al-Qur’an yang mewajibkan seorang Muslim untuk berwudu sebelum hendak melakukan salat.

Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan atau Kemenag Kalsel menjelaskan bahwa melakukan wudhu yang benar adalah bagian dari syarat sah sholat. Itu artinya, fatal jika seorang muslim masih salah dalam melaksanakan wudhu. Tak hanya itu dalam hadist riwasat Bukhari juga menyebutkan bahwa Allah tidak akan menerima Sholat seseorang jika dia tidak berwudhu.

“Allah tidak menerima sholat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Baca juga: Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap

Tentunya dalam wudhu kita harus melewati rangkaian mulai dari doa sebelum wudhu, rukun dari wudhu sendiri hinga membaca doa setelah wudhu. Sesuai dengan request dari teman-teman kepada tim Redaksi Headline Media terkait bagaimana sih bacaan doa sesudah wudhu, berikut ini adalah  liputan lengkapnya yang sudah headline.co.id siapkan untuk anda.

Doa Setelah Wudhu lengkap arab latin dan Artinya

Berikut adalah bacaan doa setelah wudhu sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah ﷺ:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allaahummaj’alnii mina-t-tawwaabiina waj’alnii minal mutathahhiriin.

Baca juga: Teks Bacaan Tahlil NU Lengkap Arab Latin dan Artinya

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.

Doa Setelah Wudhu Versi Singkat

Selain doa tersebut di atas, dalam hadist lain terdapat juga doa setelah wudhu yang lebih singkat.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Bacaan Latin: Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya.

Bacaan Doa Setelah Wudhu Pendek

Rasulullah juga mengajarkan doa lain yang bisa dibaca setelah berwudu. Berikut doanya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِك أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا أَنْت استغفرك وَأَتُوب إِلَيْك

Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: “Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. An-Nasa’i no. 30, sahih menurut Al-Albani).

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu

Membaca doa setelah wudhu adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, meskipun bukanlah suatu kewajiban. Umat Muslim dapat meraih keutamaan dan pahala tambahan dengan mengucapkan doa setelah melakukan wudhu. Hal ini berdasarkan pada hadits yang menyatakan bahwa Allah membuka delapan pintu surga bagi orang yang melakukan wudhu dengan baik dan mengucapkan doa setelahnya.

Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah

Bukan tanpa dasar atau dalil, pernyataan ini disampaikan melalui hadits yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu

Baca juga: Kumpulan Contoh Ceramah Singkat Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Hadits tersebut memberikan panduan tentang doa yang dapat dibaca setelah wudhu. Doa tersebut berisi kesaksian akan keesaan Allah, pengakuan atas kenabian Nabi Muhammad SAW, permohonan untuk termasuk di antara orang-orang yang bertaubat, dan meminta agar Allah menjadikan seseorang sebagai orang yang menyucikan diri.

Meskipun doa ini bukan kewajiban, mengucapkannya setelah wudhu merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dan dapat memberikan manfaat besar bagi seorang Muslim. Doa ini mencerminkan rasa kesadaran akan tindakan suci yang baru saja dilakukan, dan juga merupakan ungkapan syukur atas nikmat wudhu. Selain itu, mengucapkan doa setelah wudhu dapat menjadi pengingat bagi seorang Muslim untuk menjaga kesucian dan ketaatan kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Islam, setiap amalan baik yang dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas memiliki potensi untuk mendatangkan pahala. Membaca doa setelah wudhu adalah salah satu cara untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Allah dan mengingatkan diri sendiri akan pentingnya menjaga kesucian dan ketaatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sementara doa setelah wudhu tidak diwajibkan, ia tetap merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan dapat membawa berkah dalam hidup seorang Muslim.

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

Keutamaan Wudhu dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Wudhu adalah salah satu praktik ritual penting dalam agama Islam. Selain menjadi syarat untuk melaksanakan shalat, wudhu juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik spiritual maupun kesehatan. Membaca doa sesudah wudhu juga merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Artikel ini akan mengulas beberapa manfaat dan keutamaan wudhu yang dapat kita petik dari ajaran agama dan sains.

  1. Peluang Masuk Surga Salah satu keutamaan besar wudhu adalah bahwa setiap Muslim yang melaksanakannya dengan ikhlas memiliki peluang untuk masuk surga. Dalam hadits yang disampaikan oleh Rasulullah saw, disebutkan bahwa seseorang yang berwudhu dengan baik dan kemudian mengucapkan kalimat syahadat akan dibukakan delapan pintu surga. Ini adalah tanda dari Allah SWT atas kebaikan dan kesucian hati seseorang yang menjalankan wudhu dengan benar.
  2. Menghapus Dosa Berwudhu bukan hanya membersihkan fisik, tetapi juga membersihkan jiwa. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa wudhu yang dilakukan dengan benar dapat menghapus dosa. Bahkan, dalam hadits, disebutkan bahwa wudhu yang sempurna akan menghapus dosa-dosa yang ada di antara dua wudhu tersebut. Hal ini menunjukkan pentingnya menjalankan wudhu dengan kesadaran dan ketaatan.
  3. Wajah Tampak Berseri Manfaat berwudhu lainnya adalah bahwa wajah seseorang yang melaksanakannya secara rutin akan terlihat berseri. Setiap Muslim yang menjalankan wudhu secara teratur akan memiliki bekas wudhu pada wajah dan tangan mereka. Bahkan, di hari kiamat, orang yang senantiasa berwudhu akan memiliki wajah yang terlihat cerah. Hal ini sejalan dengan hadits yang menyatakan bahwa umat Islam pada hari kiamat akan dikenal sebagai “al-ghurr dan al-muhajjalun” karena bekas wudhu.
  4. Menjaga Kesehatan Kulit Wudhu bukan hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga kesehatan. Praktik berwudhu secara rutin dapat membantu menjaga kebersihan kulit. Dengan berwudhu setidaknya lima kali sehari, seseorang dapat menjaga kulitnya dari berbagai serangan penyakit. Air wudhu memiliki sifat membersihkan dan mencegah penyakit kulit, yang membuatnya menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan kulit.
  5. Menjaga Daya Tahan Tubuh Selain manfaat kesehatan kulit, berwudhu juga berdampak positif pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Menurut psikiater dan neurolog asal Austria, Leopold Werner von Ehrenfels, berwudhu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Air wudhu memiliki kemampuan merangsang saraf-saraf tubuh, yang membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Rosulallah Salamun Alaik Lengkap Arab Latin dan Artinya

Rukun-Rukun Wudhu

Rukun wudhu adalah aspek-aspek penting yang harus dipahami dan diikuti oleh setiap Muslim. Rukun wudhu terdiri dari enam langkah penting:

  1. Niat: Wudhu harus dimulai dengan niat yang tulus untuk mensucikan diri sebelum beribadah.
  2. Memasuh Wajah: Rukun kedua adalah mencuci wajah dengan air yang bersih, dimulai dari dahi hingga bawah dagu.
  3. Memasuh Tangan: Kemudian, mencuci tangan hingga siku, termasuk seluruh bagian tangan.
  4. Mengusap Sebagian Kepala: Langkah ini melibatkan mengusap sebagian kepala dengan air yang basah. Kepala harus digosok sekitar satu lengkungan tangan.
  5. Memasuh Kaki: Menggunakan air untuk mencuci kaki hingga mata kaki.
  6. Tertib: Seluruh langkah wudhu harus dilakukan secara berurutan dan dengan ketenangan. Tidak boleh ada yang terlewatkan, dan mereka harus diikuti sesuai urutannya seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Menjalankan keenam rukun wudhu ini dengan penuh ketaatan adalah suatu keharusan, karena wudhu yang sah merupakan prasyarat untuk melakukan salat. Meninggalkan salah satu rukun ini dapat membuat salat tidak sah.

Sunah-Sunah Wudhu

Selain rukun wudhu, terdapat pula sunah-sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilakukan saat wudhu. Sunah-sunah ini adalah amalan-amalan tambahan yang, jika diikuti, akan mendatangkan pahala berlimpah. Berikut beberapa sunah wudhu yang pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW:

  1. Membasuh kedua telapak tangan.
  2. Menggosok gigi dengan siwak dan berkumur.
  3. Memasukkan air ke dalam hidung.
  4. Menyapu air ke seluruh kepala.
  5. Membasuh kedua telinga (bagian dalam dan luar).
  6. Mendahulukan yang kanan saat melakukan sunah-sunah ini.
  7. Menggosok celah-celah jari tangan, kaki, dan janggut jika panjang.
  8. Melakukan setiap langkah sebanyak 3 kali.
  9. Melakukan langkah-langkah sunah ini secara berturut-turut dan bersambung dari awal sampai akhir tanpa jeda.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Mengikuti sunah-sunah wudhu adalah cara yang dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan pahala dalam ibadah. Namun, penting untuk diingat bahwa rukun wudhu harus tetap dilakukan dengan benar, karena mereka merupakan inti dari wudhu yang sah.

Dengan memahami rukun dan sunah wudhu, seorang Muslim dapat memastikan bahwa ibadahnya dilakukan dengan tulus dan sesuai dengan ajaran Islam. Wudhu bukan hanya tindakan fisik semata, tetapi juga sebuah upaya spiritual untuk menjaga kesucian dan ketaatan kepada Allah SWT.

Terimakasih telah membaca Doa Setelah Wudhu Panjang Pendek Lengkap dengan Hukum adan Artinya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

Pasang Iklan diliput Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bacaan tahlil lengkap Latin
Doa

Teks Bacaan Tahlil NU Lengkap Arab Latin dan Artinya ~ Headline.co.id (Doa Islam). Hallo sobat Headline, tentu kita semua tidak asing lagi dengan tahlil, Bacaan tahlil dan dzikir biasanya di…