Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Berita

Dari Ulasan Makanan Hingga Laporan Polisi: Kontroversi Antara Codebluuuu dan Omay

28748
×

Dari Ulasan Makanan Hingga Laporan Polisi: Kontroversi Antara Codebluuuu dan Omay

Sebarkan artikel ini
Codebluuuu hadir di depan dr Richard Lee
Codebluuuu hadir di depan dr Richard Lee. Instagram.com/@dr.richard_lee

Dari Ulasan Makanan Hingga Laporan Polisi: Kontroversi Antara Codebluuuu dan Omay ~ Headline.co.id (Jakarta). Dalam perkembangan tak terduga, konflik antara food vlogger @codebluuuu dan konten kreator Farida Nurhan, yang dikenal sebagai Omay, telah mengambil jalur hukum, dengan Codebluuuu melaporkan Omay ke polisi.

Baca juga: Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep Bertemu Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di iNews Tower

Laporan ini dibuat pada 25 September 2023, di Polda Metro Jaya dan telah terdaftar dengan nomor laporan LP/B/5703/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Sengketa ini berawal dari ulasan makanan oleh vlogger Aa Juju, yang mengulas Warung Nyak Kopsah, milik Bang Madun. Dalam ulasannya, Aa Juju memperlihatkan lingkungan berantakan dan berantakan di Nyak Kopsah, bahkan menggambarkan situasi di mana pelanggan diinstruksikan untuk membungkus makanannya sendiri dengan menggunakan keresek merah.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Dai Desa Madani Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Jaga Persatuan Menuju Pemilu 2024

Farida Nurhan kemudian memutuskan untuk merespons video Aa Juju dengan menambahkannya dengan komentarnya sendiri, membela Nyak Kopsah dari kritik Aa Juju. Respons ini memicu banjir komentar negatif dari netizen yang menyasar Farida Nurhan.

Kemudian, netizen menantang Codebluuuu untuk mengulas Warung Nyak Kopsah. Codebluuuu menerima tantangan tersebut dan mengunjungi restoran tersebut, yang menghasilkan ulasan campuran tentang makanannya, dengan kecenderungan menyukai sambal leunca (sambal terong) dan omelet.

Baca juga: Persiapan Pilkades Serentak di Lumajang, Jawa Timur: Kondusif dan Siap Dilaksanakan

Penting untuk dicatat bahwa Codebluuuu selalu mempertahankan anonimitas, tidak pernah mengungkapkan wajah atau identitasnya kepada publik. Namun, setelah ulasan Warung Nyak Kopsah, Farida Nurhan memilih untuk mengomentari ulasan Codebluuuu.

Farida Nurhan, yang membela Nyak Kopsah, memosting video di akun TikTok-nya, yang menampilkan rekaman percakapan yang diduga antara Nyak Kopsah dan seorang wanita. Dalam rekaman tersebut, wanita tersebut menyebut nama asli Codebluuuu sebagai William Anderson dan menuduh Codebluuuu melarikan diri dengan putrinya.

Baca juga: Hukum Mematikan HP Ketika Shalat: Batal atau Tidak ini Penjelasannya?

Farida Nurhan, setelah mendengar rekaman tersebut, tampaknya menemukan hal itu lucu. Reaksi ini mendorong Codebluuuu untuk melaporkan Farida Nurhan ke polisi.

Meskipun Farida Nurhan sudah menghapus video tersebut, video tersebut sudah diabadikan oleh netizen dan menyebar di media sosial. Dalam perkembangan terbaru, Nyak Kopsah bersama dua food vlogger yang telah mengulas tempat makan tersebut, Aa Juju dan Codebluuuu, telah mencapai kesepakatan.

Baca juga: Jawa Tengah Catat Surplus Ekspor di Tengah Peningkatan Aktivitas Perdagangan

Codebluuuu Melaporkan Farida Nurhan ke Polisi

Codebluuuu melaporkan Farida Nurhan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik dan pencemaran reputasinya melalui media elektronik (UU ITE). Polisi saat ini sedang menyelidiki laporan tersebut.

Kombes Ade Safri Simanjuntak, Direktur Reserse Kriminal di Polda Metro Jaya, mengonfirmasi penerimaan laporan tersebut. Dia menyatakan bahwa mereka saat ini sedang melakukan serangkaian tindakan penyelidikan.

Baca juga: 28 September Diperingati Hari Kereta Api Nasional, Begini Perjalanan Sejarahnya

“LP (laporan polisi) baru saja diterima di Unit 1 Subdirektorat Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, dan sejumlah upaya penyelidikan saat ini sedang dilakukan,” kata Ade Safri dalam pernyataannya pada hari Rabu (27 September 2023).

Menurut Ade Safri, Codebluuuu melaporkan Farida Nurhan atas dugaan pelanggaran Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU ITE dan/atau Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.

Baca juga: Guru Besar Soroti Peran Krusial Apoteker Dalam Program Rujuk Balik Peserta JKN

Farida Nurhan Akan Diinterogasi

Polda Metro Jaya telah memulai penyelidikan terhadap laporan Codebluuuu. Mereka akan mendalami apakah ada unsur pidana dalam laporan tersebut.

“Selanjutnya, kita akan melakukan serangkaian tindakan penyelidikan untuk menentukan apakah ada peristiwa pidana dalam dugaan tindak pidana yang dilaporkan,” kata Kombes Ade Safri Simanjuntak, Direktur Reserse Kriminal di Polda Metro Jaya, kepada wartawan pada hari Kamis (28 September).

Baca juga: Kumpulan Contoh Ceramah Singkat Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Ade Safri menjelaskan bahwa salah satu langkah penyelidikan adalah memeriksa pihak-pihak yang relevan, termasuk Farida Nurhan sebagai terlapor.

“Sebagai bagian dari penyelidikan ini, salah satu kegiatan adalah mengundang pelapor dan saksi-saksi untuk klarifikasi. Terlapor juga akan kami undang untuk klarifikasi mengenai dugaan tindak pidana yang dilaporkan,” ujarnya.

Baca juga: Pilih Menabung Atau Kredit? Ini Tips Membeli Mobil Meskipun Gaji Pas-Pasan

Tim redaksi telah mencoba menghubungi baik Codebluuuu maupun Farida Nurhan untuk mendapatkan tanggapan mereka mengenai masalah ini. Namun, hingga berita ini diterbitkan, belum ada tanggapan dari kedua belah pihak.

Terimakasih telah membaca Dari Ulasan Makanan Hingga Laporan Polisi: Kontroversi Antara Codebluuuu dan Omay  jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Heboh Kapolres Purworejo dicopot? Polda Jateng Sampaikan Sebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *