by

PLN Beri Imbas Buruk ke Transportasi Jakarta dan Sekitarnya

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Padamnya Listrik di sebagian Pulau Jawa sejak pukul 11.48 WIB Minggu (04/08) memberikan dampak yang “mengerikan’ terhadap sejumlah kota di Jawa termasuk dalam dampak terburuknya ada di Jakarta dan beberapa kota penyangganya.

Sementara itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengidentifikasi penyebab terputusnya pasokan listrik tersebut, karena gangguan pada sistem transmisi 500kV, sehingga seluruh sistem interkoneksi Jawa Bali Nusa Tenggara terganggu.

Akibat dari kerusakan ini sejumlah transportasi yang mengandalkan listrik mengalami gangguan mulai dari MRT dan KRL. Bahkan dampak dari padamnya listrik PLN, mengakibatkan sejumlah provider jasa telekomunikasi seperti XL Axiata, Telkomsel, Indosat, Tri hingga Smartfren juga terkena dampaknya.

Imbas dari gangguan tersebut juga merembet ke pengguna jasa angkutan online. Salah satu yang terkena ialah para penumpang KRL di Stasiun Bogor yang akan memesan angkutan online tetapi tidak bisa karena jaringannya buruk.

“Ini saya ga bisa hubungi orang rumah. WhatsApp ga bisa, mau pesan Gojek juga ga bisa karena mati ga ada internetnya. Telepon sama SMS tadi sempat bisa, tapi sekarang mati lagi,” ujar Nur, salah satu pengguna Telkomsel yang ditemui di KRL dari Bogor yang hendak menuju Jakarta

Bahkan lebih parahnya, pihak Commuter Line harus membatalkan 240 perjalanan KRL karena pemadaman listrik yang cukup lama mulai dari pukul12.00 WIB hingga 17.00 WIB karena tidak adanya pasokan daya listrik untuk mengoperasikan KRL.

Lantas apakah PLN bakal memberi ganti rugi terhadap kerugian besar yang dialami operator kereta dan masyarakat Jakarta pada umumnya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed