Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
NasionalBeritaEkonomi

Kementerian Keuangan Serahkan 3 Surat Jaminan Untuk Dukung Kredit Investasi Penyediaan Air Minum

3722
×

Kementerian Keuangan Serahkan 3 Surat Jaminan Untuk Dukung Kredit Investasi Penyediaan Air Minum

Sebarkan artikel ini
Kementerian Keuangan menyerahkan 3 Surat Jaminan Pemerintah Pusat untuk mendukung penyediaan kredit investasi penyediaan air minum
Kementerian Keuangan menyerahkan 3 Surat Jaminan Pemerintah Pusat untuk mendukung penyediaan kredit investasi penyediaan air minum

Kementerian Keuangan Serahkan 3 Surat Jaminan Untuk Dukung Kredit Investasi Penyediaan Air Minum ~ Headline.co.id (Jakarta). Kementerian Keuangan menyerahkan 3 Surat Jaminan Pemerintah Pusat untuk mendukung penyediaan kredit investasi penyediaan air minum kepada PT Air Minum Giri Menang (Perseroda), Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, dan Perumda Tirta Musi Palembang.

Baca juga: Sereal Umbi Garut Nutriflakes Solusi Untuk Penderita Asam Lambung Naik

Dukungan ini secara resmi disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Suminto kepada Direktur Utama (Dirut) PT Air Minum Giri Menang, Dirut Perumda Tirta Pakuan Bogor, dan Dirut Perumda Tirta Musi Palembang, pada acara Penyerahan Surat Jaminan Pemerintah Pusat dan Perjanjian Induk dalam rangka Percepatan Penyediaan Air Minum, di Jakarta, Rabu (22/02).

Acara ini juga dihadiri Direktur Air Minum Kementerian PUPR, Dirut PT BPD Bali, Dirut PT BPD Jawa Barat dan Banten, Dirut PT BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Direktur Pengelolaan Risiko Keuangan Negara, Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan, para pejabat Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR.

Baca juga: Hadiri IFW 2023, Menparekraf Harapkan Industri Fesyen Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

“Air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar penduduk yang diupayakan agar tersedia dalam jumlah yang cukup, layak, aman, merata, dan berkualitas baik. Oleh karena itu, penyediaan air minum bagi masyarakat menjadi tanggung jawab bersama”, demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Suminto, dalam keynote speech-nya.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 akan tersedia akses minum perpipaan untuk 10 juta Sambungan Rumah. Target tersebut tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 s.d 2024. Hal ini bertujuan untuk mencapai akses air minum layak 100% tahun 2024.

Baca juga: SPORTEL Rendez-vous Bali, Menparekraf Sandiaga Uno Sampaikan Indonesia Berpotensi Besar Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Sport Tourism Dunia

Sebagai bentuk komitmen dukungan percepatan penyediaan air minum, Pemerintah telah menggulirkan program Penjaminan dan Subsidi Bunga Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Air Minum yang tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2019 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 60/PMK.08/2020. Jaminan dan subsidi bunga Pemerintah tersebut dapat diberikan kepada bank yang telah melakukan penandatanganan dokumen Perjanjian Kredit sebelum 31 Desember 2022.

Dengan diterbitkannya surat jaminan ini, maka risiko gagal bayar pinjaman berpindah dari PDAM selaku Debitur (pihak Terjamin) ke Kementerian Keuangan selaku Penjamin. Melalui skema ini, Penjamin akan menanggung 70% (tujuh puluh persen) kekurangan jumlah pembayaran kewajiban pokok pinjaman dalam hal Debitur tidak melakukan pembayaran kewajiban jatuh tempo sesuai Perjanjian Kredit.

Baca juga: Kunjungi Basecamp Basarnas Indonesia di kota Antakya, Menko PMK Semangati Petugas SAR Indonesia di Lokasi Gempa Turki

“Meskipun dengan penjaminan ini terdapat transfer risiko, namun mitigasi untuk menjaga agar jaminan tidak terklaim menjadi tanggung jawab bersama antara pihak Penjamin, Terjamin, dan Penerima Jaminan. Oleh karena itu, program Penjaminan dan Subsidi Bunga Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Air Minum harus dikelola baik, prudent, transparan dan akuntabel”, tutup Suminto.

Baca juga: Hindari Politik Praktis di Masjid, Menko Polhukam Minta Pesantren Asak Masyarakat Amankan Pemilu

Demikian berita terbaru tentang Kementerian Keuangan Serahkan 3 Surat Jaminan Untuk Dukung Kredit Investasi Penyediaan Air Minum semoga bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk penyakit asam lambung anda. Jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *