Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Kamera

Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya

3039
×

Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya

Sebarkan artikel ini
Perbandingan autofocus Sony A7C vs Sony A7iii
Sony A7III Vs A7C

Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya ~ Headline.co.id (Kamera). Baru-baru ini sony kembali memperkenalkan kamera terbarunya dikeluarga A7, Namun meski masuk dalam keluarga A7 kamera terbaru sony ini justru memiliki desain yang cukup kecil seperti halnya pada kamera A6600. Kamera terbarunya adalah Sony Alpha A7C.

Baca juga: Review Kamera Mirrorless Fujifilm X-T1 Harga dan Spesifikasi Terbaru

Banyak netizen yang menanyakan apa sih perbedaan kamera Sony A7III dengan A7C ini, padahal kedua kamera ini memiliki sensor yang sama-sama full frame, selain itu persamaan lainnya adalah kedua kamera tersebut sama-sama kamera mirrorless yang memiliki sensor kamera 24 MP dan memiliki sensor yang sama besarnya.

Sony A7III merupakan kamera mirrorless full frame yang diperkenalkan Sony pada Februari 2018 sementara Kamera Sony A7C ini dikenalkan Sony pada September 2020.

Perbandingan Desain Sony A7III Vs A7C

Perbandingan Desain Kamera Sony A7 III Vs Sony A7C
Sony A7III Vs A7C. img: apotelyt.com

Salah satu perbedaan antara Sony A7III Vs Sony A7C pada desain kameranya, pada sony A7C memiliki ukuran kamera lebih kecil dan lebih ringkas dibandingkan dengan kamera Sony A7III. Sony A7C memiliki dimensi kamera 124mm x 71mm x 60mm dengan berat 509 gram sementara pada Sony A7III ini memiliki ukuran yang lebih besar yakni 127mm x 96mm x 74mm dengan berat kamera 650 gram. Pada sisi demensi kameranya sony A7C memiliki ukuran yang lebih ringan 22 persen dibandingkan dengan sony A7III, dan yang perlu diketahui kedua kamera tersebut sama-sama tahan percikan dan debu.

Baca juga: Daftar Harga Kamera Leica Terbaru Dari Murah – Mahal 

Sementara untuk warnanya pada Sony A7C memiliki dua varian warga yakni (hitam, silver) sementara pada A7III ini hanya memiliki satu warna yakni hitam.

Perbandingan Sensor Sony A7III Vs A7C

Berbicara masalah sensor kamera, pada Sony A7III dan A7C ini sama-sama memiliki ukuran sensor yang sama. Kedua kamera tersebut memiliki fitur sensor bingkai penuh dan memiliki factor format 1,0.  1,0. Dalam spektrum sensor kamera, ini menempatkan kamera review di antara kamera sensor besar yang bertujuan untuk kualitas gambar terbaik. Kedua kamera memiliki rasio aspek asli (lebar sensor terhadap tinggi sensor) 3: 2.

Baca juga: Review Kamera Mirrorless Canon EOS M10 : Spesifikasi dan Harga Terbarunya

Pada sensor kamera keduanya memiliki ukuran sensor yang sama yakni 35.6mm dan 23.8mm, dengan resolusi 24mp yang dapat menghasilkan jepretan gambar hingga 6000px x 4000px. Kedua kamera yang dipertimbangkan dilengkapi dengan sensor yang memiliki kecepatan pembacaan yang cukup tinggi untuk gambar bergerak, dan keduanya memberikan spesifikasi film yang sama (4K / 30p).

Sementara untuk perekaman video, antara Sony A7C Vs A7II ini menawarkan perekaman video 4K UHD dalam format XAVC-S, hingga 30fps pada kedalaman warna 4: 2: 0 dalam 8-bit ke kartu memori yang dimasukkan atau 4: 2: 2 dalam 8-bit melalui HDMI ke perekam pihak ketiga yang kompatibel. keduanya mendukung profil HLG, S-Log3 dan S-Log2.

pada Sony A7C dan A7III ini dapat merekam Full 1080 HD hingga 120fps, dengan mode gerak Lambat dan Cepat khusus yang menawarkan kecepatan bingkai mulai dari 1fps hingga 120fps.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Kamera Canon EOS 600D Terbaru [Review]

Perhatikan bahwa saat memotret dalam 4K pada 24 dan 25p, kamera menggunakan lebar penuh dari sensor gambar untuk mengambil sampel berlebih dari data senilai 6K, tetapi pada 30p, pemotongan ringan masih diterapkan.

Namun salah satu fitur yang beda dari Sony A7C ini adalah para pengaturan Kecepatan AF dari A7S III yang baru dirilis, tidak ada batasan waktu perekaman sama sekali, warna memuncak biru baru, kemampuan untuk merekam video vertikal, dukungan streaming langsung, dan perekaman NTSC dan PAL ganda pada kartu memori yang sama tanpa harus untuk memformatnya.

Baca juga: Cari Gimbal Kamera Murah? Ini daftar Harga Stabilizer Terbaru

Selain itu, tombol film sekali sentuh telah dipindahkan dari posisinya yang agak canggung di bahu belakang A7 III ke panel atas A7C.

Sony A7C juga mendukung Digital Audio Interface baru (melalui MiShoe) untuk mengaktifkan penggunaan mikrofon shotgun digital ECM-B1M baru.

Baca juga: Review Tamron 11-20mm f/2.8 Alternatif Lensa Wide Sony APS-C

Fitur Sony A7III Vs A7C

Perbandingan Fitur Sony A7III Vs A7C
Sony A7III Vs A7C

Sementara pada fitur kameranya, kedua kamera ini memiliki fitur yang hampir mirip seperti sama-sama memiliki jendela bidik elektronik, namun pada Sony A7C ini menararkan resolusi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kamera Sony A7III (2360k vs 2359k titik). Sony A7 III dan Sony A7C keduanya memiliki built-in intervalometer . Ini memungkinkan fotografer menangkap urutan selang waktu, seperti bunga mekar, matahari terbenam atau terbitnya bulan, tanpa membeli pemicu kamera eksternal dan perangkat lunak terkait.

Baca juga: Nikon P900 Kamera Zoom Terpanjang, ini Kekurangan dan Kelebihannya

Sementara mada memory cardnya, pada kedua kamera tersebut memiliki perbedaan, pada Sony A7II memiliki fitur slot memory card ganda yang mana bisa digunakan bergantian apabila memory penuh atau salah satu memory rusak, sementara pada Sony A7C ini hanya memiliki satu slot memory card. Namun yang perlu dicatat kedua kamera tersebut sudah mendukung kartu UHS-II, yang menyediakan transfer data Ultra High Speed ​​hingga 312 MB / s (slot kedua A7 III hanya mendukung UHS-I).

Perbedaan Layar LCD Sony A7III Vs Sony A7C

Salah satu yang menjadi perbedaan dengan kamera seri A7 lainnya dengan kamera baru Sony A7C ini adalah pada sisi layar LCDnya, pada Sony A7C ini memiliki desain baru dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah, termasuk menghadap ke depan sementara pada layar LCD A7III masih memiliki desain yang hanya bisa di lipat ke atas tanpa bisa menghadap kesegala arah.

Baca juga: Luncurkan Z5, Inilah Harga dan Kelebihan Kamera Mirrorless Nikon?

Perbandingan Fokus Sony A7III vs Sony A7C

Kamera terbaru Sony A7C ini memiliki sistem autofokus  dengan deteksi mata manusia dan hewan yang sama seperti pada Sony A7III. terdapat 693 titik deteksi fase yang menutupi 93% bingkai, ditambah 425 titik deteksi kontras, dengan sistem bekerja hingga cahaya redup -4EV.

Namun pada Sony A7C memiliki sedikit peningkatan yakni menggunakan algoritme pemfokusan baru yang sama dengan yang digunakan oleh A7S III yang baru-baru ini dirilis, yang diklaim membuat sistem pelacakan AF yang sudah luar biasa menjadi lebih andal. Kamera mirrorless Sony terkenal dengan sistem AF-nya yang luar biasa, dan A7C baru tentu tidak terkecuali.

Baca juga: Kamera Sony ZV-1 Resmi Masuk Pasar Indonesia, Inilah Fitur Menarik dan Harga-nya

Baterai Sony A7III Vs A7C

Pada sisi baterainya, kedua kamera ini memiliki baterai yang sama, yakni ony A7C ini dibekali dengan baterai NP-FZ100 yang sama dengan A7 III. Kedua kamera juga dapat diberi daya dan diisi daya melalui koneksi USB-C, yang berguna jika Anda bepergian dan memiliki powerbank yang kompatibel untuk menyambungkan kamera.

Harga Sony A7III Vs Sony A7C

jika kita bandingkan harga kedua kamera tersebut saat pertama kali dilundurkan harga kamera Sony A7III lebih mahal dibandingkan Sony A7C, namun setiap tahun harga kamera Sony A7III ini turun, dan jika dibandingkan saat ini harga Sony A7C sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Sony A7III.

Baca juga: Cari Ponsel Kamera Bagus, Ini Kelebihan Fitur Multi-Style Portrait di Vivo V21

Kelebihan Sony 7III Vs Sony A7C

Kelebihan dan Kekurangan Sony A7III Vs A7C
Sony A7III Vs A7C

Bagaimana apakah sudah bisa menentukan lebih bagus Sony A7III Sony A7C? nah bagi yang masih binggung berikut ini adalah rangkuman ulasan kelebihan dari masing-masing kamera Sony A7III vs Sony A7C:

Keunggulan memilih Sony Alpha A7 III:

  • Gambar jendela bidik lebih besar:Menampilkan jendela bidik dengan pembesaran lebih tinggi (0,78x vs 0,59x).
  • Rana lebih cepat:Memiliki kecepatan rana mekanis yang lebih tinggi (1 / 8000s vs 1 / 4000s) untuk membekukan aksi.
  • Lebih tenang:Menampilkan slot kartu kedua sebagai cadangan jika kartu memori rusak.
  • Diskon lebih besar:Telah tersedia lebih lama (diluncurkan pada Februari 2018).

Kelebihan memilih Sony Alpha A7C:

  • LCD yang lebih fleksibel:Memiliki layar putar untuk pengambilan gambar sudut ganjil dalam orientasi potret atau lanskap.
  • Lebih ringkas: Lebihkecil (124x71mm vs 127x96mm) dan lebih mudah dimasukkan ke dalam tas.
  • Kurang berat:Memiliki bobot yang lebih rendah (sebesar 141g atau 22 persen) dan dengan demikian lebih mudah untuk dibawa.
  • Lebih tahan lama:Mendapat lebih banyak bidikan (740 berbanding 610) dengan sekali pengisian daya baterai.
  • Transfer data lebih cepat:Mendukung protokol USB yang lebih canggih (3.2 vs 3.1).
  • Lebih modern:Merefleksikan kemajuan teknis selama 2 tahun 6 bulan sejak peluncuran A7 III

Baca juga: Berbeda dengan Sebelumnya, Nokia 7.3 Akan Hadir Dengan 4 Kamera Belakang

Perbandingan Sony A7III Vs Sony A7C

Spesifikasi Kamera Sony A7 III Vs Sony A7C 
Camera ModelSony A7 IIISony A7C
Camera TypeMirrorless system cameraMirrorless system camera
Camera LensSony E mount lensesSony E mount lenses
Launch DateFebruary 2018September 2020
Launch PriceUSD 1,999USD 1,799
Sensor SpecsSony A7 IIISony A7C
Sensor TechnologyBSI-CMOSBSI-CMOS
Sensor FormatFull Frame SensorFull Frame Sensor
Sensor Size35.6 x 23.8 mm35.6 x 23.8 mm
Sensor Area847.28 mm2847.28 mm2
Sensor Diagonal42.8 mm42.8 mm
Crop Factor1.0x1.0x
Sensor Resolution24 Megapixels24 Megapixels
Image Resolution6000 x 4000 pixels6000 x 4000 pixels
Pixel Pitch5.94 μm5.94 μm
Pixel Density2.83 MP/cm22.83 MP/cm2
Moiré controlAnti-Alias filterAnti-Alias filter
Movie Capability4K/30p Video4K/30p Video
ISO Setting100 – 51,200 ISO100 – 51,200 ISO
ISO Boost50 – 204,800 ISO50 – 204,800 ISO
Image ProcessorBIONZ XBIONZ X
DXO Sensor Quality (score)96..
DXO Color Depth (bits)25.0..
DXO Dynamic Range (EV)14.7..
DXO Low Light (ISO)3730..
Screen SpecsSony A7 IIISony A7C
Viewfinder TypeElectronic viewfinderElectronic viewfinder
Viewfinder Field of View100%100%
Viewfinder Magnification0.78x0.59x
Viewfinder Resolution2359k dots2360k dots
LCD FramingLive ViewLive View
Rear LCD Size3.0inch3.0inch
LCD Resolution922k dots922k dots
LCD AttachmentTilting screenSwivel screen
Touch InputTouchscreenTouchscreen
Shooting SpecsSony A7 IIISony A7C
Focus SystemOn-Sensor Phase-detectOn-Sensor Phase-detect
Manual Focusing AidFocus PeakingFocus Peaking
Max Shutter Speed (mechanical)1/8000s1/4000s
Continuous Shooting10 shutter flaps/s10 shutter flaps/s
Shutter Life Expectancy200 000 actuations200 000 actuations
Electronic ShutterYESup to 1/8000s
Time-Lapse PhotographyIntervalometer built-inIntervalometer built-in
Image StabilizationIn-body stabilizationIn-body stabilization
Fill Flashno On-Board Flashno On-Board Flash
Storage MediumMS or SDXC cardsMS or SDXC cards
Second Storage OptionDual card slotsSingle card slot
UHS card supportSingle UHS-IIUHS-II
Connectivity SpecsSony A7 IIISony A7C
External FlashHotshoeHotshoe
USB ConnectorUSB 3.1USB 3.2
HDMI Portmicro HDMImicro HDMI
Microphone PortExternal MIC portExternal MIC port
Headphone SocketHeadphone portHeadphone port
Wifi SupportWifi built-inWifi built-in
Near-Field CommunicationNFC built-inNFC built-in
Bluetooth SupportBluetooth built-inBluetooth built-in
Body SpecsSony A7 IIISony A7C
Environmental SealingWeathersealed bodyWeathersealed body
Battery TypeNP-FZ100NP-FZ100
Battery Life (CIPA)610 shots per charge740 shots per charge
In-Camera ChargingUSB chargingUSB charging
Body Dimensions127 x 96 x 74 mm
(5.0 x 3.8 x 2.9 in)
124 x 71 x 60 mm
(4.9 x 2.8 x 2.4 in)
Camera Weight650 g (22.9 oz)509 g (18.0 oz)

Perbandingan Spesifikasi Kamera

Model KameraLebar KameraTinggi KameraKedalaman KameraBerat KameraDaya
Tahan Baterai 1
Peluncuran Kamera 2Harga Peluncuran (USD)
Sony A7 III127 mm96 mm74 mm650 g610Feb 20181.999
Sony A7C124 mm71 mm60 mm509 g740Sep 20201.799
Canon 6D Mark II144 mm111 mm75 mm765 g1200Jun 20171.999
Nikon Z6134 mm101 mm67 mm675 g310Agustus 20181.999
Sony A9 II129 mm96 mm76 mm678 g690Okt 20194.499
Sony A7R III127 mm96 mm74 mm650 g650Okt 20173.199
Sony A9127 mm96 mm63 mm673 g650Apr 20174.499
Sony A7R II127 mm96 mm60 mm625 g290Jun 20153.199
Sony A7S II127 mm96 mm60 mm627 g370Sep 20152.999
Sony A7 II127 mm96 mm60 mm599 g350November 20141.999
Sony A7127 mm94 mm48 mm474 g340Okt 20131.699
Sony A850156 mm117 mm82 mm895 g880Agustus 20091.999
Catatan : Pengukuran dan harga tidak termasuk komponen yang mudah dilepas, seperti lensa tambahan atau yang dapat ditukar atau jendela bidik opsional.
(1) Jumlah gambar yang dapat diambil dengan daya baterai penuh menurut standar CIPA; (2) Pengumuman resmi.

 

 

 

 

 

[wp-review id=”16560″]

Demikian artikel mengenai Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya semoga artikel ini bermanfaat dan selalu kunjungi Headline News Indonesia untuk informasi menarik lainya jangan lupa Like dan Share artikel ini agar bermanfaat buat orang lain trimakasih telah membaca Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *