Luncurkan Z5, Inilah Harga dan Kelebihan Kamera Mirrorless Nikon?

  • Whatsapp
Nikon Z5 Terbaru
Nikon Z5 Terbaru

Headline.co.id (Jakarta) ~ Tak mau kalah dengan Sony kini Nikon kembali merilis kamera terbarunya yakni Kamera mirrorless Nikon Z5. Kamera mirrorless full frame ini masuk dalam jajaran kamera menengah. Sebelumnya Nikon juga telah merilis kamera Nikon Z6 dan Z7 pada akhir tahun 2018.

baca juga: Kamera Sony ZV-1 Resmi Masuk Pasar Indonesia, Inilah Fitur Menarik dan Harga-nya

Pada kamera mirrorless generasi pertama milik Nikon merupakan kamera yang memiliki harga cukup wow yakni pada Nikon Z6 ini dibandrol dengan harga nyaris Rp 30 juta dengan adaptor tanpa lensa, sementara Nikon Z7 lebih mahal lagi di Rp 41 juta. Harga yang dimiliki oleh Nikon tersebut seimbang dengan kamera Sony A7 Generasi ke-4.

Mengambil pasar menengan Nikon tahun 2020 ini mengeluarkan kamera mirrorless Nikon Z5 yang mana kamera ini tergolong cukup terjangkau seimbang dengan kamera mirrorless milik Sony A7 II.

baca juga: WFH Jadi Trend? Huawei Luncurkan Ideahub Perangkat Ruang Kerja Cerdas dengan Fitur Cangih

Dihimpun dari berbagai sumber kamera mirrorless Nikon Z5 ini akan dibandrol dengan harga US$ 1400 body-only (setara dengan Rp 22 Juta), sementara jika kamera dengan lensa zoom baru 24-50mm f/4-6.3 dibandrol dengan harga US$ 1700 (setara Rp 27,5 Juta).

Harga tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan Sony A7II (16 juta) dan Canon EOS RP (Rp 18 juta body only).

Nikon Z5 Terbaru
Nikon Z5 Terbaru

Namun, pada Kamera mirrorless Nikon Z5 ini memiliki beberapa spesifikasi yang lebih unggul yakni pada kamera ini memiliki dual UHS II card, jendela bidik 3.69 juta titik, 5 axis stabilization di body dengan standard 5 stop, memiliki baterai yang lebih besar, serta port untuk audio mic dan headphone monitoring dan baterai yang lebih besar dan tahan lama.

baca juga: Kemendikbud Ciptakan 2 Metode Pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh

Sementara jika dibandingkan dengan Nikon Z6, pada kamera Z5 ini tidak memiliki layar tambahan di bagian atas kamera, namun pada z5 ini memiliki dual slot SD card yang lebih bagus daripada Nikon Z6 yang hanya bisa menerima kartu XQD yang lebih besar dan mahal.

Mirrorless Nikon Z6 punya sensor BSI sehingga di ISO tinggi lebih bersih dari noise sekitar 1/2-1 stop, dan lebih cepat kinerja foto berturut-turutnya (12 fps vs 4.5 fps). Untuk video juga Z6 lebih bagus karena di Z7 biarpun bisa rekam video 4K tapi harus crop 1.7x.

Bagi pencinta Nikon tentu Z5 ini akan menjadi barang istimewa untuk upgrade dari DSLR, namun untuk pengguna kamera merk lain tentu tidak akan terlalu melirik karena pertimbangan dari harga yang cukup jauh meskipun spesifikasi lebih baik.

Nikon Z5 Terbaru
Nikon Z5 Terbaru

Spesifikasi Nikon Z5

* Full frame 24MP CMOS sensor FSI
* Processor Expeed 6
* 4.5 fps foto berturut-turut
* ISO 100-51200
* 273 point AF deteksi fasa di sensor
* Jendela bidik 3.69 juta titik, 0.8x perbesaran
* Built-in stabilization 5 axis, 5 stop
* Video 4K 30p (crop 1.7x)
* Dual card slot SD UHS-II
* Layar monitor 3 inci, tilt
* 1/8000 – 30 detik
* Berat: 675 gram
* Dimensi: 134 x 101 x 70mm

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *