Mengenal Manfaat dan Pentingnya Konsumsi Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Gravatar Image
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil. (foto:PEXELS.COM)

Mengenal Manfaat dan Pentingnya Konsumsi Vitamin D Untuk Ibu Hamil ~ Headline.co.id (Kesehatan). Hamil merupakan salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh setiap calon orang tua, dan tentunya hal yang perlu diperhatikan agar tumbuh kembang bayi baik adah konsumsi vitamin ataupun suplemen untuk ibu hamil.

Baca juga: Antisipasi! Ini Jenis dan Gejala Dini Kanker Pada Anak

Salah satu nutrisi ibu hamil penting untuk dikonsumsi adalah vitamin D sebab itu akan mendukung pertumbuhan dari janin sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi selama mengandung.

Penelitian Tentang Pentingnya Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Dilansir headline dari penelitian yang dilakukan oleh Hollis (2011) menyatakan bahwa menyatakan bahwa ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi suplemen vitamin D dimulai dari usia kehamilan 12 minggu ,dengan dosis 400, 2000, dan 4000 IU setiap hari.

Baca juga: Vitamin Vs Suplemen, Ini Perbedaan dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Tahu

Selain itu kekurangan vitamin D pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko neonatus berat lahir rendah dengan memodifikasi konsumsi ibu dalam pemenuhan nutrisi untuk meningkatkan kadar vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan berat lahir neonatus.

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang amat dibutuhkan janin untuk menunjang penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, membantu pertumbuhan gigi sampai mencegah berat badan lahir rendah pada janin.

Baca juga: Inilah 7 Tips Untuk Mengobati FLU Agar Tidak Bertambah Parah

Buat kamu ibu hamil yang binggung cara mendapatkan vitamin D itu dari mana jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan secara mudah dengan berjemur langsung dibawah matahari pagi. Selain itu juga bisa didapatkan dengan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti laut, seperti ikan salmon, tuna, tongkol, dan tenggiri atau juga obat seperti CDR.

Buat kamu yang terkendala akan alergi dari ikan laut tentu kamu juga bisa mendapatkannya dari makanan seperti telur, susu, keju, hati sapi, dan sereal yang sudah diperkaya vitamin D. Untuk beberapa kondisi, kebutuhan vitamin D juga dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Berikut ini adalah manfaat dari vitamin D untuk ibu hamil:

  1. Vitamin D Mendukung Pertumbuhan Tulang, Gigi, serta Otot Bayi

Vitamin D yang cukup tentu akan membantu bayi anda untuk mendapatkan cukup kalsium dan fosfat. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang, gigi, serta otot bayi. Sementara bagi yang kekurangan Vitamin D saat hamil dapat menghambat pertumbuhan gigi, tulang dan otot bayi. Bahkan yang ditakutkan adalah jika kekurangan vitamin D akan menimbulkan penyakit rakitis atau patah tulang pada bayi baru lahir.

Baca juga: 10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19

2. Vitamin D Menurunkan risiko diabetes gestasional

Buat yang belum tau diabetes gestasional merupakan salah satu kondisi ketika kadar gula  darah di dalam tubuh ibu hamil meningkat terlalu tinggi. Penyakit diabetes tersebut dapat meningkatlkan resiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil dan janin, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan berlebih, hingga preeklampsia.

Baca juga: Dinkes Kalbar Bagikan Tips Jaga Telinga pada Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Sehingga, ibu hamil (Bumil) disarankan mampu mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari dengan cara rutin berjemur, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, atau mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai rekomendasi dokter.

3. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

World Health Organization (WHO) menyebut, kekurangan vitamin D pada ibu hamil sering terkait dengan peningkatan risiko komplikasi kehamilan, seperti: preeklampsia, diabetes gestasional, kelahiran prematur, dan berat badan lahir bayi rendah.

Baca juga: Apa Itu Obesitas? Ini Bahayanya dan Antisipasinya pada Anak

4. Menurunkan risiko asma pada si kecil

Selain resiko diatas vitamin D yang cukup mampu menurunkan resiko asma atau ganguan pernapasan pada janin. Ibu hamil yang melakukan konsumsi vitamin D3 secara cukup dan rutin dapat menurunkan persentase risiko asma tersebut pada buah hatinya. Hal ini didukung oleh dua penelitian yang dilakukan secara acak pada anak-anak yang ibunya mengonsumsi vitamin D selama masa kehamilan. Dikatakan bahwa anak tersebut cenderung tidak mengalami alergi pada debu atau tungau serta memiliki faktor risiko yang rendah terhadap asma.

Baca juga: Cari Serum Pencerah Wajah Terbaik? Ini Kisah Ku Menggunakan Serum dan Serum Mask

Berapa Banyak Dosis Kebutuhan Vitamin D Saat Hamil

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2019 merekomendasikan Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin D untuk ibu hamil sekitar 15 mikrogram (mcg) atau 600 IU per harinya.

Asupan vitamin D tersebut bisa Bumil peroleh dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Baca juga: Sering Pakai Headset? Begini Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *