Inilah 7 Tips Untuk Mengobati FLU Agar Tidak Bertambah Parah

Gravatar Image
Obat Flu Paling Ampuh
Obat Flu Paling Ampuh (freepik)

Inilah 7 Tips Untuk Mengobati FLU Agar Tidak Bertambah Parah ~ Headline.co.id (Jakarta). Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba seperti saat ini. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Baca juga: Keberhasilan Vaksinasi Tak Lepas dari Peran Para Tokoh

Meski flu biasa adalah salah satu gangguan kesehatan paling umum, tapi gejala yang dirasakan bisa sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara mengobati flu yang baru mulai yang bisa dicoba sebelum kondisi flu bertambah parah.

Perlu diingat, flu dan pilek merupakan kondisi yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek disebabkan oleh virus yang berbeda seperti rhinovirus, parainfluenza, dan coronavirus musiman. Meskipun keduanya memiliki gejala yang mirip, namun flu dapat lebih buruk daripada pilek dan gejalanya lebih intens serta muncul secara tiba-tiba.

Baca juga: Hadeh! Muncul Lagi Vaksin Booster Keempat

Cara Mengobati Gejala Awal FLU

Meskipun tidak bisa disembuhkan dengan obat, segera mengatasi flu yang baru mulai bisa membantu mengurangi risiko gejala berkembang semakin berat, serta mungkin mempercepat penyembuhan.

Ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengobati flu yang baru muncul:

  1. Minum banyak cairan

Tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik, termasuk untuk melawan infeksi. Kekurangan cairan dapat membuat gejala flu semakin parah.

Baca juga: Hingga 24 Februari Kasus Aktif Covid-19 Magelang Capai 2.000 Orang

Kebutuhan cairan tidak hanya dipenuhi dari air minum, tetapi juga bisa dari makan sup, air kaldu atau buah-buahan segar. Sobat bisa mendapatkan asupan cairan dari mana saja, kecuali alkohol dan minuman tinggi gula. Meskipun demikian, air putih tetap merupakan pilihan yang terbaik.

  1. Tidur yang cukup

Tidur adalah bagian penting dalam pemulihan bagi tubuh. Saat mulai merasa gejala flu seperti bersin, ingusan, atau mata berair mulai muncul, maka pastikan tubuh mendapatkan durasi tidur yang cukup. Ini akan memberi sistem kekebalan tubuh kesempatan untuk melawan infeksi.

Baca juga: Sentra Vaksinasi di Pasar Agung Diminati Warga

Orang yang kurang tidur dinilai berisiko jauh lebih besar terkena flu jika dibandingkan dengan orang yang tidur lebih dari 7 jam per malam. Maka, cara mengobati flu yang baru mulai adalah dengan banyak beristirahat dan tidur yang cukup setiap malam.

  1. Kelola stress

Stres dapat membuat kekebalan tubuh melemah sehingga lebih mudah terserang flu. Selain itu, saat stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan membuat sistem kekebalan semakin rentan.

Baca juga: Sering Pakai Headset? Begini Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Maka dari itu, saat mulai terkena flu sebaiknya kelolalah stres dan lakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh merasa rileks.

Beberapa aktivitas yang dapat membantu antara lain latihan pernapasan dalam, meditasi, berolahraga, mandi air hangat sebelum tidur atau mendengarkan musik.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeluarkan dahak, mengurangi peradangan dan meredakan iritasi di tenggorokan bagian belakang. Ini juga dapat membantu membilas bakteri dan virus sehingga dinilai efektif sebagai mengobati flu yang baru mulai.

Baca juga: 2 Tahun Covid di Indonesia, Kemenkes: Kolaborasi dan Penguatan Layanan Kesehatan Menjadi Hal Penting

Untuk meringankan gejala flu seperti tenggorokan gatal, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

  1. Konsumsi makanan yang sehat

Asupan makanan juga berperan penting dalam mencegah flu yang terjadi bertambah parah. Konsumsi lah makanan yang sehat, seimbang, dan bervariasi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan lebih efektif dalam melawan infeksi.

  1. Minum madu

Madu telah lama dipercaya bisa membantu meredakan berbagai penyakit. Klaim ini juga terbukti secara ilmiah karena cairan manis ini menunjukkan kemampuannya dalam meredakan beberapa gejala flu dengan cara:

  • Mengurangi keparahan dan frekuensi batuk pada anak-anak
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Menciptakan lapisan tipis di atas selaput lendir yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan peradangan.

Baca juga: Apa Itu Obesitas? Ini Bahayanya dan Antisipasinya pada Anak

Sobat sehat bisa mengonsumsinya secara langsung 1-2 sendok setiap hari atau melarutkannya ke dalam air hangat untuk menggantikan permen pelega tenggorokan.

  1. Minum obat yang dijual bebas

Saat gejala flu baru mulai, kita bisa coba mengatasinya dengan minum obat flu yang dijual bebas. Obat-obatan tersebut dapat membantu meringankan berbagai gejala seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan atau batuk.

Sebaiknya segera minum obat saat gejala flu mulai terasa. Kita dapat mulai dengan obat antihistamin, dekongestan, serta menggunakan paracetamol untuk meredakan nyeri. Pastikan selalu membaca aturan pakai yang tertera di tabel keterangan.

Cara Mencegah FLU

Flu dan pilek dapat terjadi karena infeksi virus dan dapat ditularkan ke orang lain dengan mudah. Tangan yang menyentuh droplet terinfeksi virus pada permukaan benda dan kemudian menyentuh tangan, hidung atau mata juga dapat menyebabkan flu.

Baca juga: Dinkes Kalbar Bagikan Tips Jaga Telinga pada Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Maka untuk mencegah flu sangat penting memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  • Sering mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun khususnya sebelum makan dan setelah dari kamar mandi atau setelah menggunakan fasilitas umum.
  • Hindari menyentuh hidung, mulut dan mata dengan tangan yang belum dicuci.
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit
  • Menjaga asupan makanan sehat bergizi
  • Rajin berolahraga
  • Tidur dan istirahat yang cukup
  • Mendapatkan vaksin flu setiap tahunnya. Anak usia >6 bulan sudah boleh mendapatkan vaksin flu.

Baca juga: 10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *