Tak Perlu Antre, RSUD Dr Moewardi Kini Sediakan Layanan Antar Obat

Peresmian Layanan Pengantaran Obat RSUD Moewardi
Peresmian Layanan Pengantaran Obat RSUD Moewardi (Foto RSUD Dr Moewardi)

Tak Perlu Antre, RSUD Dr Moewardi Kini Sediakan Layanan Antar Obat ~ Headline.co.id (Surakarta). Periksa di RSUD Dr Moewardi kini tidak harus antre mengambil obat di loket farmasi. Pasien rawat jalan dapat memanfaatkan fasilitas antar obat ke rumah, sehingga tidak perlu menunggu lama.

Baca juga: Pemkab Lumajang Usulkan Normalisasi Kali Asem ke Dinas PUSDA Jatim

Kasubbag Hukum dan Humas RSUD Dr. Moewardi Anggita Pratami Langsa menyebut, layanan itu disambut antusias oleh pasien. Bukan saja mereka yang rawat jalan Poliklinik Wijaya Kusuma, juga oleh pasien rawat jalan Poliklinik Paviliun Cendana.

“Sejak diluncurkan pada Selasa (1/3/2022) animo pasien sangat antusias. Setidaknya ada 60 pengantaran resep ke rumah pasien (dalam sehari),” ujarnya, dihubungi lewat telepon, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Anggita menyebut, layanan pengantaran obat merupakan kerja sama RSUD Dr Moewardi dengan PT Pos Indonesia. Program itu memfasilitasi pengantaran obat ke rumah menggunakan Pos Instan, dengan tarif Rp15.000 sekali antar.

Ditabahkan, peningkatan layanan tersebut dilakukan untuk mengurangi antrean di bagian farmasi. Karena, setelah Covid-19 mereda, antrean pengambilan obat selalu terjadi kerumunan. Dalam sehari, jumlah pasien bisa melebihi 1.000 orang.

Ketika ada pasien yang ingin obatnya diantar, terangnya, pasien dapat menghubungi petugas Farmasi untuk memastikan apakah obat yang diresepkan termasuk ke dalam daftar obat yang bisa diantar. Sebab, ada beberapa daftar obat yang harus diambil sendiri oleh pasien.

Baca juga: 10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19

Kemudian, pasien dapat datang ke counter PT Pos Indonesia yang ada di Gedung Wijaya Kusuma Lantai 1 (di sebelah Farmasi) untuk mengisi formulir aplikasi pengantaran obat. Di sana pasien diminta memberikan alamat dan membayar biaya layanan antar.

Pada tahap uji coba, kata Anggita, layanan pengantaran obat dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Adapun, area pengantaran meliputi seluruh kecamatan di Kota Surakarta, Kecamatan Grogol, Baki, Kartasura, Colomadu, Gondangrejo, Mojolaban, dan Jaten.

Baca juga: Inilah 7 Tips Untuk Mengobati FLU Agar Tidak Bertambah Parah

“Harapannya, ke depan jangkauan pengantaran bisa diperluas. Mengingat RSUD Dr Moewardi merupakan rujukan provinsi. Pasiennya ada yang dari Jawa Timur dan juga Jawa Tengah bagian selatan,” ucapnya.

Untuk informasi selengkapnya, pasien dapat menghubungi Apoteker RSUD Dr Moewardi yaitu Endang Prasetyowati (0857 4696 2344) dan petugas PT. Pos Indonesia, Agung Novianto (0852 2918 009).

Baca juga: 1.100 Unit Huntap telah Terbangun di Tempat Relokasi Desa Sumbermujur Lumajang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.