Pemkab Semarang Sediakan 26 Ambulan Gratis Untuk Layani Warga Tujuan Kabupaten/ Kota Sekitar

Ambulan Gratis Pemkab Semarang
Ambulan Gratis Pemkab Semarang

Pemkab Semarang Sediakan 26 Ambulan Gratis Untuk Layani Warga Tujuan Kabupaten/ Kota Sekitar ~ Headline.co.id (Semarang). Sebanyak 26 unit ambulans disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang untuk melayani warga yang membutuhkan secara gratis. Tidak hanya melayani di wilayah Kabupaten Semarang, ambulans itu juga melayani rute tujuan ke kabupaten/kota sekitar, jika diperlukan.

Baca juga: Perkuat Pengendalian COVID-19, BNPB Bagikan Warga Kota Semarang 225.000 Masker

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, ambulans gratis sangat diperlukan untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang baik.

“Pelayanan gratis ini untuk memperluas akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, menuju fasilitas kesehatan,” terang bupati usai meresmikan program ambulans gratis, di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Minggu (27/2/2022) pagi.

Disampaikan, berdasarkan SK Bupati Semarang Nomor 974.1/0058 Tahun 2022, masyarakat diberikan dispensasi berupa pembebasan retribusi pelayanan kesehatan, berupa pelayanan mobil ambulans dan mobil jenazah di puskesmas. Terutama, bagi warga Kabupaten Semarang yang belum menjadi peserta jaminan kesehatan nasional.

Baca juga: Optimalkan SNPDB 2022, Kemenag Gelar Simulasi Ujian Daring

Selain 26 unit ambulans, pihaknya juga menyediakan lima unit mobil jenazah yang dapat digunakan oleh masyarakat secara gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Dwi Syaiful Nur Hidayat menambahkan, pelayanan ambulans gratis tersebut merupakan salah satu program unggulan Bupati Semarang.

Baca juga: Pemprov Jateng Beri Hadiah 36 Santri Penghafal Al-Qur’an di Semarang

Pelayanan cuma-cuma ini, lanjutnya, menjangkau tujuan di wilayah Kabupaten Boyolali, Temanggung, Demak, Kota Semarang, Kendal, Salatiga, Kabupaten dan Kota Magelang. Mobil ambulans gratis bersiaga di 26 puskesmas dan lima mobil jenazah gratis disiapkan di lima eks kawedanan.

“Melengkapi itu, Dinkes juga menyiagakan ambulans gratis 24 jam,” imbuhnya.

Baca juga: Ketua Pokdarwis Pantai Watukodok Dikagetkan Pemasangan Pagar Seng di Bukit Gunungkulon oleh Panitikismo

Sub Koordinator pelayanan kesehatan Pramudya Teguh Sucipto menjelaskan, program public safety center 119 dapat melakukan penjemputan orang sakit dari rumah dan korban kecelakaan lalu lintas. Warga bisa menghubungi nomor telepon 085290242420, jika membutuhkan.

Baca juga:  Sentra Vaksinasi di Pasar Agung Diminati Warga

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.