Haul Gus Dur ke-12, Muhaimin: Perjuangan Gus Dur Menjadi Inspirasi Untuk Hadapi Pandemi

  • Whatsapp
Tangkapan layar Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar saat membacakan manaqib Gus Dur di Jakarta
Tangkapan layar Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat membacakan manaqib Gus Dur di Jakarta, Minggu malam (22/8/2021) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Semangat perjuangan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi inspirasi dalaman menghadapi pandemic Covid-19. Hal tersebut di sampaikan Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat Haul Gus Dur Ke-12 di Jakarta, Minggu (22/8) malam.

baca juga: Pasar Kembang Kebakaran, 70 Persen Pasar dilalap Si Jago Merah

“Semoga semangat perjuangan Gus Dur menjadi inspirasi pemerintah, masyarakat dan kita semua, agar Indonesia bisa mengatasi masa-masa sulit pandemi saat ini,” ungkap Muhaimin.

Dalam acara Haul Gus Dur Ke-12 terdapat rangkaian kegiatan berupa pembacaan manaqib atau cerita riwayat hidup dari Gus Dur. Acara tersebut selenggarakan secara daring dan diikuti ribuan orang dari Indonesia, Malaysia, hingga Australia. Haul Gus Dur ini diselenggarakan sejak 14 Muharram 1431 Hijriah, sekaligus peringatan wafatnya Presiden RI ke-4 itu.

baca juga: Samsung Galaxy J2 Prime: Review, Spesifikasi, Harga Kelebihan dan Kekurangannya

Muhaimin menuturkan bahwa Gus Dur telah memberikan jalan atau model, dimana keterlibatan semua kalangan menjadi kekuatan luar biasa dalam menyelesaikan setiap persoalan.

“Kalau kita bisa menggalang semua kekuatan, dapat mengatasi pandemi, menyukseskan pembangunan untuk menjadi Indonesia maju, adil dan sejahtera,” kata Muhaimin.

Sosok Gus Dur kata Muhaimin selalu menanamkan sikap rasa percaya diri dengan modal kekayaan khazanah hingga kultural, yang dimiliki bangsa Indonesia.

baca juga: Pemprov Bengkulu Teruna Bantuan Oksigen dari Kemenkes RI Sebanyak 169 Unit

Muhaimin meyakini di tengah krisis dan pandemi saat ini, pemerintah tidak akan mampu berjalan sendiri, tanpa melibatkan dan bekerja bersama-sama kekuatan masyarakat untuk terlibat dan menjadi bagian memberikan solusi kepada masyarakat.

Muhaimin mencontohkan program vaksinasi baru akan berakhir, apabila semua kekuatan terlibat untuk menyukseskan itu. Tetapi kata dia, jika hanya mengandalkan pemerintah pastinya akan lambat dan mengalami berbagai kendala.

“Bayangkan beberapa bulan lalu, kita berdebat vaksin soal halal atau haram. Itu disebabkan karena rendahnya partisipasi keterlibatan masyarakat,” ujar Muhaimin.

baca juga: Sahabat Ganjar Dari 34 Provinsi Deklarasikan Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024-2029

Sejumlah tokoh ikut serta membacakan manaqib Gus Dur diantaranya Menteri Koordinasi bidan Politik dan Hukum Moh. Mahfud MD, Sekjen aliansi masyarakat adat nusantara (AMAN) Rukka Sombolinggi, Budayawan Sujiwo Tejo dan Akademisi Nadirsyah Hosen.

Sementara sejumlah tokoh hadir dalam Haul itu diantaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Waketum DPP PKB Hanif Dhakiri, hingga Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid.

baca juga: Presiden Jokowi Ucapkan Terimakasih Kepada Penerbang Garuda Flight dan Nusantara Flight, Ada Apa?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *