Antisipasi Penyebaran Virus Corona, BUMDes Sumbermulyo Digunakan Sebagai Tempat Karantina

  • Whatsapp
Gedung BUMDes di Sumbermulyo Bantul disulap menjadi gedung karantina bagi pemudik. (Foto: Istimewa)
Gedung BUMDes di Sumbermulyo Bantul disulap menjadi gedung karantina bagi pemudik. (Foto: Istimewa)

HeadLine.co.id, (Bantul) – Gedung BUMDes di Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul dialihfungsikan menjadi tempat karantina bagi pemudik yang datang di desa tersebut.

Baca juga: Update Terbaru Covid-19 di Indonesia Kamis 02 April 2020: Menjadi 1.790 Kasus, DKI Jakarta dan Jawa Barat Terbanyak

Bacaan Lainnya

Langkah ini diambil karena masyarakat keberatan dengan kedatangan para pemudik. Pengalihfungsian gedung ini dilakukan setelah satu keluarga yang beranggotakan lima orang pulang dari Bandung, Jawa Barat. Kepulangan keluarga tersebut menjadi permasalahan tersendiri dan warga sepakat untuk tidak menerima kedatangan orang asing.

Baca juga: Jokowi Resmi Digugat karena Dinilai Lalai Dalam Tangani Virus Corona

“Jadi mereka bukan warga kami, satu keluarga ini ngontrak di salah satu dusun (di Desa Sumbermulyo). Kemudian hari Kamis mereka ke Bandung karena ada urusan dan hari Minggu pulang,” ucap Ani Widayani selaku Kepala Desa Sumbermulyo pada kamis (2/4/2020).

“Warga tidak bisa menerima mereka karena sudah ada kesepakatan tidak menerima orang dari luar,” lanjut Ani.

Baca juga: Gelar Pesta Pernikahan, Kapolsek Kembangan Dicopot Dari Jabatannya Akibat Langgar Maklumat Kapolri

Akhirnya warga menggelar mediasi dan sepakat untuk mengalihfungsikan gedung BUMDes sebagai tempat karantina para pemudik. Merujuk Surat Edaran dari Kemendes PDTT No. 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa yang meminta setiap desa harus memiliki ruang isolasi guna menghadapi COVID-19.

Baca juga: Jokowi: Mulai dari Presiden Sampai Kepala Desa Harus Satu Visi Tangani Corona

“Kemudian kami, Tim Satgas Siaga COVID-19 Kelurahan Sumbermulyo menjadikan gedung BUMDes ini sebagai tempat karantina. Apalagi gedung ini jauh dari permukiman dan dekat dengan tempat pelayanan masyarakat yakni Puskesmas Bambanglipuro,” jelasnya.

Baca juga: Hasil Penelitian UGM Mengungkapkan Jeruk Berpotensi Cegah Virus Corona, Selengkapnya Disini!

Saat ini, kelima orang itu telah menempati tempat karantina di Desa Sumbermulyo. Ani menyebut selama karantina, pemerintahan desa menanggung makan sehari-hari hingga pemeriksaan medis terhadap keluarga tersebut hingga selama 14 hari. Selain itu kondisi keluarga tersebut selalu dipantau oleh puskesmas setempat. Bila setelah karantina 14 hari dan tidak menunjukkan gejala maka keluarga tersebut boleh kembali ke rumahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *