oleh

Sejak WFH, Pemakaian Gas LPG Meningkat dan BBM Menurun

HeadLine.co.id, (Nasional) – Sejak dicanangkannya kerja dari rumah atau Work From Home (WFH), PT Pertamina (Persero) telah mencatat pemakaian Liquefied Petroleum Gas (LPG) mengalami peningkatan ketimbang penggunaan BBM.

Menurut data Pertamina, hingga 16 Maret 2020 konsumsi BBM turun hingga 8 persen dari rata-rata normal harian, dari 134,87 ribu KL menjadi 123,74 ribu KL.

Baca juga: Cegah Dini Penyebaran Corona, Polres Bantul dan Relawan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Melonjaknya pemakaian LPG dari sektor rumah tangga, mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan masyarakat di rumah. Bahkan, subsidi LPG naik 0,7 persen dari konsumsi normal harian 21,93 ribu metrik ton menjadi 22,10 ribu metrik ton.

“Sedangkan LPG rumah tangga nonsubsidi naik 5,4 persen dari harian 2,05 ribu metrik ton menjadi 2,16 metrik ton,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, Kamis (26/3).

Baca juga: Brimob Polda DIY Kembali Laksanakan Giat Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Titik di DIY

Hingga kini, Pertamina mengoptimalkan layanan pesan antar atau Pertamina Delivery Service melalui Call Center 135.

Pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan pada tabung-tabung LPG, fasilitas SPBU, dan penerapan prosedur tambahan untuk petugas SPBU seperti penggunaan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer.

Fajriyah memastikan bahwa stok didalam negeri hingga saat ini masih aman. Untuk pasokan rata-rata nasional seperti BBM berada di level 23 hari dan stok LPG selama 17 hari.

Baca juga: Sultan HB X Imbau Warga yang ‘Mudik’ Dini ke DIY Wajib Isolasi Mandiri 14 Hari

“Stok ini akan terus ditambah sesuai dengan jadwal suplai yang telah direncanakan berdasarkan tingkat konsumsi masyarakat di setiap wilayah,” tandasnya.

Komentar

News Feed