by

Ternyata Tiket Kereta Api Bisa Ditukar dengan Perjalanan Baru Gratis, Ini Syarat dan Ketentuannya

Headline.co.id (Jakarta) ~ Melakukan perjalanan menggunakan kereta api memang nyaman dan aman, selain itu juga perjalanan kereta tepat waktu dan terhindar dari kemacetan, namun sebaiknya tiket kereta maupun boarding pass tidak langsung dibuang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini memberikan kemudahan untuk penumpang setia PT KAI untuk mendapatkan tiket perjalanan gratis.

baca juga : Peduli Kesehatan Penumpang di Stasiun, Daop 6 Yogyakarta Bagikan Masker

Yuskal Setiawan selaku VP Public Relation PT KAI (Persero) menyampaikan penumpang dapat menikmati perjalanan kereta gratis dengan menukarkan 15 tiket dalam rentang perjalanan 6 bulan atau 20 tiket dengan rentang waktu satu tahun.

Namun untuk tiket yang bisa ditukarkan hanya berlaku untuk kereta jarak jauh non subsidi, ujar Yuskal.

yuskan mengungapkan, apabila tiket yang akan ditukarkan terdiri dari beberapa nama kereta yang berbeda, maka tiket gratis diberikan untuk rute jarak terpendek. Begitu juga dengan kelas kereta,  pihak PT KAI (Persero) memberikan tiket gratis dengan kelas terendah dari tiket yang terkumpul.

baca juga : PT KAI Dapat Subsidi Rp 159,2 Miliar untuk KA Perintis

Terkait aturan-aturan tersebut, ada beberapa aturan lain yang dapat Anda perhatikan jika tertarik mengikuti promo ini.

Berikut rinciannya:

1. Penumpang memiliki 20 boarding pass (tiket) dengan rentang waktu 12 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 12 bulan tersebut).

2. Penumpang memiliki 15 boarding pass (tiket) dengan rentang waktu enam bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu enam bulan tersebut).

3. Rentang waktu yang dimaksud di atas dihitung mundur dari tanggal penukaran tiket.

4. Tiket (boarding pass) atas nama penumpang yang sama.

5. Tiket (boarding pass) dengan perjalanan atau parsial (PP) searah maupun sebaliknya. Misalnya untuk Rute Yogyakarya-Jakarta atau Jakarta-Yogyakarta.

6. Penukaran tiket gratis dihitung sejak tanggal keberangkatan tiket atau boarding pass pertama dan tidak boleh lebih dari rentang waktu yang ditentukan. Apabila melewati rentang waktu tersebut maka sudah tidak berlaku.

7. Penukaran tiket dilakukan di stasiun besar yang terdapat customer service (CS). 8. Jika tidak ada CS, penumpang dapat melaporkan ke petugas loket reservasi.

9. Kemudian, petugas loket akan memeriksa keabsahan tiket. Jika sudah benar dan jumlahnya memenuhi syarat, maka tiket gratis akan dicetakkan bagi penumpang yang bersangkutan.

baca juga : Kereta Api Cibatu-Garut Beroperasi Februari, PT KAI Akan Beri Layanan Gratis

Ketentuan tiket

Di sisi lain, seperti yang dijelaskan oleh Yuskal, ada ketentuan mengenai jenis tiket kereta yang dapat ditukarkan dengan tiket gratis.

Jika Anda menemukan tiket atau boarding pass tidak terbaca, maka diwajibkan untuk menyebutkan tanggal perjalanan atau data pemesanan KA tersebut kepada CS yang ada di stasiun.

CS akan memeriksa tiket tersebut dan dilakukan pengecekan perjalanan. Jika data benar, maka petugas akan menulis ulang nomor kode booking pada tiket itu dan membubuhkan paraf.

baca juga : PT KAI dan Pemkab Bojonegoro Persembahkan Taman Lokomotif Untuk Masyarakat

Comment

News Feed