by

Kereta Api Cibatu-Garut Beroperasi Februari, PT KAI Akan Beri Layanan Gratis

HeadLine.co.id, (Garut) – Kini, Jalur kereta api Cibatu-Garut dapat dilewati lokomotif. Dalam waktu dekat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana mengoperasikan kembali jalur yang sudah mati puluhan tahun lalu. PT KAI terus mengejar penyelesaian proyek reaktivasi jalur kereta api yang menghubungkan antara Stasiun Cibatu dan Stasiun Garut.

Excecutive Vice President PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Fredi Firmansyah mengungkapkan, pihaknya berencana mengoperasikan jalur kereta api yang direkaktivasi itu pada awal Februari 2020. Dalam uji coba pengoperasiannya nanti, warga dapat menggunakan layanan kereta api tersebut dengan gratis.

“Insya Allah kita operasikan jalur reaktiviasi ini pada awal Februari,” ujarnya saat melakukan pertemuan dengan Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (27/1).

Baca Juga: Bupati Garut: Stasiun Garut jadi Stasiun Termegah di Indonesia

Stasiun Garut nantinya akan dibangun menjadi tempat pemberhentian kereta api termegah di Indonesia. Bahkan, lanjut dia, stasiun itu akan lebih megah dari Stasiun Bandung.

Tapi, untuk sementara waktu stasiun yang lama masih akan difungsikan kembali. Pembangunan stasiun baru akan dilakukan setelah kereta api beroperasi ke Stasiun Garut. Perkiraannya, pembangunan sarana dan prasarana pendukung lainnya yang menunjang layanan kereta api di Garut akan rampung dalam waktu satu tahun.

“Semoga dengan reaktivasi di jalur kereta ini, ekonomi di Garut dapat menggeliat dan maju pesat,” ungkap Fredy.

Baca Juga: Jalur Cibatu-Garut Direaktivasi, Ekonomi Akan Meningkat

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, masyarakat Garut telah menanti puluhan tahun untuk mendapatkan kembali pelayanan kereta api ke pusat kota itu. Harapannya setelah jalur kereta api Cibatu-Garut hidup kembali, masyarakat memiliki pilihan lain untuk berpergian.

Selain itu, Rudy Gunawan juga mengungkapkan PT Kereta Api Indonesia akan membangun Stasiun Garut secara istimewa, bahkan menjadi stasiun kereta api termegah seluruh Indonesia sehingga menjadi kebanggaan bagi warga Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam menikmati fasilitas transportasi massal kereta api.

“Nanti dari Garut ke Cibatu, bisa langsung ke Jakarta, Jogja, atau Surabaya. Ini luar biasa,” ungkap Rudy.

Tak hanya itu, Rudy juga menyambut gembira rencana PT KAI untuk membangun kembali Stasiun Garut, yang diklaim akan menjadi staisun termegah di Indonesia. Stasiun itu bukan tak mungkin akan menjadi magnet baru supaya masyarakat datang Garut.

Comment

News Feed