oleh

Jalur Cibatu-Garut Direaktivasi, Ekonomi Akan Meningkat

HeadLine.co.id, (Bandung) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mereaktivitasi jalur Cibatu-Garut yang sebelumnya telah nonaktif selama kurang lebih 36 tahun. Aktifnya jalur sepanjang 19,5 km ini, ditandai dengan datangnya sebuah lokomotif pertama di Stasiun Garut pada Kamis (23/1) lalu

PT KAI berhasil mereaktivasi jalur Cibatu-Garut yang sebelumnya tidak beroperasi selama kurang lebih 30 tahun. Aktifnya jalur tersebut ditandai dengan datangnya lokomotif pertama di Stasiun Garut pada Kamis (23/01) lalu.

Baca Juga: 36 Tahun Tak Aktif, KAI Uji Coba Lokomotif Jalur Kereta Stasiun Cibatu-Garut Kota

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yakin bahwa reaktivasi akan membawa dampak baik terhadap ekonomi daerah, khususnya kabupaten Garut.

“Kehadiran kereta api tentu memberikan alternatif bagi wisatawan untuk pergi ke Garut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang datang ke Garut. Di mana ada konektivitas, di situ ada peningkatan ekonomi. Setiap datang arus manusia, ekonomi akan meningkat, pariwisata khususnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

Baca Juga: PT KAI Berhasil Amakan Pencuri Material Sarana dan Prasarana KA di Palembang

Kang Emil juga meminta pemerintah kabupaten Garut supaya menyiapkan konsep ekonomi berkelanjutan. Tidak lupa ia juga meminta supaya warga dilibatkan dalam konsep tersebut. Selain akan meningkatkan ekonomi warga, adanya jalur tersebut juga akan memudahkan warga mengunjungi Garut.

Ridwan Kamil mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Garut yang ikut membantu penertiban bangunan di lahan milik PT KAI. Sehingga proses reaktivasi dapat berjalan lancar. Bila tidak ada halangan, reaktivasi jalur kereta api Cibatu- Garut akan diresmikan pekan depan.

Komentar

News Feed