by

PT KAI dan Pemkab Bojonegoro Persembahkan Taman Lokomotif Untuk Masyarakat

HeadLine.co.id, (Bojonegoro) – Taman Lokomotif yang terletak di Jl. Teuku Umar, Bojonegoro, pada Jumat (24/1) telah diresmikan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) diwakili Daop 8 Surabaya bersama Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah meresmikannya. Taman Lokomotif ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama pemanfaatan aset yang dilakukan KAI dan Pemkab Bojonegoro.

“Hari ini kami resmikan Taman Lokomotif yang merupakan taman kebanggaan warga Bojonegoro. Hal ini bisa terwujud atas upaya kerja sama MoU antara KAI dengan Pemkab Bojonegoro,” ujar Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Taman ini merupakan bukti nyata keseriusan Pemkab dalam memperluas dan mengembangkan ruang terbuka hijau. Pemkab menyulap lahan milik Daop 8 menjadi Taman Lokomotif yang memukau, Bupati Anna menegaskan.

Taman Lokomotif Bojonegoro menjadi Ikon baru di Kabupaten Bojonegoro setelah Jumat lalu diresimkan langsung oleh PT KAI dan Pemkab Bojonegoro. (Foto: Net)

Taman yang berada di Jalan Teuku Umar tersebut menyediakan wisata edukasi perkeretaapian. Bahkan, lokomotif legendaris diesel hidraulik seri D 30133 buatan Fried Krupp Jerman yang pernah berjaya di era 1962-1987 juga turut ditampilkan.

Selain itu, di Lokomotif ini terdapat sejumlah spot yang menarik seperti Sculpture Lokomotif, Spot Taman Lansia, Spot Taman Hutan Kota, Spot Taman Olahraga, Spot Watertorn Photoboth, Spot Taman Vegetasi Lokal, dan Spot Diorama Kereta Api.

Baca Juga: Bupati Garut: Stasiun Garut jadi Stasiun Termegah di Indonesia

Taman Lokomotif juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet, pos keamanan, dan area parkir serta nantinya juga akan dibangun Spot Pujasera.

“Sculpture Lokomotif itu lokomotif asli yang sengaja ditempatkan di Taman Lokomotif. Itu tadi yang baru saja diresmikan oleh Bupati Bojonegoro,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitriama.

Baca Juga: 36 Tahun Tak Aktif, KAI Uji Coba Lokomotif Jalur Kereta Stasiun Cibatu-Garut Kota

Lokomotif asli ini memang sengaja didatangkan langsung oleh KAI dari Dipo Sidotopo Surabaya, untuk ditempatkan di Taman Lokomotif tersebut.

Spot Sculpture Lokomotif, menampilkan Ikon lokomotif yang diwadahi bentukan dari ide turntable atau meja putar sebagai ikon yang paling mudah diingat. Taman turntable yaitu wadah lokomotif berupa dudukan beton serupa turntable ikonik yang diperindah dengan kolam dan lampu untuk spot untuk swafoto malam sehingga instagramable.

EVP Daop 8 Surabaya mendampingi Bupati Bojonegoro melihat ruangan diorama kereta api di Taman Lokomotif Bojonegoro. (Foto: Net)

Spot foto disediakan spot foto bentuk hati, bentuk ikon taman lokomotif yang eyecathing dan rel kereta api bekas untuk pagar dan jalan setapak.

Kemudian Diorama Kereta Api yang dibangun sebagai upaya mengingatkan sejarah kereta api dan Kabupaten Bojonegoro, serta untuk memperkuat branding Taman Lokomotif.

Dalam Diorama Kereta Api ini terdapat miniatur kereta api berikut kelengkapan stasiun, rel, lansekap pendukung dan aksesoris pendukungnya, dengan ukuran skalatis, untuk memperkuat branding taman lokomotif, yang merupakan bentuk mini dari Taman Lokomatif

Comment

News Feed