Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Gunung Marapi Meletus, Ini Sejarah Panjang Erupsinya

5
×

Gunung Marapi Meletus, Ini Sejarah Panjang Erupsinya

Sebarkan artikel ini
Gunung Marapi Meletus Hari ini
Gunung Marapi Meletus Hari ini (ist)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Pulau Sumatera kembali diguncang oleh aktivitas vulkanis Gunung Marapi yang semakin memanas. Pada tanggal 7 Januari 2023, pukul 06.11 WIB, gunungapi ini mengalami erupsi yang menyebabkan kekhawatiran di kalangan penduduk sekitar. Kejadian ini menjadi peristiwa terbaru setelah serangkaian aktivitas vulkanis Gunung Marapi selama beberapa dekade terakhir.

Meskipun telah ada imbauan kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak mencapai puncak gunung sejak beberapa waktu sebelumnya, sayangnya masih ada sejumlah pendaki yang terjebak di ketinggian saat erupsi terjadi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terkait keselamatan mereka.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Sejak erupsi terakhir pada tahun 2014, Gunung Marapi terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Pada tanggal 26 Februari 2014, gunungapi melepaskan sejumlah material vulkanik hingga mencapai wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Kejadian tersebut menjadi peringatan bagi warga sekitar akan potensi bahaya yang dimiliki Gunung Marapi.

Sejarah panjang Gunung Marapi mencatat beberapa peristiwa erupsi yang signifikan. Pada tanggal 8 September 1830, gunungapi ini mengeluarkan awan kembang kol abu-abu kehitaman dengan ketebalan mencapai 1.500 meter di atas kawahnya, disertai suara gemuruh yang mengguncang sekitarnya.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Satu kejadian tragis terjadi pada tanggal 30 April 1979, ketika 60 orang dilaporkan meninggal dunia akibat letusan Gunung Marapi. Selain itu, 19 orang pekerja penyelamat juga terperangkap oleh tanah longsor yang terjadi sebagai dampak letusan tersebut.

Pemerintah dan tim penanggulangan bencana setempat terus memantau perkembangan situasi di sekitar Gunung Marapi. Evakuasi dan langkah-langkah pengamanan telah diambil untuk meminimalkan dampak potensial pada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana ini.

Baca juga: Gunung Marapi Meletus, Hujan Abu Vulcanik Mengancam Wilayah Agam dan Tanah Datar

Warga sekitar diminta tetap waspada dan mematuhi setiap arahan dari otoritas terkait. Aktivitas vulkanis Gunung Marapi menjadi perhatian serius, dan tindakan pencegahan serta penanganan darurat terus dilakukan guna melindungi keselamatan semua pihak yang terlibat.

Terimakasih telah membaca Gunung Marapi Meletus, Ini Sejarah Panjang Erupsinya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Gunung Marapi Kembali Meningkatkan Aktivitas Vulkanik, Status Tetap di Level II (Waspada)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *