Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Izin Penetapan Lokasi Tol Jogja-YIA di Kulonprogo Segera Ditandatangani

3541
×

Izin Penetapan Lokasi Tol Jogja-YIA di Kulonprogo Segera Ditandatangani

Sebarkan artikel ini
Jalur Pembangunan Tol Jogja-YIA
Pembangunan Tol Jogja-YIA (ist)

Headline.co.id (Kulonprogo) ~ Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) DIY, Rabu (1/11/2023), mengumumkan bahwa izin penetapan lokasi (IPL) untuk proyek pembangunan tol Jogja-YIA (Yogyakarta International Airport) di Kulonprogo segera akan ditandatangani. Langkah ini diambil setelah proses pembangunan yang masih berjalan mengalami hambatan terkait pemilik lahan dan konsultasi publik.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Polres Kulon Progo Bulan November 2023

Kepala Dispetaru DIY, Adi Bayu Kristanto, menjelaskan bahwa proyek pembangunan tol Jogja-Solo, terutama di wilayah Kulonprogo, belum dapat diselesaikan karena sejumlah pemilik lahan yang terkena dampak proyek tersebut belum menyetujui pelepasan lahan milik mereka. Hal ini menyebabkan kelambatan dalam proses penetapan lokasi untuk proyek tol tersebut.

“Tol Jogja-Solo, yang masih menghadapi kendala, terletak di wilayah Kulonprogo. Saat ini, kami sedang berusaha menyelesaikan proses penetapan lokasi untuk proyek ini. Target kami adalah agar dalam waktu dekat IPL-nya dapat segera diterbitkan,” ungkap Bayu.

Proyek pembangunan tol Jogja-YIA di Kulonprogo memengaruhi sebanyak 4.383 bidang lahan di wilayah tersebut. Sebelumnya, sekitar 300 bidang lahan di enam kapanewon belum memiliki pemilik yang jelas, sehingga penerbitan IPL terpaksa tertunda.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Pelayanan Perpanjangan SIM di Gunungkidul Selama November

Bayu menjelaskan bahwa proses penyusunan IPL dan kesepakatan dengan pemilik lahan yang terdampak adalah langkah penting dalam menjamin kelancaran proyek ini. Kendala-kendala yang ada saat ini akan diatasi dengan upaya maksimal agar proyek pembangunan tol Jogja-YIA dapat berlanjut tanpa hambatan lebih lanjut.

Demikian kabar terbaru terkait dengan proyek pembangunan tol Jogja-YIA di Kulonprogo. Semoga langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dapat mempercepat proses pembangunan tol ini demi kesejahteraan masyarakat dan mobilitas yang lebih baik di wilayah tersebut.

Baca juga: Persik Kediri Berambisi Curi Poin Saat Melawan Borneo FC di Putaran Kedua BRI Liga 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *