Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaHukum

Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Mahkamah Konstitusi Dimulai Besok

1
×

Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Mahkamah Konstitusi Dimulai Besok

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gambar Mahkamah Konstitusi
Ilustrasi Gambar Mahkamah Konstitusi (ist)

Headline.co.id (Jakarta). Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mempersiapkan diri untuk menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan dimulai besok. Ketua MKMK, Jimly Asshiddique, telah mengonfirmasi bahwa sidang perdana akan menghadirkan Ketua MK, Anwar Usman, namun dengan kondisi tertutup dari akses publik.

Baca juga: Pastikan Keselamatan Wisatawan, Dispar DIY Memperketat Standar Keamanan Destinasi Wisata Ketinggian

Jimly Asshiddique menjelaskan rencana awal sidang dalam pernyataan kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, pada hari Senin (30/10/2023). “Besok itu, Pak Anwar Usman, tapi itu malam. Kalau yang malam dengan hakim Anwar Usman, itu (sidang) tertutup,” ujar Jimly. Hal ini mengisyaratkan bahwa sidang akan berlangsung dengan privasi yang ketat.

Selain Anwar Usman, Jimly juga mengungkapkan kemungkinan sidang akan menghadirkan hakim konstitusi Saldi Isra pada malam yang sama. Namun, Jimly belum dapat memastikan apakah Saldi Isra akan dihadirkan dalam sidang tersebut. “Mungkin besok itu dua, sesudah Pak Anwar Usman, Pak Saldi. Baru nanti besok lagi, pokoknya semua dapat giliran,” tambahnya.

Baca juga: Keunggulan VPS Dibanding Hosting Biasa

Jimly memastikan bahwa MKMK tidak hanya akan menggelar sidang yang dihadiri per individu hakim konstitusi. Ada kemungkinan bahwa beberapa hakim konstitusi akan dihadirkan bersama-sama dalam satu sidang. “Selain itu, ya (disidang) bersama-sama. Ada yang bersama-sama lima orang (hakim), ada yang dua orang, ada yang sama-sama sembilan orang,” ungkap Jimly, menunjukkan keragaman format sidang yang mungkin digunakan oleh MKMK.

Namun, Jimly menegaskan bahwa agenda sidang yang melibatkan hakim konstitusi tidak akan digelar secara terbuka. Ini karena ketentuan sidang yang melibatkan hakim konstitusi sudah diatur dalam Peraturan MK (PMK). “Ya jangan (sidang terbuka) karena di peraturan PMK-nya, itu tertutup. Hukum acaranya itu bilang tertutup, tertutup sepanjang menyangkut hakimnya,” jelas Jimly.

Baca juga: Jokowi Rencanakan Pertemuan dengan Tiga Bakal Capres: Anies, Ganjar, dan Prabowo

Sebagai latar belakang, sejumlah elemen masyarakat telah melaporkan Anwar Usman dan beberapa hakim konstitusi lainnya ke MKMK terkait putusan yang membuka pintu bagi kepala daerah yang belum mencapai usia 40 tahun untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden atau wakil presiden. Kasus ini telah menimbulkan perdebatan dan kontroversi di masyarakat, dan sidang MKMK diharapkan akan memberikan kejelasan terkait pelanggaran etika yang dituduhkan.

Terimakasih telah membaca Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Mahkamah Konstitusi Dimulai Besok jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: PDIP Merasa Ditinggal oleh Jokowi dan Gibran, Ganjar Hormati Keputusan Mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *