Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata & Kuliner

Potensi Bisnis Ketika Berwisata ke Thailand 

78428
×

Potensi Bisnis Ketika Berwisata ke Thailand 

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Wisata Thailand
Ilustrasi Wisata Thailand

Potensi Bisnis Ketika Berwisata ke Thailand ~ Headline.co.id (Wisata). Indonesia dan Thailand, dua negara tetangga di kawasan Asia Tenggara ini memiliki hubungan yang kuat dalam berbagai aspek, termasuk diantaranya di bidang perdagangan dan pariwisata. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang pergi berwisata ke Negeri Gajah Putih tersebut untuk mengunjungi berbagai daerah wisata disana.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Ada salah satu tren menarik yang semakin banyak dilakukan wisatawan dari Indonesia, yaitu berwisata sambil berbelanja murah di Thailand. Mereka memanfaatkan perbedaan harga dan kualitas barang di sana untuk kemudian dijual kembali di Indonesia.

Mereka berwisata, namun sebelum kembali ke tanah air, para wisatawan biasanya akan meluangkan waktu terlebih dahulu untuk berbelanja untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas fenomena ini dan mengungkap potensi bisnis yang terkait.

Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah

Apa yang Membuat Orang Indonesia Suka Belanja di Thailand?

Salah satu alasan utama mengapa orang Indonesia terus-menerus berkunjung ke Thailand untuk berbelanja adalah harga yang lebih terjangkau. Thailand dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang lebih rendah, termasuk harga barang-barang konsumsi sehari-hari seperti pakaian, sepatu, tas, dan barang-barang elektronik. Bayangkan, kemeja yang dibeli di Bangkok Thailand dengan harga sekitar Rp 70.000 bisa dijual di Indonesia di kisaran Rp 200.000, sangat menarik bukan?

Baca juga: Jogja Heritage Track: Menyusuri Jejak Sejarah dengan Bus Bersejarah

Meskipun harganya lebih rendah, Thailand memproduksi barang-barang berkualitas yang cukup baik. Pakaian, alas kaki, dan aksesori dari Thailand sering kali memenuhi standar kualitas yang diperlukan. Selain itu, Thailand pun menawarkan berbagai jenis barang, dari mulai pakaian fashion hingga produk-produk kesehatan, kecantikan dan bahkan aksesoris otomotif. Ini memungkinkan para pembeli untuk memilih barang yang sesuai dengan preferensi mereka.

Apa Saja Peluang Usaha Setelah Pulang dari Thailand?

1.  Menjadi Reseller dan Pengusaha Kecil

Wisatawan Indonesia yang sering berkunjung ke Thailand untuk berbelanja murah dapat menjadi reseller atau pengusaha kecil yang menjual barang-barang yang mereka beli di Thailand di Indonesia. Mereka dapat memanfaatkan perbedaan harga untuk menawarkan produk dengan harga yang lebih kompetitif di pasar Indonesia. Bisnis ini dapat berkembang dengan cepat jika mereka memilih barang yang diminati oleh pasar. Para pengusaha kecil ini biasanya menjual barang dagangannya melalui Instagram ataupun melalui Whatsapp.

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Yogyakarta: Puncak Segoro, Hidden Gem Wisata di Gunungkidul

2. Grosir dan Distribusi

Sebagian dari mereka yang berbelanja di Thailand juga dapat memilih untuk membuka bisnis grosir dan distribusi. Mereka dapat bekerja sama dengan produsen atau grosir Thailand untuk membeli barang dalam jumlah besar dan mendistribusikannya di Indonesia. Ini adalah cara yang baik untuk memanfaatkan ekonomi skala dan meningkatkan profitabilitas.

3. Bisnis E-Commerce

Bisnis e-commerce adalah salah satu bidang yang tumbuh pesat di Indonesia. Orang-orang yang berbelanja murah di Thailand dapat membuka toko online untuk menjual produk-produk yang mereka beli di Thailand. Ini memungkinkan mereka untuk mencapai audiens yang lebih besar dan lebih luas di seluruh Indonesia.

Baca juga: Cari Travel Semarang Jogja? Ini Harga, Jadwal dan Lama Perjalanan

4. Pengusaha Franchise

Beberapa orang yang berbelanja di Thailand mungkin melihat peluang untuk membawa merek-merek Thailand ke Indonesia. Mereka dapat memulai bisnis franchise yang mengimpor merek-merek terkenal dari Thailand dan membuka cabangnya di Indonesia. Ini adalah cara yang efektif untuk memanfaatkan popularitas dan reputasi merek tersebut.

Bagaimana Cara Mengirimkan Barang dari Thailand ke Indonesia?

Sebagian Wisatawan ada yang memanfaatkan jatah bagasi pesawat mereka untuk membawa produk-produk yang dibeli di Thailand. Meskipun tanpa biaya, namun metode ini memiliki keterbatasan, karena mereka hanya bisa membawa barang maksimal sekitar 5 Kg saja dalam bagasi pesawat. Biasanya metode ini digunakan oleh para pedagang kecil atau para pengusaha jastip. 

Baca juga: Mau Kulineran di Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Viral di Tiktok

Apabila ingin membawa produk dalam jumlah yang jauh lebih besar, maka para wisatawan dapat memanfaatkan metode lain yakni dengan menggunakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa import. Kami mendapatkan informasi dari salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dari thailand ke indonesia yang bernama Blueray Cargo, bahwa pengiriman hingga lebih dari 50 Kg dalam satu paket bisa dilakukan dengan biaya sekitar Rp 110.000/Kg saja melalui jalur udara menggunakan pesawat. Namun Jika ingin mengirim barang lebih banyak lagi, maka para importir bisa mengirimkan paket melalui jalur laut menggunakan kapal.

Memang dengan menggunakan perusahaan ekspedisi seperti ini memerlukan biaya tambahan, namun para importir bisa mendapatkan potensi keuntungan yang jauh lebih besar karena nantinya dapat menjual jauh lebih banyak barang kepada para pelanggan di Indonesia, dan dengan menggunakan perusahaan jasa import seperti itu maka semua pengurusan dokumen untuk import akan dibantu sepenuhnya oleh perusahaan tersebut.

Demikianlah potensi bisnis yang cukup menarik bagi para wisatawan dari Indonesia di Thailand. Semoga Bermanfaat

Baca juga: Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *