Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata Budaya

Jogja Heritage Track: Menyusuri Jejak Sejarah dengan Bus Bersejarah

3
×

Jogja Heritage Track: Menyusuri Jejak Sejarah dengan Bus Bersejarah

Sebarkan artikel ini
Bus Jogja Heritage Track di melintas jalanan Malioboro
Bus Jogja Heritage Track di melintas jalanan Malioboro (Dok.sibakuljogja.jogjaprov.go.id)

Jogja Heritage Track: Menyusuri Jejak Sejarah dengan Bus Bersejarah ~ Headline (Yogyakarta). Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuka peluang bagi para pengunjung untuk menjelajahi sejarah dengan menghadirkan Jogja Heritage Track. Layanan unik ini memungkinkan wisatawan menyusuri tempat-tempat bersejarah di Sumbu Filosofi Yogyakarta.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemprov DIY, Ditya Nanaryo Aji, disebutkan bahwa Jogja Heritage Track menawarkan pengalaman berbeda bagi para pecinta sejarah. “Kami mengundang wisatawan untuk merasakan petualangan sejarah melalui layanan ini,” kata Ditya.

Reservasi Online Melalui www.jogjaheritage.com

Bagi yang berminat, Ditya menyarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu melalui situs resmi Jogja Heritage Track, www.jogjaheritage.com. “Reservasi ini dapat dilakukan secara daring untuk memastikan pengalaman yang nyaman dan terorganisir,” tambahnya.

Bus Berwarna Merah dan Kuning, Unik dan Bersejarah

Jogja Heritage Track Bus, yang diluncurkan sejak Maret 2022 oleh Dinas Kebudayaan DIY melalui Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Filosofis (BPKSF), menjadi daya tarik tersendiri. Terdiri dari dua unit, yaitu bus Malioboro berwarna merah dan bus Kraton berwarna kuning, bus ini memiliki desain unik mirip kereta mini dengan gambar obyek-obyek bersejarah Yogyakarta di kedua sisinya.

Empat Rute Menarik yang Ditawarkan

Menurut laman resmi Jogja Heritage, terdapat empat rute perjalanan yang ditawarkan, dengan titik awal dan akhir di Jogja Tourism Training Center (JTTC). Rute-rute tersebut mencakup destinasi seperti Tugu Jogja, Kraton Yogyakarta, Malioboro, Pura Pakualaman, dan banyak lagi.

Syarat dan Ketentuan Penting

Bagi calon peserta, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Peserta minimal berusia 15 tahun, dengan kuota reguler delapan orang per bus. Reservasi mandiri dapat dilakukan H-3 sebelum tanggal keberangkatan. Pakaian yang diperbolehkan termasuk batik, kemeja, dan bersepatu, dengan larangan mengenakan kaos, celana pendek, dan bersandal.

Evaluasi dan Pengalaman Berkesan

Setelah menikmati kegiatan, peserta diwajibkan mengisi link evaluasi untuk memberikan umpan balik. “Kami ingin memastikan pengalaman yang berkesan bagi setiap peserta,” ungkap Ditya.

Jogja Heritage Track tidak beroperasi pada hari Minggu atau tanggal merah, sehingga para pengunjung disarankan untuk merencanakan kunjungan mereka sesuai jadwal operasional yang tersedia di www.jogjaheritage.com. Dengan persyaratan yang jelas dan rute menarik, Jogja Heritage Track menjadi opsi menarik bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam pesona sejarah Yogyakarta.

Pasang Iklan diliput Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *