by

KAI Luncurkan 4 Kereta Api Baru, Ini dia Keretanya

-Transportasi-74 views

Headline.co.id (Jakarta) ~ Perusahaan kereta api terbesar di indonesia telah mengumumkan kereta api dengan relasi baru di Pulau Jawa. kereta api yang diluncurkan oleh PT KAI antara lain Anjasmoro Ekspes, Dharmawangsa Ekspres, Sancaka Utara, dan Argo Cheribon. baca juga : Antusias Siswa SDN Cikajang Menyambut Milenial KAI

Berikut rincian relasi keberangkatan kereta baru tersebut:

  • Anjasmoro Ekspres relasi Jombang-Yogyakarta-Pasar Senen (pp)
  • Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen (pp)
  • Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi-Gambringan-Solo Balapan-Kutoarjo (pp)
  • Argo Cheribon relasi Pemalang-Gambir dan Tegal-Pemalang

Ketika dikonfirmasi, PT KAI (Persero) belum memberikan penjelasan mengenai harga tiket yang berlaku untuk kereta baru tersebut. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan bahwa masyarakat dapat memesan tiket pada tanggal 1 November 2019 untuk jadwal keberangkatan tanggal 1 Desember 2019. Pemesanan tiket dilakukan secara bertahap dan berlaku di semua kanal pembelian. baca juga : SLB Negeri 1 Bantul Apresiasi PT KAI

Edi juga menyampaikan agar calon penumpang memperhatikan lagi jadwal yang tertera di tiket, agar tidak tertinggal kereta, karena sudah diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) Tahun 2019.

Edi menjelaskan bahwa Gapeka 2019 merupakan salah satu program yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero). Selanjutnya, Gapeka 2019 digalakkan guna memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api. Tak hanya itu, penggunaan Gapeka 2019 ini nantinya berpengaruh pada jadwal perjalanan kereta api, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi kereta api, dan hadirnya KA-KA baru. baca juga : Perlintasan Sebidang Tanggungjawab Siapa?

Berikut rincian pengaruh dari penggunaan Gapeka 2019:

Perubahan relasi

  • KA KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung, menjadi relasi Surabaya-Gubeng-Bandung-Gambir (pp)
  • KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung, menjadi relasi Surbaya Gubeng-Bandung-Gambir (pp)
  • KA Mutiara Selatan relasi Bandung-Surbaya Gubeng-Malang, menjadi relasi Gambir-Bandung-Surbaya Gubeng-Malang (pp)
  • KA Joglosemarkerto relasi Semarang Tawang-Tegal-Purwokerto-Solo-Semarang Tawang, menjadi relasi Solo-Tegal-Purwokerto-Solo-Semarang Tawang
  • KA Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang, menjadi relasi Yogyakarta-Solo

Perubahan waktu tempuh KA

  • KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong-Surabaya Gubeng akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit, dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit.
  • KA Brantas relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 54 menit, dari sebelumnya 15 jam 4 menit menjadi 14 jam 10 menit.
  • KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 45 menit, dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed