Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Tingkatkan Keselamatan Lalin, Dishub Kulon Progo Tetapkan 3 Ruas Jalan Sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas

8744
×

Tingkatkan Keselamatan Lalin, Dishub Kulon Progo Tetapkan 3 Ruas Jalan Sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Peta tiga ruas jalan yang telah ditetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas
Peta tiga ruas jalan yang telah ditetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas pada Kamis (14/9/2023). - (img. Dishub Kulonprogo)

Tingkatkan Keselamatan Lalin, Dishub Kulon Progo Tetapkan 3 Ruas Jalan Sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas ~ Headline.co.id (Kulon Progo, Yogyakarta). Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kulonprogo telah mengumumkan penetapan tiga ruas jalan strategis sebagai kawasan tertib lalu lintas (KTL) dalam upaya untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan menciptakan budaya tertib berlalu lintas yang lebih baik. Penetapan ini ditindaklanjuti oleh penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 324/C/2023.

Baca juga: Buruan Daftar! Pemkab Gunungkidul Buka Pendaftaran 439 Formasi Pegawai P3K

Tiga ruas jalan yang resmi ditetapkan sebagai KTL adalah Jalan Diponegoro, Brigjend Katamso, dan Sutijab. Penetapan ini disusul oleh pelaksanaan uji coba KTL selama satu bulan, di mana tindakan yang diberlakukan adalah bersifat pembinaan.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kulonprogo, Sukirno, saat ini hanya ada KTL di Jalan Nasional mulai dari Milir sampai Tambak, sementara di kawasan Kota Wates belum ada KTL. Hal ini menjadikan perluasan dan pengembangan KTL di Jalan Kabupaten sebagai langkah penting untuk melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangannya.

Baca juga: Ratusan Warga Sidorejo Tuntut Pemecatan Kasi Jagabaya Sri Wahyunarti di Pemkab Sleman

Sukirno menjelaskan bahwa KTL adalah kawasan yang dikelola dan diawasi secara ketat, dengan standar tertentu termasuk kualitas drainase, perkerasan jalan, trotoar, markup, apill, dan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ). Tiga ruas jalan yang telah ditetapkan memenuhi semua persyaratan tersebut.

Salah satu harapan utama dari penetapan KTL ini adalah untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Menurut Sukirno, data laporan kepolisian menunjukkan bahwa terdapat setidaknya 600 kejadian kecelakaan lalu lintas dalam satu tahun di Kabupaten Kulonprogo.

Baca juga: Tragedi Kecelakaan Truk Tronton di Ring Road Barat: Sopir Tewas dalam Upaya Menghindari Tabrakan

Dishub Kulonprogo juga berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengendara melalui berbagai upaya sosialisasi, seperti pembagian stiker yang menginformasikan tentang KTL. Edukasi mengenai budaya berlalu lintas yang baik juga terus dilakukan, khususnya di sekolah-sekolah pada momen-momen tertentu, seperti saat penerimaan siswa baru.

Dengan langkah-langkah ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulonprogo berharap dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman, tertib, dan bertanggung jawab bagi seluruh masyarakat.

Terimakasih telah membaca Tingkatkan Keselamatan Lalin, Dishub Kulon Progo Tetapkan 3 Ruas Jalan Sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Bikin Heboh! 2 Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Megapung di Sungai Buntung Oleh Pemancing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *