Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPendidikan

Miliki 100 Lebih Kampus, Ini 10 Universitas di Jogja Yang Masuk Top Peringkat Dunia

6887
×

Miliki 100 Lebih Kampus, Ini 10 Universitas di Jogja Yang Masuk Top Peringkat Dunia

Sebarkan artikel ini
kampus terbaik di jogja
kampus terbaik di jogja

Miliki 100 Lebih Kampus, Ini 10 Universitas di Jogja Yang Masuk Top Peringkat Dunia ~ Headline.co.id (Berita Pendidikan). Yogyakarta, kota budaya yang dikenal dengan kekayaan tradisi dan warisan budayanya yang kental, juga menjadi rumah bagi sejumlah perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Bunyi Yang Beraturan? Lengkap Jenis, Sifat dan Contohnya

Dengan lebih dari 100 perguruan tinggi, universitas, institut, dan sekolah tinggi yang tersebar di seluruh kota, Jogja telah mengukuhkan reputasinya sebagai Kota Pelajar yang ramai dengan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia.

Setiap tahun, ribuan calon mahasiswa memadati kota ini untuk mendaftar di perguruan tinggi favorit mereka, menciptakan suasana penuh semangat saat masa penerimaan mahasiswa baru tiba.

Baca juga: STMM Jogja Bentuk Tim Internal untuk Mengusut Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Pada tahun 2023, berdasarkan peringkat Webometrics, hanya sepuluh perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam daftar teratas, menjadi pilihan menarik bagi para calon mahasiswa yang ingin merantau dan menimba ilmu di Jogja.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa. Dengan peringkat kedua terbaik di Indonesia setelah UI, UGM juga berhasil menempati peringkat ke-859 di tingkat global. Beragam jurusan yang ditawarkan, termasuk psikologi, hukum, dan kedokteran, menjadikan UGM sebagai magnet bagi para pencari ilmu.

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berada di peringkat 16 di Indonesia dan peringkat 2.173 di dunia. UMY juga dikenal atas prestasi UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice UMY yang meraih penghargaan tingkat internasional.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII, dengan enam lokasi kampusnya, berada di peringkat 22 di Indonesia dan peringkat 2.618 di seluruh dunia. Menawarkan berbagai program studi, UII menjadi pilihan menarik bagi para pencari ilmu.

Baca juga: Dosen UII Pimpin Kegiatan Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Sleman

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta menjadi favorit calon guru di Indonesia dengan peringkat 23 di Indonesia dan peringkat 2.644 di seluruh dunia. Jurusan seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi tersedia di sini.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Berada di peringkat 26 di Indonesia dan peringkat 3.082 di dunia, Universitas Atma Jaya Yogyakarta terkenal karena fakultas hukum dan ekonominya yang diminati banyak mahasiswa.

6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD)

UAD menduduki peringkat 28 di Indonesia dan peringkat 3.105 di dunia. Lokasinya berada di Jl. Kapas No.9, Semaki, Yogyakarta.

Baca juga: Begini Cara Mudah Perpanjang Pajak STNK Online Secara Online Via HP

7. Universitas Sanata Dharma

Universitas swasta ini berada di peringkat 50 di Indonesia dan peringkat 4.118 di dunia. Jurusan favorit di kampus ini termasuk Apoteker, Bimbingan dan Konseling, Farmasi, Filsafat Keilahian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Bahasa Inggris.

8. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada di peringkat 89 di Indonesia dan peringkat 5.891 di dunia. Jurusan favorit di sini termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah, dan Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Kabar Gembira! Polisi Berhasil Temukan Sheila Mahasiswi Amikom Yang Hilang di Bandung

9. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

ISI Yogyakarta berada di peringkat 97 di Indonesia dan peringkat 5.953 di dunia. Kampus ini menjadi tempat ideal bagi mereka yang berminat dalam seni, dengan jurusan menarik seperti desain komunikasi visual (DKV).

10. Universitas Pembangunan Negeri Veteran Yogyakarta (UPN)

UPN berada di peringkat 104 di Indonesia dan peringkat 6.127 di dunia. Jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Teknik Pertambangan, Agroteknologi, Teknik Perminyakan, dan Teknik Industri tersedia di kampus ini.

Baca juga: Wakil Bupati Bantul Mendorong Pemahaman Pentingnya Pencegahan Stunting pada Remaja Putri

Jadi, jika Anda berencana merantau dan mengejar impian akademis Anda di Yogyakarta, berikut daftar universitas terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Yogyakarta menawarkan lebih dari sekadar keindahan budaya; kota ini juga menyediakan peluang pendidikan terbaik di Indonesia.

Terimakasih telah membaca Miliki 100 Lebih Kampus, Ini 10 Universitas di Jogja Yang Masuk Top Peringkat Dunia jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Selamat Dari Gempa Maroko, Bupati Sukabumi Ungkap Getaran Gempa Seperti Ombak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *