Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
PendidikanPengertian

Apa Yang Dimaksud Dengan Bunyi Yang Beraturan? Lengkap Jenis, Sifat dan Contohnya

54328
×

Apa Yang Dimaksud Dengan Bunyi Yang Beraturan? Lengkap Jenis, Sifat dan Contohnya

Sebarkan artikel ini
Bunyi yang berbenturan disebut
Bunyi yang berbenturan disebut

Apa Yang Dimaksud Dengan Bunyi Yang Beraturan? Lengkap Jenis, Sifat dan Contohnya ~ Headline.co.id (Perngertian). Nada adalah bunyi yang beraturan dengan frekuensi tunggal tertentu dan memiliki tinggi nada tertentu menurut frekuensinya. Nada merupakan elemen terkecil dalam sebuah komposisi musik. Dalam konteks musik, nada adalah suara yang memiliki frekuensi tertentu dan tinggi tertentu sesuai dengan frekuensinya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen: Prospek Kerja dan Belajar Apa saat Kuliah

Nada dapat dibagi menjadi tiga jenis utama dan memiliki empat sifat yang berbeda. Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai konsep nada dalam musik.

Apa itu Nada dalam Musik?

Nada adalah suara yang teratur dengan frekuensi tunggal tertentu dan memiliki tinggi yang sesuai dengan frekuensinya. Kumpulan dari semua nada dalam musik dikenal sebagai tangga nada kromatik.

Baca juga: Apa itu Jurusan Akuntansi? Kerja apa dan Belajar Apa Saja dan Ini alasan Memilih Jurusan itu

Penjelasan ini diambil dari jurnal yang berjudul “Perancangan Sistem Perbaikan Nada Suara Manusia dengan Menggunakan Metode Phase Vocoder terhadap Nada Referensi Musik.” Dalam musik, nada selalu berulang pada setiap oktaf yang ada. Oleh karena itu, istilah “tangga nada kromatik” sering digunakan untuk merujuk kepada 12 nada yang ada pada setiap oktaf.

Menurut jurnal dari Universitas Multimedia Nusantara, nada adalah bunyi yang menghasilkan frekuensi tertentu, sehingga saat didengar, terdengar rapi dan teratur. Besar kecilnya suara bergantung pada frekuensi yang dihasilkan.

Baca juga: Ciri-ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi dan Prospek Kerja

Jenis-Jenis Nada dan Contohnya

Dalam bidang musikologi, terdapat tiga jenis nada utama, yaitu nada mayor, nada minor, dan nada pentatonik. Berikut penjelasannya:

1. Nada Mayor: Menurut buku “Jago Gitar Elektrik,” nada mayor adalah tangga nada yang paling sederhana dan sering digunakan dalam musik pop modern. Nada mayor terdiri dari tujuh nada dengan nada dasar “do.” Nada mayor sering dikaitkan dengan melodi yang ceria, bahagia, kuat, menginspirasi, atau membangkitkan perasaan senang.

Baca juga: Mengenal Apa itu Jurusan Farmasi dan Apakah Sulit dan ini Alasan Memilihnya

2. Nada Minor: Nada minor umumnya digunakan dalam lagu-lagu balada. Tangga nada ini dimulai dari nada ke-6 atau “A” (“la”). Nada minor cenderung memberikan kesan yang lebih sedih atau melankolis dalam musik.

3. Nada Pentatonik: Menurut Modul Pembelajaran SMA Seni Budaya (Musik), nada pentatonik terdiri dari lima nada pokok dengan jarak yang berbeda-beda. Biasanya, nada pentatonik digunakan dalam musik tradisional seperti musik Jepang, Cina, dan Indonesia.

Baca juga: Mau Ambil Jurusan Farmasi? Ini Syarat Masuk dan Prospek 5 Tahun Kedepan

Sifat-Sifat Nada

Nada memiliki empat sifat yang berbeda, yaitu:

  1. Pitch (Tinggi Nada): Merupakan tinggi rendahnya suara atau nada.
  2. Durasi (Lama Nada): Menunjukkan berapa lama sebuah nada harus diperdengarkan.
  3. Intensitas Nada: Menggambarkan seberapa keras atau lembutnya nada yang diperdengarkan.
  4. Timbre (Warna Suara): Menunjukkan karakteristik atau kualitas suara yang berbeda pada setiap sumber suara.

Baca juga: Istilah Lain Tingkat Kesegaran Kebugaran Jasmani Adalah

Apa itu Interval Nada?

Interval nada adalah jarak antara satu nada dengan nada lainnya. Interval adalah elemen penting dalam musik dan mendefinisikan hubungan antara nada-nada dalam sebuah komposisi. Kemampuan untuk mengidentifikasi interval nada yang didengarkan sangat berguna bagi musisi.

Apa itu Tangga Nada?

Tangga nada adalah susunan berjenjang dari suatu sistem nada, dimulai dari satu nada dasar hingga oktaf berikutnya. Contohnya adalah “do,” “re,” “mi,” “fa,” “sol,” “la,” “si,” dan “do.” Tangga nada atau tonalitas memiliki peran penting dalam musik, membantu pemahaman karakteristik sebuah lagu.

Baca juga: Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah

Jenis Tangga Nada

Menurut buku “Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5,” ada berbagai jenis tangga nada, termasuk tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis memiliki tujuh nada dengan interval yang berjarak satu dan setengah. Ini terbagi menjadi diatonis mayor dan diatonis minor.

Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah piano atau organ. Sementara itu, tangga nada pentatonis terdiri dari lima nada pokok dengan interval dan pilihan nada yang berbeda.

Baca juga: Apa Pengertian Alquran Menurut Bahasa Dan Istilah? Ini Jawabannya

Unsur Pendukung Nada dalam Musik

Dalam sebuah komposisi musik, terdapat unsur-unsur yang mendukung nada-nada tersebut, antara lain:

  • Irama
  • Melodi
  • Harmoni
  • Bentuk atau Struktur Lagu
  • Tempo
  • Dinamik
  • Warna Nada

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Heading Dalam Sepak Bola

Perbedaan Antara Nada dan Bunyi

Menurut jurnal tentang bunyi dari Academia yang ditulis oleh Laila Mutiara, bunyi adalah hasil dari getaran benda yang merambat dan memerlukan medium. Bunyi yang didengar oleh manusia dapat berupa desah atau nada. Desah adalah bunyi dengan frekuensi yang tidak teratur, seperti daun pohon yang ditiup angin.

Sementara itu, nada adalah bunyi dengan frekuensi yang teratur, seperti suara yang dihasilkan oleh musik atau gamelan. Tinggi rendahnya suara atau nada ditentukan oleh frekuensi, di mana semakin tinggi frekuensinya, semakin tinggi pula suara yang didengar, dan sebaliknya.

Baca juga: Daftar Jurusan di Universitas Gadjah Mada Lengkap dengan Akreditasinya

Dengan penjelasan ini, semoga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep nada dalam musik mulai dari definisinya, jenis-jenis, sifat-sifat, hingga perbedaannya dengan bunyi.

Terimakasih telah membaca Apa Yang Dimaksud Dengan Bunyi Yang Beraturan? Lengkap Jenis, Sifat dan Contohnya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Pelari Jarak 100 Meter Sering Disebut dengan Istilah Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *