Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
KameraTeknologi

Shutter Speed Adalah? Ini Dia Pengertian dan Fungsinya Dalam Kamera

3278
×

Shutter Speed Adalah? Ini Dia Pengertian dan Fungsinya Dalam Kamera

Sebarkan artikel ini
apa yang dimaksud dengan shutter speed
apa yang dimaksud dengan shutter speed

Shutter Speed Adalah? Ini Dia Pengertian dan Fungsinya Dalam Kamera ~ Headline.co.id (Kamera). Buat para pencinta fotografi tentu tidak asing lagi dengan istilah Shutter Speed. Fotografi adalah seni yang memungkinkan kita untuk menangkap momen dalam waktu dan membaginya dengan dunia. Salah satu elemen terpenting dalam seni ini adalah “shutter speed” atau kecepatan rana kamera.

Baca juga: Cara Menerjemahkan Artikel Inggris Indonesia dengan Menggunakan Aplikasi Kamera

Shutter speed merupakan salah satu aspek kamera yang paling menarik dan sering digunakan dalam dunia fotografi, karena memungkinkan fotografer untuk mengendalikan berapa lama sensor kamera terpapar cahaya. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu shutter speed, peran pentingnya dalam fotografi, dan bagaimana menggunakannya untuk menciptakan gambar yang memukau.

Apa Itu Shutter Speed?

Shutter speed adalah pengukuran waktu seberapa lama “pintu” atau rana kamera terbuka untuk mengizinkan cahaya memasuki sensor kamera. Ini diukur dalam detik atau fraksi detik, dan nilai yang umum digunakan berkisar dari 1/8000 detik hingga 30 detik atau lebih.

Baca juga: Review Fujifilm X-Pro 3: Spesifikasi dan Harga Kamera Terbaru

Nilai shutter speed yang lebih tinggi berarti rana kamera membuka dan menutup dengan sangat cepat, sementara nilai yang lebih rendah mengindikasikan pembukaan rana yang lebih lama.

Fungsi  Shutter Speed dalam Fotografi

Shutter speed adalah salah satu elemen utama dalam fotografi yang memiliki beberapa fungsi penting:

1. Mengendalikan Eksposur

Salah satu fungsi utama shutter speed adalah mengendalikan seberapa banyak cahaya yang mencapai sensor kamera. Shutter speed lebih cepat (contohnya 1/1000 detik) akan membuka dan menutup dengan sangat cepat, membatasi jumlah cahaya yang masuk.

Baca juga: Panasonic Lumix S5 II Resmi Dirilis, Ini Harga dan Review Kelebihan Fitur Terbarunya

Sebaliknya, shutter speed lebih lambat (misalnya, 1/30 detik) akan membuka dan menutup lebih lama, memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Dengan mengatur shutter speed, Anda dapat menyesuaikan eksposur gambar Anda sesuai dengan kondisi cahaya yang ada.

2. Mengontrol Gerakan

Shutter speed juga memungkinkan Anda mengontrol bagaimana gerakan terlihat dalam foto Anda. Shutter speed cepat akan membekukan subjek dalam gambar dan menghasilkan gambar yang tajam. Ini sangat berguna dalam potret atau fotografi olahraga untuk mengambil gambar objek yang bergerak cepat.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Kamera Vlog Nikon Z30 terbaru [Review]

Di sisi lain, shutter speed lambat akan menciptakan efek gerakan atau “motion blur” yang dapat digunakan untuk menunjukkan pergerakan dalam gambar. Ini berguna untuk mengambil gambar air terjun yang mengalir atau menciptakan efek dramatis dalam fotografi malam.

3. Menghindari Getaran Tangan

Shutter speed juga berperan dalam menghindari getaran tangan yang dapat menyebabkan gambar buram. Shutter speed yang lebih cepat dapat membantu mengurangi efek getaran tangan saat mengambil gambar dengan tangan bebas. Namun, shutter speed yang sangat cepat mungkin diperlukan dalam situasi ini.

4. Ekspresi Kreatif

Shutter speed yang dapat diatur memberikan fotografer kontrol penuh atas ekspresi kreatif mereka. Dengan mencoba berbagai shutter speed, Anda dapat menciptakan efek artistik yang berbeda, seperti efek panjang eksposur, efek panning, atau mengisolasi momen yang cepat dalam fotografi.

Baca juga: Kamera DSLR Nikon D90: Ini Review Spesifikasi dan Harga Terbaru

5. Mengatasi Kondisi Pencahayaan

Shutter speed juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi pencahayaan yang berubah-ubah. Misalnya, dalam situasi yang sangat cerah, Anda mungkin perlu menggunakan shutter speed yang sangat cepat untuk mencegah gambar overexposed. Di sebaliknya, dalam kondisi cahaya rendah, Anda mungkin harus menggunakan shutter speed lebih lambat dan memperhitungkan penggunaan tripod untuk menjaga gambar tetap terang.

Baca juga: Review Canon EOS 1300D : Harga Spesifikasi dan Kelebihan kekurangan Terbaru

Shutter Speed dalam Praktik

Bagaimana Anda dapat menggunakan shutter speed dalam pengambilan foto sehari-hari? Berikut beberapa contoh:

  • Fotografi Olahraga: Gunakan shutter speed tinggi (misalnya, 1/1000 detik atau lebih cepat) untuk membekukan momen-momen cepat dalam olahraga, seperti tendangan dalam sepak bola atau lompatan dalam atletik.
  • Fotografi Malam: Pada kondisi cahaya rendah, Anda mungkin perlu menggunakan shutter speed lebih lambat (misalnya, 1/30 detik) untuk mengambil gambar yang cukup terang. Pastikan Anda menggunakan tripod untuk menghindari goyangan kamera.
  • Panning: Untuk menciptakan efek “panning” di mana subjek terlihat tajam sedangkan latar belakangnya kabur, gunakan shutter speed sedang hingga lambat dan ikuti gerakan subjek dengan kamera.

Baca juga: Review Spesifikasi dan Harga Kamera Canon EOS 60D Terbaru

Bagaimana Cara Mengatur Shutter Speed

Mengatur shutter speed adalah salah satu langkah penting dalam mengambil foto dengan kamera. Shutter speed memengaruhi seberapa lama sensor kamera terbuka untuk menangkap cahaya, yang pada gilirannya mempengaruhi eksposur dan efek gerakan dalam foto Anda. Berikut adalah cara mengatur shutter speed pada kamera:

Pilih Mode Kamera yang Sesuai

Sebagian besar kamera memiliki berbagai mode pemotretan, seperti mode manual (M), aperture priority (A atau Av), shutter priority (S atau Tv), dan mode otomatis (biasanya berlabel “A” atau “P”). Untuk mengatur shutter speed secara manual, pilih mode manual (M) atau shutter priority (S/Tv).

Baca juga: Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya

Masuk ke Menu Kamera

Jika Anda menggunakan mode manual (M), Anda harus memasukkan semua pengaturan secara manual. Jika Anda menggunakan mode shutter priority (S/Tv), Anda hanya perlu mengatur shutter speed, dan kamera akan menyesuaikan aperture secara otomatis untuk menjaga eksposur yang benar.

Temukan Pengaturan Shutter Speed:

Kamera Anda akan memiliki dial atau tombol yang memungkinkan Anda mengatur shutter speed. Biasanya, ini akan ditemukan di sekitar bagian atas atau belakang kamera, atau di layar LCD jika kamera Anda adalah model yang lebih modern.

Baca juga: Review Kamera Mirrorless Fujifilm X-T1 Harga dan Spesifikasi Terbaru

Pilih Shutter Speed yang Dibutuhkan

Putar dial atau gunakan tombol yang sesuai untuk mengatur shutter speed sesuai dengan kebutuhan Anda. Shutter speed diukur dalam detik atau fraksi detik (misalnya, 1/1000, 1/500, 1/250, dsb.). Shutter speed lebih cepat (misalnya, 1/1000) akan membekukan gerakan, sementara shutter speed lebih lambat (misalnya, 1/30) akan menciptakan efek gerakan atau motion blur.

Perhatikan Eksposur

Saat mengatur shutter speed, perhatikan indikator eksposur yang biasanya ada di tampilan LCD atau melalui pandangan bidik. Pastikan eksposurnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika terlalu terang (overexposed), pertimbangkan untuk meningkatkan kecepatan shutter speed atau menutup aperture (mengurangi nilai f-stop). Jika terlalu gelap (underexposed), pertimbangkan untuk melambatkan shutter speed atau membuka aperture (menggunakan nilai f-stop yang lebih rendah).

Baca juga: Daftar Harga Kamera Leica Terbaru Dari Murah – Mahal

Praktekkan dan Eksperimen

Shutter speed adalah alat kreatif dalam fotografi. Cobalah berbagai pengaturan shutter speed untuk melihat bagaimana mereka memengaruhi hasil foto Anda. Gunakan shutter speed cepat untuk mengambil gambar yang tajam dan shutter speed lambat untuk menciptakan efek gerakan atau motion blur.

Gunakan Tripod (Opsional

Saat menggunakan shutter speed sangat lambat, seperti dalam fotografi malam atau efek panjang eksposur, penting untuk menggunakan tripod atau alat penyangga kamera lainnya untuk mencegah goyangan kamera yang dapat menyebabkan gambar buram.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Kamera Canon EOS 600D Terbaru [Review]

Dengan memahami cara mengatur shutter speed dan bagaimana pengaturan ini memengaruhi foto Anda, Anda akan memiliki lebih banyak kendali kreatif dalam fotografi Anda dan dapat menciptakan hasil yang sesuai dengan visi Anda.

Shutter speed adalah alat yang kuat dalam fotografi yang memungkinkan fotografer untuk mengendalikan cahaya dan gerakan dalam gambar mereka. Memahami bagaimana menggunakannya secara efektif akan membuka pintu bagi eksperimen kreatif dan hasil yang luar biasa dalam dunia fotografi. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dunia shutter speed dan lihat bagaimana itu dapat meningkatkan kualitas gambar Anda dalam setiap pengambilan foto.

Terimakasih telah membaca Shutter Speed Adalah? Ini Dia Pengertian dan Fungsinya Dalam Kamera jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Cari Gimbal Kamera Murah? Ini daftar Harga Stabilizer Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *