Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Lifestyle

Strategi Renovasi Rumah Sendiri Menjadi Rumah Kost

608
×

Strategi Renovasi Rumah Sendiri Menjadi Rumah Kost

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Denah Desain Rumah
Ilustrasi Denah Desain Rumah. img: pexels.com

Strategi Renovasi Rumah Sendiri Menjadi Rumah Kost ~ Headline.co.idPeluang-peluang investasi sering kali tidak perlu dicari. Jika Anda memiliki rumah yang berada di lokasi strategis seperti dekat perkantoran, kampus, rumah sakit, hingga pasar. Maka, peluang investasi tersebut sudah ada di depan mata Anda. 

Baca juga: Pembunuhan Wanita Hamil Asal Purworejo dilakukan di Pantai Kukup, Begini Kronologinya

Memaksimalkan kesempatan ini dengan merenovasi rumah menjadi indekos. Modalnya bisa dicari dari pinjaman uang di bank DBS KTA. Sementara itu, kamu sudah pasti memiliki passive income setiap bulannya dari indeks tersebut.

Renovasi Rumah Sendiri Menjadi Rumah Kost

ilustrasi desain lantai rumah minimalis
ilustrasi desain lantai rumah minimalis. img: pexels.com

Sebelum memutuskan mengubah rumah sendiri menjadi rumah kost, pastikan sudah memikirkan apakah Anda akan tetap tinggal di rumah tersebut, atau memilih merenovasi secara keseluruhan. Karena jika ingin merenovasi rumah keseluruhan akan berbeda biayanya dengan biaya renovasi hanya sebagian dari rumah.

Baca juga: Mengenal Knitto Textiles, Pelopor Toko Kain Modern di Indonesia

Kemudian, tentukan juga luas lahan rumah yang ingin dibangun menjadi indekos. Gunakan beberapa strategi renovasi rumah sendiri menjadi rumah kost yang nyaman tidak hanya bagi calon penyewa, namun juga bagi Anda.

1. Tentukan Konsep dan Desain Kos

Jika lahan yang akan digunakan sudah jelas, tentukanlah desain dari kos yang akan dibuat. Setiap petak kos apakah tersedia jendela maupun kamar mandi dalam. Tidak hanya itu, jika memilih membuat desain kost yang minimalis. Bagaimana pilihan warna cat, kusen pintu, lantai dan sebagainya harus ditentukan sejak awal.

Baca juga: Korban trader Binomo Menangis Histeris Usai Hakim Putuskan Aset Indra Kenz Dirampas Negara

Dari desain ini, Anda bisa mengestimasikan biaya yang akan dikeluarkan. Termasuk tenaga tukang dan segala peralatan kos yang akan disediakan. Belum lagi jika pada daerah kos di lahan rumah Anda tersebut akan disediakan dapur maupun ruang tamu sendiri. Maka tentu akan berpengaruh ke biaya.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada tahap desain adalah bagaimana memisahkan listrik. Apakah setiap petak kos memiliki panel listrik sendiri atau digabung dalam satu instalasi listrik gedung kosan.

Berkaitan dengan konsep, tentukan apakah kosan akan diperuntukan untuk penyewa perempuan atau laki-laki. Sebab akan berpengaruh dengan barang yang akan disediakan di kamar. Contohnya untuk kosan perempuan, pemilik kos perlu menyediakan kaca di setiap kamar.

Baca juga: Wabub Purworejo: Fatayat NU Banyak berhidmah untuk kemajuan dan peningkatan kualitas perempuan Indonesia

Lalu perhatikan profesi dari target pasar, apakah penyewanya adalah mahasiswa yang harus disediakan segala perlengkapan kamar. Perlengkapan dasar kosan untuk mahasiswa adalah kasur, meja belajar, dan lemari. Atau mungkin pegawai yang bisa membeli barang-barangnya sendiri dan hanya perlu disediakan kasur serta lemari.

2. Buat Pondasi Bertingkat

Tingkat pendapatan dari usaha indekos di rumah akan bergantung pada jumlah pintu kamar kos yang tersedia. Artinya semakin banyak kamar yang dibuat, investasi dan keuntungannya juga akan semakin besar. 

Baca juga: Peringatan HKN, Dinkes Kalbar Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing

Jika saat ini Anda mampu membuat satu bangunan bertingkat kos tersendiri dari lahan rumah Anda, maka pondasi bertingkat sudah dibuat sekaligus. Sementara jika anda memilih untuk pelan-pelan dalam memperbanyak jumlah kamar. Jangan lupa buat pondasi bertingkatnya terlebih dahulu meski belum akan membuat kamar di lantai kedua.

3. Buat Pintu Pemisah Antara Rumah dan Indekos

Dengan mengubah sebagian rumah Anda menjadi kosan, jangan lupakan keamanan dan privasi rumah Anda sendiri. Buatlah pintu yang memisahkan antara rumah dengan kos sehingga tidak saling mengganggu. 

Baca juga: Antisipasi Potensi Bencana Alam, Kepala BNPB Tinjau Kesiapan BPBD Provinsi Bali Jelang KTT G20

Selain pintu pemisah, jika rumah Anda berada di pinggir jalan dan tidak memiliki pagar, pertimbangkan untuk membuat pagar masuk. Ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan bagi penyewa kamar dan keluarga Anda.

Anda juga perlu memutuskan apakah akan memberi pintu masuk tambahan untuk akses langsung ke kosan bagi para penyewa kamar kos. Atau hanya menggunakan satu pintu masuk dari pagar utama. 

4. Sisakan Lahan Terbuka

Lahan yang Anda miliki untuk dibangun kosan harus termasuk lahan terbuka. Lahan terbuka ini bisa diperuntukan sebagai parkiran kendaraan bermotor. Selain itu, lahan terbuka juga termasuk teras yang bisa digunakan untuk para tamu penyewa kamar menunggu. 

5. Tentukan Harga yang Tepat untuk Pangsa Pasar

Ketika Anda berani membuka usaha kos di rumah, berarti Anda sudah mengetahui target pasar yang akan diincar. Untuk itu, tentukanlah harga yang sesuai. Survei rata-rata harga kos di sekitar lingkungan Anda. 

Baca juga: 4 Tahun Kepemimpinan Cak Thoriq – Bunda Indah, Lumajang Opini WTP Empat Kali Beruntun

Kemudian pertimbangkan dengan fasilitas yang Anda berikan. Misalnya fasilitas AC, WiFi, hingga dapur umum bisa membuat harga sewa kos sedikit lebih mahal dari lingkungan sekitar. 

Jangan memaksakan untuk langsung balik modal pada bulan pertama. Sebab yang perlu dipertahankan adalah penyewa yang loyal. Untuk menjaga cash flow, Anda mungkin bisa memberikan syarat minimal durasi sewa. Contohnya menetapkan minimal sewa selama tiga bulan dan dibayar langsung di awal.

Terapkan kelima strategi sekaligus tips tersebut untuk membangun kosan di rumah Anda. Sementara untuk membahas biaya keseluruhan, Anda kemungkinan akan menghabiskan uang sebesar Rp150-250 juta rupiah untuk tiga hingga empat pintu. Itu sudah termasuk biaya bahan pembangunan, menyewa tukang, hingga melengkapi fasilitas dalam kamar. Biaya bisa semakin besar jika lahan yang dibangun serta kamar kosan lebih banyak.

Pinjaman Uang untuk Modal Membangun Kostan dengan DBS KTA

Manfaatkan penawaran pinjaman uang di bank DBS KTA yang mencapai tiga ratus juta rupiah untuk berbagai kebutuhan Anda. Seperti membayar biaya pendidikan, merenovasi rumah, hingga sebagai pinjaman modal usaha tanpa jaminan. 

baca juga: Bertemu Ganjar, Dubes Indonesia Untuk Perancis Bahas Ekspor UMKM dan Potensi Investasi

Pinjaman uang di bank DBS KTA cepat dan mudah. Masa approval hanya memakan waktu 3 sampai 5 hari kerja. Dengan limit pinjaman hingga tiga ratus juta rupiah. Cocok untuk pendanaan membangun kosan di rumah.

Bunga yang ditawarkan flat mulai dari 0,88% per bulan. Segera wujudkan mimpi memiliki passive income dari usaha kosan di rumah dengan bantuan DBS KTA.

Anda bebas memilih tenor cicilan hingga 36 bulan atau tiga tahun. Ditambah kemudahan dokumen yang disiapkan seperti e-KTP Jabodetabek, NPWP dan kartu kredit bank lain dengan limit minimal sebesar sepuluh juta rupiah. Belum lagi persyaratan untuk mengambil pinjaman di bank DBS KTA ini tidak sulit, Anda sudah bisa mengambil pinjaman dengan minimal pendapatan lima juta rupiah perbulan. 

Lakukan renovasi rumah dengan segala kemudahan dari DBS KTA sekarang. Dan lihat informasi selengkapnya melalui link berikut ini

Baca juga: Usai Diresmikan, Masjid Raya Syeikh Zayed Solo Akan Dikelola Secara Profesional

Pasang Iklan diliput Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Ampuh Membasmi Cicak di Rumah
Inspiration

Tips Ampuh dan Manusawi Basmi Kemunculan Cicak di Rumah ~ Headline.co.id (Inspiration). Cicak, seringkali dianggap sebagai “tamu” yang tidak diinginkan di rumah, ternyata memainkan peran penting dalam ekosistem manusia. Meskipun…