Diduga Karena Cas Powerbank, Bus Al Mubarok Terbakar di Tol Pandaan-Malang

Gravatar Image
Kondisi Bus Pariwisata PO Al Mubarok yang terbakar di Tol Pandaan - Malang Jawa Timur
Kondisi Bus Pariwisata PO Al Mubarok yang terbakar di Tol Pandaan - Malang Jawa Timur. (Dokumentasi Ditlantas Polda Jatim)

Diduga Karena Cas Powerbank, Bus Al Mubarok Terbakar di Tol Pandaan-Malang ~ Headline.co.id (Malang). Sebuah bus pariwisata terbakar di KM 60.800/A Tol Pandaan arah Malang Minggu (6/3/2022) pagi. Informasi yang dihimpun, seluruh penumpang Bus Pariwisata PO Al Mubarok bernomor polisi K-1670-EW tersebut selamat dan berhasil dievakuasi saat bus terbakar.

Baca juga: Wabup Hadiri Sholawat dan Doa Bersama untuk Lumajang

“Tidak ada korban, atau korban nihil. Semua penumpang berhasil menyelematkan diri. Hanya beberapa penumpang mengalami syok,” kata Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi saat dikonfirmasi.

Bus tersebut yang berisi, 43 orang penumpang perempuan, dan satu orang penumpang adalah laki-laki itu, merupakan rombongan pariwisata asal Kabupaten Malang, yang baru saja berlibur dari Yogyakarta.

Kemudian, empat orang yang tidak masuk dalam daftar tersebut, merupakan kru dan sopir bus pariwisata tersebut.

Baca juga: Update Covid-19: Angka Kesembuhan COVID-19 Terus Meningkat dengan Kasus Aktif yang Konsisten Turun

Sementara Kanit PJR Jatim IV Ditlantas Polda Jatim AKP Rahmad Budiarto mengungkapkan, kobaran api yang tersebut diketahui pertama kali oleh para penumpang yang duduk di kursi bagian paling belakang bus.

Diduga, sumber api berasal dari korsleting hubungan arus pendek kelistrikan di dalam mesin bus.

“Dugaannya korsleting, dan yang tahu penumpang dulu. Dari bagian belakang, ya dugaannya di area sekitar mesin,” ungkapnya saat dihubungi TribunJatim.com Minggu (6/3/2022).

Baca juga: Vitamin Vs Suplemen, Ini Perbedaan dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Tahu

Sementara itu dilansir dari salah satu akun Instagram bernama @maswahid, juga membagikan momen tersebut sekaligus menginformasikan bahaya charge laptop, powerbank atau yang membutuhkan daya lebih tinggi dari ponsel.

“Kelistrikan pada bus tdk didesain utk memenuhi daya listrik yg besar. Dia cuma didesain utk charging hp demi mendukung para penumpang untuk tidak kehabisan daya baterai hp spy dpt mendokumentasikan perjalanan dan memberi kabar keluarga. Jk digunakan utk mengisi daya yg melebihi kapasitasnya maka yg terjadi adl komponen akan panas, sehingga bisa merusak kabel yg kemudian efek terparah akan menyebabkan kebakaran spt yg terjadi pada bus di video ini,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: HD: Wali Desa dan Kecamatan Pujasuma Sebagai Benteng Peradaban dan Budaya Jawa di Sumsel

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mas Wahid (@maswahid)


“Efek teringan adl rusaknya komponen dinamo ampere sebagai pengisi daya sehingga kl bus “memberi tanda” kepada para kru bisa bertindak. Sebagai pengemudi sy pernah mengalami efek teringan spt ini. Saat sy tugas malam menggantikan pengemudi utama, nyaris sepanjang jatim jateng tanpa listrik, lampu utama redup, dll terganggu. Sungguh mengkompromikan keselamatan sekali,” lanjut keterangan tersebut.

Baca juga: PPI Dunia Dukung SE Penggunaan Pengeras Suara Masjid

Terkait hal ini, Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, sebenarnya belum ada pengecekan secara detail mengenai kejadian tersebut. Namun bisa disinyalir karena penggunaan arus daya yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan overheat pada alat tersebut. “Seperti listrik di rumah misalnya, ada daya penggunaan maksimalnya untuk tiap steker atau colokan, karena bergantung pada besar kabel yang digunakan juga,” ucap Werry Minggu (6/3/2022).

Werry memberi contoh, misalnya kabel yang dipakai maksimal untuk arus daya 5A tapi dipaksakan lewat 10A, maka bisa menjadi panas dan overheat. “Jadi, sebenarnya penyediaan USB port di bus tersebut berguna untuk charge handphone saja bukan untuk powerbank. Karena kita tidak tahu mengenai kualitas power bank tersebut apakah memiliki daya charging yg baik atau tidak,” kata dia.

Baca juga: Cari Serum Pencerah Wajah Terbaik? Ini Kisah Ku Menggunakan Serum dan Serum Mask

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *