Peringati HPSN, Pemkab Lumajang Ajak Aparatur dan Masyarakat Bersih-Bersih Massal di Seluruh Wilayah

Aparatur dan Masyarakat akan Bersih-Bersih Massal
Aparatur dan Masyarakat akan Bersih-Bersih Massal. (foto: Kominfo Lumajang)

Peringati HPSN, Pemkab Lumajang Ajak Aparatur dan Masyarakat Bersih-Bersih Massal di Seluruh Wilayah ~ Headline.co.id (Lumajang). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 di Kabupaten Lumajang yang akan diperingati salah satunya dengan kegiatan Resik-Resik yang dilakukan serentak pada Jumat (4/3/2022) besok.

Baca juga: Komisi VIII: Tidak Ada Menag Membandingkan Azan, Tidak Perlu Gorengan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan, bahwa kegiatan Resik-resik akan dipusatkan di Kali Asem dan Avour serta beberapa titik di Kecamatan Lumajang.

Namun demikian, dalam acara Dialog Interaktif bersama LPPL Radio Suara Lumajang, Kamis (3/3/2022), dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam peringatan HPSN Tahun 2022 dengan cara melakukan kerja bhakti di lingkungan masing-masing.

Hertutik juga mengimbau, agar masyarakat untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut dan mengupload di sosial media dengan hastag #HPSNLUMAJANG2022.

Baca juga: Selamat Nyepi, Menag: Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi, Perkuat Moderasi

“Ini kita pusatkan di Kali Asem, namun tetap dilakukan di wilayah pedesaan, kelurahan dan kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Lumajang, kami harapkan masyarakat juga turut serta bersama kami,” katanya.

Ia berharap, peringatan HPSN Tahun 2022 menjadi momen untuk masyarakat berasama-sama bergerak menjadi masyarakat yang mandiri sampah.

“Harapan kami, di Hari Peduli Sampah ini mari kita bersama-sama begerak menjadi masyarakat mandiri sampah, bergerak bekerja bakti membersihkan lingkungan secara mandiri dan bersama-sama, ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” harapnya.

Baca juga: Dinkes Kalbar Bagikan Tips Jaga Telinga pada Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Agung Wicaksono menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut selain diikuti oleh jajaran Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintan Kabupaten Lumajang, juga melibatkan partisipasi masyarakat dan komunitas.

Lanjut dia, untuk masyarakat yang lokasinya jauh dari pusat kegiatan, Dinas Lingkungan Hidup sudah menyediakan armada Dumptruk yang akan menjemput sampah-sampah yang sudah dikumpulkan.

Baca juga: Wagub Jateng: Orang Tua Dituntut Lebih Cermat Pilih Lembaga Pendidikan Agama untuk Anak

“Kontainer sudah kami siapkan untuk sampahnya, dumptruk juga akan menyisir sampah-sampah yang dikumpulkan oleh peserta,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, dengan dilakukannya kegiatan bersih-bersih secara bersama-sama tersebut, akan melahirkan sebuah komitmen bersama untuk pengelolaan sampah secara mandiri.

Baca juga: Apa Itu Obesitas? Ini Bahayanya dan Antisipasinya pada Anak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.