by

Cerita Dibalik Ditemukan Candi Sambisari, Candi Megah Terpendam Tanah

Cerita Dibalik Ditemukan Candi Sambisari, Candi Megah Terpendam Tanah ~ Headline.co.id, Yogyakarta. Candi merupakan salah satu bukti dari sejarah yang pernah ada, di Indonesia banyak sekali candi peninggalan penduduk sebelumnya. Di jogja sendiri banyak sekali candi mulai dari yang paling terkenal hingga candi yang jarang orang ketahui.

Candi Sambisari merupakan salah satu candi yang unik, candi yang letaknya di sebelah utara bandara Adi Sucipto Yogyakarta ini memiliki kisah sejarah purbakala seperti candi-candi lainya.

Candi Sambisari merupakan salah satu candi yang dibangin pada abad ke 9, candi sambisari ini beralamatkan di desa Purwomartani, Kalasan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

baca juga : Wisata Alam Ketep Pass Magelang Lokasi Tiket masuk dan Rutenya

Berdasarkan informasi yang didapat dari pengelola candi, Cansi Sambisari ini memiliki kemiripan dengan Candi Prambanan yang memiliki latar belakang keagamaan bersifat siwaistis. Didalam candi juga terdapat patung-patung dwa Hindu dan juga terdapat Lingga (Perwujudan dari dewa Siwa)- Yoni (Perwujudan istri Siwa).

Selain patung, di dalam candi ini memiliki patung di setiap titik penjuru arah. Diantaranya adalah patung Durga Mahisasuramardhini di sebelah utara, Ganesa di Timur dan Agastya di Selatan. Selain itu juga ada patung yang menjadi simbol dipintu yaitu Mahakala dan Nandiswara.

Keindahan Candi Utama Candi Sambisari Yogyakarta
Keindahan Candi Utama Candi Sambisari Yogyakarta @gr4ce2004

Candi Sambisari ini ditemukan awalkali pada sekitaran bulan Juli 1966, Candi tersebut ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul tanah milik seseorang bernama Karyowinangun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed