Inilah Keutamaan dan Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan yang Wajib Umat Islam Tau

  • Whatsapp
Salah Satu Hikmah Puasa Ramadhan Adalah
Keutamaan dan Hikmah Puasa Ramadhan

Inilah Keutamaan dan Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan yang Wajib Umat Islam Tau ~ Headline.co.id (Ramadhan). Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nantikan untuk umat muslim dunia. Karena pada bulan ini umat islam diwajibkan untuk berpuasa dan tentunya pada bulan suci ini amal dan ibadah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

baca juga: Inilah Pendapat Ulama dan Niat Bacaan Puasa Ramadhan Sebulan Penuh 1442 H 2021

Read More

Dikutip Headline.co.id dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ustaz M. Sukron Maksum, hukum dari puasa ramadhan adalah wajib berdasarkan Al Qur’an, sunah, dan Ijma’.

Puasa artinya menahan lapar dan dahaga sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Namun puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga kita juga wajib untuk mengendalikan hawa nafsu dan panca indra kita kea rah yang positif.

baca juga: Kumpulan Ucapan Sambut Ramadhan 2021 yang bisa untuk Status Sosial Media

Tentunya bulan suci Ramadhan ini memiliki keutamaan berikut ini adalah keutamaan bulan suci ramadhan:

Apa Saja Keutamaan Puasa Ramadhan

1. Bulan berlimpah berkah

Saat datang bulan Ramadhan Rasulullah SAW, bersabda, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, sebagai berikut: “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syaitan-syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR. Ahmad, An-Nasa’I, dan Baihaqi).

2. Bulan kegembiraan bagi pecinta kebaikan

Sahabat Arfah pernah berkata, “Suatu ketika aku berada di rumah Uthbah bin Farqad, kebetulan ia sedang membicarakan puasa Ramadhan, lalu masuk seorang laki-laki, salah seorang sahabat Nabi SAW. Melihat laki-laki itu Uthbah menaruh hormat padanya dan diam. Tamu itupun menyampaikan hadis tentang Ramadhan. Ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda tentang Ramadhan,’Pada bulan itu pintu-pintu neraka ditutup, dibuka pintu-pintu surga dan dibelenggu syaitan-syaitan’.” Rasulullah SAW mengulas lagi, “Dan seorang malaikat akan berseru”‘Hai pecinta kebaikan bergembiralah? Hai pecinta kejahatan, hentikanlah! Sampai Ramadhan berakhir.” (HR Ahmad, dan An-Nasa’i).

baca juga: Hukum dan Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Yang Benar Beserta Artinya

3. Saat penghapusan kesalahan diampuni dosa-dosanya

Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW. bersabda: “Shalat yang lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat di antara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi.”

Abu Sa’id al-Khudri ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya dan ia menjaga diri dari segala apa yang patut dijaga, dihapuskanlah dosanya yang sebelumnya.” (HR Ahmad dan Baihaqi).

Abu Hurairah berkata, “Telah bersabda Rasulullah SAT: ‘Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu’.” (HR Ahmad dan Ash-habus Sunan)

baca juga: 6 Rukun Iman dalam Islam Apa saja? Ini dia urutan, Pengertian serta Maknanya

Selain memiliki keutamaan, bulan suci ramadhan ini juga memiliki beberapa hikmah yang bisa kita ambil dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut ini adalah hikmay yang bisa kita petik dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan:

Apa Saja Hikmah Puasa Ramadhan

1. Meningkatkan Taqwa Kepada Allah SWT

Dalam QS Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Dari ayat tersebut, sudah jelas bahwa salah satu hikmah yang diperoleh dari puasa adalah meningkatkan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

baca juga: Mau Dapat Pahala Seperti Pasa Setahun Penuh, Ini Niat dan Tata Cara Puasa 6 Hari Syawal

2. Mendorong pada Perbuatan Baik

Saat kita menjalankan ibadah puasa kita tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, tetepi kita juga menjaga diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik pula. Secara tidak langsung ketika kita menjauhi hal tersebut artinya kita akan terdorong untuk melakukan hal-hal baik demi kesempurnaan puasa

3. Meningkatkan Rasa Empati

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi setiap Muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa orang kaya merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu.

baca juga: 7 Ibadah Sunah Bulan Ramadhan Yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Selama Virus Corona

Contohnya pada bulan Ramadhan orang-orang berbondong-bondong untuk berbagi, seperti membagikan makanan kepada orang yang kurang mampu untuk berbuka puasa.

4. Mencegah Maksiat

Syarat sahnya puasa adalah kita diharuskan untuk bisa menahan segala jenis hawa nafsu, termasuk nafsu makan, nafsu membicarakan keburukan orang lain dan nafsu fisik.

Untuk menghindari hal tersebut kita bisa melakukan hal yang bersifat positif, terlebih pada bulan ini segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya.

baca juga: Buah Hati Lahir, Ini Do’a Kelahiran Anak Untuk Dibaca Kedua Orang tua

Artinya hikmah yang bisa kita petik saat kita menjalankan puasa adalah kita bisa menahan hawa nafsu kita.

5. Mengontrol Emosi

Emosi atau marah adalah salah satu hal yang bisa membatalkan ibadah puasa kita, oleh karena itu saat kita menjalankan puasa Ramadhan kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita. Terlebih kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita selama sebulan penuh, tentunya hal ini bisa kita jadikan sebagai sarana kita untuk berlatih dalam mengontrol emosi kita.

6. Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Hikmah puasa yang bisa ketik selain untuk kesehatan rohani juga untuk kesehatan rohani, dibawah adalah kebaikan jasmani yang bisa kita dapatkan saat kita menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan:
• Menurunkan berat badan
• Meningkatkan kesehatan jantung
• Mengontrol kadar gula darah
• Meningkatkan kesehatan otak
• Mencegah peradangan

7. Refleksi Diri

Puasa saat bulan Ramadhan bisa kita jadikan sebagai bahan perefleksian diri kita agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan segala kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara terus menerus di luar bulan Ramadhan.

baca juga: Takut Mimpi Buruk, Ini Doa Agar Kamu Terhindar

8. Melatih untuk Hidup Sederhana

Karena waktu berpuasa terjadi pada saat terbit fajar dan terbenamnya matahari, maka kita hanya diperbolehkan untuk makan dan minum diantara waktu berbuka dan makan sahur. Hal ini tentunya akan membuat kita berhemat, karena pada dasarnya saat kita kenyang kita tidak akan terfikir untuk membeli makanan atau minuman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *