Hati-Hati! Karang Gigi Bisa Sebabkan Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Apa saja?

  • Whatsapp
Apa dampak karang gigi
Ilustrasi

Hati-Hati! Karang Gigi Bisa Sebabkan Dampak Buruk Struk dan Serangan Jantung ~ Headline.co.id. Karang gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih kerap terjadi untuk sebagian besar orang. Kurangnya kesadaran dan cuek terhadap kesehatan gigi membuat gigi kita sangat mudah ditumbuhi karang gigi.

baca juga: Usai Viral, Pengendara Fortuner Bersenjata Resmi jadi Tersangka

Read More

Penyebab karang gigi itu sendiri berasal dari sisa makananan yang kita konsumse setiap harinya dan terakumulasi menjadi karang gigi akibat dari berkembangnya bakteri pada mulut kita.

Plak yang mengalami kristalisasi menjadi karang gigi akan sangat sulit untuk dihilangkan dengan cara menggosok gigi. Perlu upaya lebih untuk menghancurkan karang gigi, salah satunya dengan berkunjung ke  dokter gigi untuk melakukan scaling.

baca juga: Cari Komputer Untuk Bisnis, ASUS ExpertCenter D3 Tower dan D5 SFF Solusinya, Kenapa?

Namun sayangnya, kesadaran orang untuk pergi melakukan perawatan ke dokter gigi masih sangatlah minim. Meskipun sudah cukup banyak yang menanggapi serius soal kesehatan gigi ini, namun  faktanya masih cukup banyak orang yang cuek soal kesehatan giginya sendiri.

Padahal jika tidak dibersihkan, karang gigi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius loh. Inilah dampak buruk karang gigi bagi kesehatan jika tidak dibersihkan.

Tempat Bakteri Berkembang Biak

Karang gigi bisa memberi efek yang serius pada kesehatan mulut, terutama bila muncul di atas garis gusi. Sebab, di sanalah tempat yang tepat bagi bakteri untuk bersarang, kemudian masuk ke dalam gusi dan merusaknya. Akibatnya, gusi akan mengalami iritasi dan peradangan.

baca juga: Wamen Kesehatan RI: Sentra Vaksinasi Massal Percepat Capai Target Vaksinasi

Gigi Rapuh dan Keropos

Saat periodontitis terjadi, sistem pertahanan tubuh akan melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri yang ada di dalam kantong nanah gigi. Namun, di saat yang bersamaan, bakteri juga akan melepaskan zat pertahanan diri. Kondisi ini mengakibatkan tulang gigi dan jaringan di sekitarnya bisa mengalami kerusakan. Bila dibiarkan terus berlanjut, gigi akan mudah tanggal, atau mengalami penipisan tulang di mana gigi tertanam.

Gingivitas/Radang Gusi

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk bisa memicu peradangan pada gusi yang disebut gingivitis atau radang gusi. Saat gingivitis sudah terjadi, tapi karang gigi tidak kunjung dibersihkan, maka kamu tinggal menunggu waktu saja sampai mengalami penyakit periodontitis. Penyakit ini berupa kantong nanah yang muncul di antara gusi dan gigi.

baca juga: Ternyata Ini Fungsi Kotoran Telinga dan Cara Membersihkannya

Resiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

Masalah kesehatan gusi juga bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Hal ini diduga karena bakteri dan mikroorganisme yang terdapat dalam plak gigi bisa masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan peradangan. Akibatnya, pembuluh darah akan mengalami kerusakan atau penyumbatan. Bila aliran darah tersumbat, maka risiko mengalami penyakit jantung dan strok akan meningkat.

baca juga: Wajib Tau! Begini Tips Menyimpan Buah, Daging, dan Sayur Agar Tahan Lama Saat Pandemi Covid-19

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *