Mau Ikan Arwana Panjang Umur, Begini Cara Merawatnya

  • Whatsapp
Ikan Arwan Golden Red HB
Ikan Arwan Golden Red HB. (Headline.co.id/Saddam)

Headline.co.id (Jogja) ~ Ikan arwana atau biasa disebut Arowana (Ikan Naga) merupakan ikan hias air tawan yang memiliki sisik dan warna yang indah dan mempesona, sehingga membuat ikan hias satu ini selalu memiliki harga yang fantastis di pasaran.

Ikan hias yang di klaim bisa membawa keberuntungan ini memiliki berbagai macam jenis mulai dari silver, irian, pino, golden red, hingga super red. Sementara untuk harganya mulai dari 100k hingga ratusan juta tergantung jenis dan kualitas ikannya.

Dihimpun Headline.co.id dari informasi para penghobi ikan arwana, Eko (25) di pusat pemasaran ikan hias Jogjakarta, terdapat tips dan cara agar membuat ikan arwana panjang umur:

  1. Jaga Kualitas Air

Eko mengungkapkan bahwa harus rajin melakukan pergantian air akuarium. “Minimal seminggu sekali untuk menganti air akuarium tapi jangan semua, ganti air akuarium maksimal 20-30% saja,” ujarnya di Hasil Telusur Hasil web  Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY), pada Minggu (19/7).

baca juga: Pakar Israel Uji Obat Antikolesterol Diklaim Berhasil Jinakkan Virus Covid-19 jadi seperti Flu Biasa

Sebelum menganti air pastikan kualitas air tersebut bagus, akan lebih baik jika air yang akan digunakan untuk menganti air akuarium tersebut diendapkan terlebih dahulu selama 1 hingga 2 hari.

  1. Rutin Memberi Makan

Untuk membuat ikan arwana kita panjang umur tentunya salah satu hal yang mempengaruhi adalah pakan/makanannya.

Sambil melihat ikan, Eko menyampaikan bahwa pemberian makan itu harus rutin namun jangan memberi makan terlalu banyak karena bisa membuat ikan arwana kehilangan nafsu makan.

baca juga: Mengenal Lebih Dekat Berbagai Macam Tarian Khas Jawa Timur, Apa Saja?

“kalau mau bagus warnanya, kasih makan kelabang, udang, kodok, itu ya. Porsinya bebas, tergantung yang punya ikan mau kasih berapa banyak,” lanjutnya.

  1. Jaga ikan agar tidak stress

“kalau ikan arwana stress harus hati-hati karena ikan bisa mati,” ujar Eko.

Banyak hal yang membuat ikan stress, bisa jadi tempat atau hal lain. Untuk mengatasi ikan stress atau sakit bisa menggunakan alat pengatur suhu, setting suhu air 30-32 derajat celcius, serta beri vitamin pendukung.

baca juga: WOW! 200 Unit Kawasaki Ninja ZX-25R Ludes Terjual Dalam Dua Hari

  1. Jangan Beri Obat-Obatan

Banyak penghobi arwana yang menggunakan obat-obatan untuk membuat ikan arwana tersebut keluar warnanya, namun hal tersebut tidak disarankan. Eko menjelaskan untuk membuat arwana tersebut muncul warnanya lebih baik gunakan cara yang alami bisa langsung menggunakan pakan alami seperti udang serta didukung dengan cahaya matahari atau lampu lampu tanning.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *