Layanan Rail Express KAI Garda Terdepan Pengiriman Pangan Selama PSBB yang Efektif! Cek Syarat dan Alurnya Disini

  • Whatsapp
Layanan Rail Express KAI garda terdepan Pengiriman pangan yang Efektif dan Efisien. (Foto: @keretaapikita)
Layanan Rail Express KAI garda terdepan Pengiriman pangan yang Efektif dan Efisien. (Foto: @keretaapikita)

HeadLine.co.id (Nasional) – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat di bulan ramadan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap mengangkut kebutuhan logistik yang juga sedang dibutuhkan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dan selama berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan kota-kota besar di Indonesia.

“KAI siap mendistribusikan barang retail, termasuk kebutuhan Covid-19, dan pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman, tepat waktu, dan efisien,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/04).

Bacaan Lainnya

Edi Sukmoro mengatakan layanan Rail Express mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga: Heboh! Hand Sanitizer dari Kemensos Ditempeli Stiker Bupati Klaten? Begini Kejadian Sebenarnya

Adapun syarat dan ketentuan bagi pengguna jasa pengiriman.

Pertama, Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya. Kedua, KAI berhak melakukan pemeriksaan terhadap kiriman yang dicurigai.

Ketiga, Barang  yang dilarang untuk dikirim adalah Surat atau dokumen berharga bernilai uang, Uang tunai, surat berharga, perhiasan, dan sejenis lainnya. Lalu, barang berbahaya dan mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya, Barang yang mengandung psikotropika dan narkotika.

Baca juga: Polisi Bubarkan Pesta Ulang Tahun Selebgram Asal Medan

Keempat, KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan transportasi yang dapat mengganggu pengiriman ketempat tujuan.

Selain itu, untuk barang, dokumen berharga yang berisiko tinggi dan mudah pecah atau rusak agar dapat diasuransikan oleh pengirim sesuai nilai sebenarnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sayangkan Perbuatan Bidan yang Mengusir 3 Perawat di Solo

“KAI tidak menangani pengepakan. Jadi setiap pengirim bertanggung jawab atas pengepakan setiap barang yang akan dikirimkan sesuai dengan standar packaging yang berlaku. Selama masa pandemi Covid-19 ini, Rail Express tidak melayani pengiriman hewan,” terang Edi.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan Rail Express, berikut alur pelayanannya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Baca juga: Direktur Jenderal WHO Ingatkan Wabah Covid-19 Jauh dari Selesai

Pertama, pelanggan atau pengirim menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang berlaku) ke loket Rail Express di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas.

Kedua, penimbangan barang dan penempelan sticker pada barang.Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun Rail Express sesuai biaya angkutan.

Baca juga: Edi Sukmoro: KAI Siap Menopang Pendistribusian Pangan Selama PSBB dengan Aman, Tepat Waktu, dan Efisien

Ketiga, pemuatan barang ke dalam kereta bagasi.Proses pengiriman barang.Pembongkaran barang dari dalam kereta bagasi.

Keempat, pengambilan barang oleh pelanggan/penerima dengan menunjukkan bukti transaksi barang, kartu identitas asli di loket pengambilan barang Rail Express di stasiun tujuan

Baca juga: Terciduk! Iklan Smartphone Huawei Pakai Foto DSLR

Edi juga menambahkan kalau selama masa pandemi ini, petugas Rail Express KAI menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid 19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal tersebut diterapkan secara merata kepada seluruh personil, barang yang diangkut, serta sarana yang digunakan, baik di terminal angkutan barang maupun selama perjalanan, sehingga para pengguna jasa Express tidak perlu khawatir dalam proses pengiriman dan penerimaan barang

Baca juga: BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat, Masyarakat Diminta Waspada

Masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan angkutan barang dengan layanan Rail Express, dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121 atau 021-121, email ke cs@kai.id atau melalui akun media sosial Facebook dan Twitter di @kai121 dan Instagram @kai121_

“KAI akan memaksimalkan lini angkutan barang terutama di masa-masa sulit pandemi ini. Pendistribusian logistik akan dipercepat di berbagai daerah, termasuk logistik yang sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19 dan membantu memberikan alternatif kepada masyarakat untuk mengirimkan barang kepada keluarganya yang tidak mudik,” tandas Edi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *