Pemerintah Berikan Apresiasi Terhadap Operator Perkeretaapian Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona

  • Whatsapp
Patugas PT KAI lakukan penyemprotan desinfektan di area Stasiu Lempuyangan untuk pencegahan penyebaran virus corona
Patugas PT KAI lakukan penyemprotan desinfektan di area Stasiu Lempuyangan untuk pencegahan penyebaran virus corona. (Headline.co.id/dion)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Melakukan pencegahan penyebaran virus corona di sektor perkeretaapian, Kemenhub mengeluarkan protokol pencegahan COVID-19. Seperti yang selama ini dilakukan operator dengan sigap dan konsisten melakukan langkah pencegahan dengan membersihkan dan melakukan penyemprotan desinfektan di dalam kereta maupun stasiun.

baca juga: Pemrov Sumsel Siapkan 900 Ruangan Wisma Atlet Palembang Untuk Tampung ODP COVID-19

Protokol tersebut tertuang dalam Surat Edaran NO. UM.006/A.95/DJKA/20 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Sarana dan Prasarana Perkeretaapian yang telah dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian. Hal tersebut disampaikan dalam rilis Kementerian Perhubungan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Surat edaran tersebut semua pemangku kepantingan perkeretaapian baik pemerintah maupun swasta harus melakukan pencegahan penyebaran virus corona di sarana perkeretaapian dengan berpedoman pada protokol pencegahan yang sudah dikeluarkan pemerintah.

baca juga: Solusi Angkutan Barang Massal Masa Depan, KAI Unggul Dibandingkan Truk ODOL

Tak hanya itu saja, operator juga harus terus menerus mengkampanyekan dan melakukan sosialisasi cara pencegahan COVID-19 kepada masyarakat pengguna jasa tersebut.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Heru Wisnu Wibowo menyampaikan pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para operator yang telah melakukan upaya keras melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Pembawa Acara Kick Andy Berterimakasih Kepada KAI

Heru mengatakan seperti yang kita lihat kereta api jarak jauh, KRL, MRT, RAILINk, LRT Sumsel, LRT Jakpro, semuanya telah melakukan langkah-langkah, baik dengan penyemprotan desinfektan, penyediaan cairan pembersih tangan, sabun cuci, masker dan penerapan jaga jarak fisik baik di stasiun dan dalam kereta. Semua itu dilakukan agar penularan virus dapat diminimalisir dan pengguna jasa merasa aman.

Berdasarkan pemantauan Headline.co.id, PT KAI melakukan pencegahan dengan baik, dengan inovasi-inovasinya perusahaan jasa transportasi kereta tersebut sering melakukan kampanye untuk pencegahan COVID-19, bahkan PT KAI rela melakukan pembatasan perjalanan perkeretaapian dengan melakukan pembatalan perjalanan kereta api untuk menghambat penyebaran virus corona di Indonesia.

Baca juga: Lakukan Pencegahan, Kirim Barang Lewat Kereta Tak Perlu Takut Virus Corona

Tak sampai disitu, KAI juga melakukan penyemprotan desinfektan di KA penumpang dan KA barang untuk melakukan pencegahan bahkan perusahaan tersebut juga menyiapkan bilik tools untuk menyemprot disinfektan untuk penumpang sebelum memasuki stasiun seperti yang ada di Stasiun Gambir.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian juga telah melakukan edaran untuk melakukan kegiatan pembangunan fisik prasarana perkeretaapian yang melibatkan banyak pekerja dan yang tidak mungkin dilakukan jarak fisik.

baca juga: Cegah Penyebaran COVID-19, PT KAI – BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kereta dan Lingkungan Stasiun Padang

Hal tersebut juga dilakukan sebagai salah satu upaya dalam bentuk pencegahan penularan virus corona dalam kegiatan pembangunan infrastruktur perkeretaapian dan sejalan dengan Protokol Pencegahan COVID-19 di Proyek Konstruksi yang dikeluarkan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta dalam rangka memberikan perlindungan dan mewujudkan keselamatan dan kesehatan penyelenggaraan konstruksi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian telah menandatangani Surat Edaran No. KA.008/A.98/DJKA/20 Tentang Tindak Lanjut Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada pelaksanaan pembangunan perkeretaapian.

Baca juga: Bantu Petugas Medis Tangani Virus Corona, Prof Fathul Wahid Buat Face Shield Untuk APD

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *