by

Pembawa Acara Kick Andy Berterimakasih Kepada KAI

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Moda transportasi yang ramah dengan orang berkebutuhan khusus ataupun mereka yang dalam keadaan tidak sehat menjadi kebutuhan penting masyarakat di era milenial. Tingginya mobilitas manusia mengharuskan penyedia jasa transportasi mulai menyediakan fasilitas bagi mereka yang berkebutuhan khusus tersebut.

Salah satunya adalah menyediakan jalur khusus bagi mereka atau setidaknya kursi roda yang memudahkan mereka menuju moda transportasi yang akan digunakan baik itu pesawat, kereta api, bus ataupun kapal. Moda transportasi yang siap akan hal itu tentu saja akan menjadi primadona karena dinilai punya nilai empati khususnya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

Hal inilah yang rupanya menjadi salah satu nilai positif bagi penumpang, sehingga memberikan pengalaman baik bagi mereka. Seperti yang disampaikan presenter kondang Andy F Noya yang dikenal saat membawakan acara talkshow Kick Andy yang telah menginspirasi jutaan penonton di sebuah Stasiun TV nasional. Andy F Noya menyampaikan secara langsung kepada Kutarto selaku Kepala Stasiun (KS) Gambir, Senin, (2/3/2020) pukul 21.00 WIB di Stasiun Gambir.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Tunda Penerbangan

Andy F Noya mengucapkan terimakasih kepada kereta api atas pelayanan yang diberikan, sangat bagus. Empati pegawai kereta api yang diberikan kepada penumpang yang membutuhkan kursi roda dinilai baik. Pegawai sigap menyiapkan kursi roda bagi kakaknya yang kebetulan kurang sehat saat itu. Andy beserta rombongan keluarga menggunakan kereta api Purwojaya perjalanan dari Purwokerto menuju Jakarta.

Saat dihubungi via telepon oleh tim Headline.co.id, KS Gambir menjelaskan bahwa pelayanan yang diberikan merupakan hal biasa yang lazim dilakukan sebagai sebuah SOP pelayanan bagi penumpang kereta api yang membutuhkan pelayanan khusus (membutuhkan kursi roda).

Petugas di stasiun sudah menyiapkan kursi roda di dekat area kedatangan kereta tersebut. Sebelumnya petugas mendapatkan informasi dari Kondektur yang berada didalam kereta bahwa sesuai data manifest penumpang didapatkan penumpang yang membutuhkan bantuan kursi roda. Hal ini kemudian diteruskan kepada KS Gambir untuk segera difasilitasi.

“Semalam juga ada penumpang lansia juga yang dilayani dengan kursi roda dalam satu gerbong. Kami semalam kemudian terus melakukan sosialisasi kepada penumpang kereta api, bahwa bagi penumpang yang memerlukan bantuan kursi roda silahkan menghubungi kondektur didalam kereta api.” Jelasnya

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, KCI Bagikan Masker Gratis dan Lakukan Sosialisasi

Ia juga menambahkan, setibanya di peron kedatangan kereta akan ada petugas yang telah menyiapkan kursi roda dan siap mengantarkan ke tempat penjemputan penumpang di stasiun-stasiun tujuan.

“Begitupun sebaliknya pelayanan ini juga berlaku bagi penumpang yang membutuhkan kursi roda pada saat tiba di stasiun untuk keberangkatan hingga masuk dalam kereta,” tutur Kutarto.

Stasiun kereta api telah menyediakan beberapa fasilitas kursi roda bagi mereka yang membutuhkan. Layanan ini bisa dimanfaatkan selama jam operasional stasiun. Petugas di stasiun disiagakan untuk membantu mereka yang berkebutuhan khusus ataupun dalam kondisi tidak sehat untuk dibantu dengan fasilitas kursi roda baik untuk keberangkatan ataupun kedatangan di stasiun.

Comment

News Feed