Gunung Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Tunda Penerbangan

  • Whatsapp
Gunung Merapi kembali meletus kali ini jangkauanya hingga Solo dan membuat beberapa penerbangan di Bandara Adi Soemarmo dari dan menuju Solo tertunda.
Gunung Merapi kembali meletus kali ini jangkauanya hingga Solo dan membuat beberapa penerbangan di Bandara Adi Soemarmo dari dan menuju Solo tertunda. (Ilustrasi)

HeadLine.co.id, (Solo) – Gunung Merapi kembali erupsi pagi tadi sekitar pukul 05.22 WIB. Hal disampaikan oleh akun twitter resmi milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG).

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan hujan abu bahkan tidak hanya di Boyolali dan Klaten yang terkena, namun sudah sampai ke Kota Solo, Sukoharjo dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Hari ini Gunung Merapi Kembali Keluarkan Letusan, Kolom Erupsi 6000 Meter

Pantauan media sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi, hujan abu masih terus menyelimuti. Padahal jarak Kota Solo dan Merapi cukup jauh sekitar 40 kilometer. Salah satu warga Solo saat mau membeli masker kesusahan karena tidak ada yang jual

“Ini hujan abu tipis dari tadi jam 8.00 WIB. Kita harusnya pakai masker, tapi nggak ada yang jual,” ungkap Heru Santosa, warga Solo seperti yang dilansir Liputan6.com.

Hujan abu yang menyelimuti Solo membuat Bandara Internasional Adi Soemarmo ditutup sementara. Dikarenakan landasan pacu tertutup abu Gunung Merapi yang dapat membahayakan penerbangan pesawat.

“Bandara Adisoemarmo close 1 jam ke depan, terkait dampak erupsi Merapi. Landasan dilakukan tes, positif terdapat abu Merapi,” ujar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Danardewi kepada awak media.

Baca Juga: WNI Terinfeksi Virus Corona, Harga Masker di Pasar Meningkat 1400%

Menurtnya, penutupan bandara dilakukan mulai pukul 09.10-10.10 WIB tadi. Danar berharap kondisi udara di Solo segera membaik sehingga jadwal penerbangan dari dan ke Solo bisa normal kembali.

Berikut beberapa penerbangan yang keberangkatannya ditunda antara lain pesawat Lion Air JT 537 rute Solo-Jakarta yang semestinya berangkat pukul 09.45 WIB mengalami penundaan. Sedangkan, penerbangan Garuda Indonesia Jakarta-Solo, dan Air Asia jurusan Denpasar Solo dicancel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *