Dampak Corona Terhadap Perekonomian Indonesia

  • Whatsapp
Perekonomian dunia sedang menurun. (Ilustrasi: Shutterstock)
Perekonomian dunia sedang menurun. (Ilustrasi: Shutterstock)

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Ekonomi dan keuangan global saat ini tengah mengalami krisis akibat pandemi virus Corona. Hal ini diungkapkan oleh Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF).

Kondisi ini tentu akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Permata menjelaskan sektor yang pertama kali terpukul oleh krisis tersebut adalah sektor produksi dan pengeluaran.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Mulai 1 April 2020, AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan

“Transmisi dampak COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia mempengaruhi sisi produksi dan sisi pengeluaran perekenomian,” ucapnya pada Sabtu (28/3).

Hal ini mengakibatkan konsumsi hingga daya beli masyarakat bakal ikut terimbas bila tidak segera diantisipasi secara baik oleh pemerintah. Josua menambahkan konsumsi rumah tangga tahun ini diperkirakan masih menjadi pendorong utama dalam menggerakkan perekonomian. Namun laju pertumbuhannya akan melambat.

Baca juga: Ganjar Pranowo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Virus Corona

“Demikian pula dengan daya beli masyarakat, cenderung menurun mengingat hampir seluruh sektor ekonomi akan terkena dampak cukup signifikan dari COVID-19 ini,” tambahnya.

Penurunan tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat diyakini paling dalam terjadi di daerah-daerah yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai pendapatan utamanya.

Baca juga: Bantu Petugas Medis Tangani Virus Corona, Prof Fathul Wahid Buat Face Shield Untuk APD

“Tingkat konsumsi beberapa provinsi yang merupakan daerah tujuan wisata berpotensi menurun paling dalam,” paparnya.

Penurunan sisi produksi juga berpengaruh terhadap pasar keuangan Indonesia mulai dari arus kas dan kinerja keuangan perusahaan hingga kredit perbankan.

Baca juga: Rapid Test di Stadion Si Jalak Harupat Bandung Pakai Sistem Drive Thru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *