HeadLine.co.id, (Nasional) – Mulai 1 April 2020, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) menghentikan seluruh pelayanan penerbangannya.
Hal tersebut dalam rangka melihat situasi risiko wabah Corona di tanah air sekaligus mendukung langkah pemerintah Republik Indonesia dalam mengatasi penularan.
Baca juga: Ganjar Pranowo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Virus Corona
Dilansir dari siaran pers yang diterima Headline.co.id, Sabtu (28/3/2020), penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara hingga 21 April 2020. Sedangkan untuk rute internasional dihentikan hingga 17 Mei 2020.
AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan nantinya saat situasi mulai membaik.
Baca juga: Wakil Ketua PDIP Jabar Tutup Usia Karena Virus Corona
Penumpang yang terdampak akan menerima pemberitahuan melalui email dan SMS yang terdaftar saat pembelian tiket.
AirAsia menawarkan fleksibilitas pilihan termasuk kesempatan untuk ‘Ubah Jadwal’ tanpa batas dan tanpa biaya tambahan, atau ‘Akun Kredit’ berupa saldo senilai pembelian yang dapat digunakan untuk pembelian tiket berikutnya selama 365 hari.
Baca juga: Bantu Petugas Medis Tangani Virus Corona, Prof Fathul Wahid Buat Face Shield Untuk APD
Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan kompensasi yang ditawarkan, silakan kunjungi support.airasia.com.
Untuk pemesanan yang dilakukan melalui layanan group booking, agen perjalanan atau pihak ketiga lainnya, silakan menghubungi agen masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.
Bagi calon penumpang yang mempunyai kebutuhan mendesak untuk melakukan perjalanan dalam waktu dekat, AirAsia Indonesia menyarankan untuk mengubah jadwal keberangkatannya menjadi sebelum tanggal 1 April 2020.
Baca juga: Rapid Test di Stadion Si Jalak Harupat Bandung Pakai Sistem Drive Thru
Calon penumpang juga disarankan untuk memantau informasi imbauan terkini yang tersedia di support.airasia.com dan akun sosial media AirAsia dari waktu ke waktu.
AirAsia Indonesia tetap berkomitmen menawarkan layanan penerbangan khusus dalam upaya repatriasi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing, maupun pengiriman barang bantuan ke lokasi-lokasi yang terdampak oleh situasi pembatasan perjalanan.
Baca juga: Pandemi COVID-19, Tunda 4 Tahapan Pilkada KPU dapat Apresiasi Pemerintah
“AirAsia Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” demikian isi pernyataan resmi dari pihak AirAsia Indonesia.