Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Transportasi

Penataan di 4 Stasiun Jakarta, Seperti ini Konsepnya?

225
×

Penataan di 4 Stasiun Jakarta, Seperti ini Konsepnya?

Sebarkan artikel ini
4 Stasiun akan dilakukan Penataan
Ilustrasi (foto: Ig/jallecoo)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Integrasi antar moda transportasi di Jakarta kini kian ditingkatkan. Dalam waktu dekat, masyarakat yang sering berpindah-pindah transpirtasi bakal lebih mudah untuk menjangkaunya.

baca juga: Stasiun Wadu Kembali Aktif, Pemkab Blora dan Masyarakat Ucap Syukur dan Sampaikan Terimakasih ke KAI

Pasalnya, komitmen menyambung jalur moda transportasi kereta api (KA) dengan Moda Raya Terpadu (MRT) kini kian serius digarap. Dirrencanakan aka nada 4 Stasiun kereta api yakni  Stasiun Juanda, Stasiun Senen, Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang akan dibuat Transit Oriented Development (TOD) untuk menyambungkan jalur kedua moda transportasi tersebut.

Melancarkan pembangunan TOD tersebut, PT KAI memberikan dukungannya dengan menyediakan aset milik perusaahan tersebut untuk penataan ulang alur penumpang baik masuk atau keluar.

Sementara penataan di setiap stasiun tersebut memiliki konsep yang berbeda-beda.

baca juga: Dapat Subsidi PSO, Ini Harga Tiket KA Bandara Internasional Adi Soemarmo

Di Stasiun Tanah Abang akan menggunakan lahan milik PT KAI dengan luas 3.578 m2. Nantinya, pada lahan yang terletak di depan hall bawah Stasiun arah Jl Jatibaru akan terdapat beberapa fasilitas yang dihadirkan diantaranya seperti penurunan dan pengambilan penumpang (drop off-pick up) Ojol, area parkir sementara ojek pangkalan, tempat pemberhentian sementara (lay-by) Bajaj, plaza pedestrian untuk pejalan kaki, halte Bus Transjakarta sebagai fasilitas integrasi, serta perlengkapan transit.

Sementara untuk Stasiun Sudirman, PT KAI akan melakukan penetaan ulang hall keluar masuk melalui perpanjangan area Hall yang akan dilakukan dengan mengarahkan penumpang lebih mudah menuju area pedestrian yang akan mengarah ke moda lanjutan seperti MRT, KA Bandara Railink, TransJakarta, Hingga area ojek online dan pangkalan yang saat ini sedang dilakukan proses penataannya bersama Pemprov DKI dan MRT.

Sedangkan untuk Stasiu Pasar Senen, PT KAI akan melakukan pengubahan pada flow keluar masuk penumpang melalui area pedestrian. Akan terdapat juga penempatan area khusus ojek online dan fasilitas untuk kemudahan menuju moda lainnya.

baca juga: Jalur KA Besitang Sumut – Langsa Aceh Selesai Kini Mulai Dilakukan Uji Coba

Yang terakhir pada Stasiun Juanda akan dilakukan penataan khusus terkait penempatan ojek online dan pangkalan yang sebelumnya terpusat di kawasan ruko arah Masjid Istiqlal yang selanjutnya akan direlokasi ke lahan bawah jalur rel layang Stasiun Juanda arah utara atau arah Jakarta Kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *