Peduli Pengembangan Desa Wisata, PT KAI Daop 7 Madiun Berikan CSR Rp 150 Juta di Maron Pacitan

  • Whatsapp
PT KAI Daop 7 Madiun Salurkan Bantuan Perahu Wisata Rp 150 Juta di Dusun Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
PT KAI Daop 7 Madiun Salurkan Bantuan Perahu Wisata Rp 150 Juta di Dusun Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Headline.co.id (Pacitan) ~ PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun memberikan bantuan untuk mendukung pengembangan desa wisata di Dusun Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

baca juga: PT KAI Daop 6 Berikan Bantuan untuk Renovasi Gedung SD IT Generasi Penerus

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Kamis (13/2), menyampaikan bantuan yang diberikan untuk pengadaan perahu wisata sebesar Rp150 juta melalui program bina lingkungan dari dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR).

Ia menambahkan, bantuan peraru langsung diberikan oleh tim Komite TJSL PT KAI Daop 7 Madiun kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kali Maron di Dusun Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

“PT KAI sangat peduli dengan pengembangan konsep desa wisata yang saat ini terus digagas oleh pemerintah, baik daerah maupun pusat,” ungkapnya.

Pengembangan desa wisata tidam bisa seluruhnya ditangani oleh pemda karena anggaran daerah terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan kepedulian instansi lain, baik pemerintah maupun swasta untuk menjadi besar.

baca juga: PT KAI Tertibkan Belasan Bangunan Liar Tempat Prostitusi

Ixfan mengungapkan bahwa tujuan dari CSR ini untuk mengoptimalkan potensi wisata di Desa Dersono sehingga bisa meningkatkan produk wisata dan perekonomian warga setempat.

Kali Maron yang terletak di Dusun Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, merupakan desa wisata yang menyuguhkan kegiatan susur sungai di Kali Maron dengan perahu wisata yang disediakan oleh warga setempat.

Sungai Maron di Pacitan memiliki panjang 4,5 kilometer dan berujung di sebuah muara di Pantai Ngiroboyo. Untuk menyusuri Sungai Maron dibutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sungai Maron juga di juluki “Green Canyon”-nya Pacitan dan juga “The Indonesia’s Amazon” karena memiliki pemandangan panorama yang indah. Sungai tersebut selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang menginginkan wisata dengan panorama yang alami.

baca juga: Program Sapa Pelanggan, Wujud PT KAI Dalam Menigkatkan Pelayanan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *