Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Sapi Peranakan Ongole Milik Anggota Polisi Bantul Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

9746
×

Sapi Peranakan Ongole Milik Anggota Polisi Bantul Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Sapi Kurban Presiden Jokowi dibeli dari Bantul Jogja
Sapi Kurban Presiden Jokowi dibeli dari Bantul Jogja

Headline.co.id, Bantul, DIY ~ Sapi Peranakan Ongole (PO) milik seorang anggota polisi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpilih menjadi hewan kurban Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Sapi berbobot hampir satu ton yang diberi nama Satrio Bimo tersebut kini dalam pengawasan ketat oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bantul.

Baca juga: Presiden Jokowi Pilih Sapi dari Bantul untuk Kurban Idul Adha 1445 Hijriah

Pemilik sapi, Aipda Zuli Nuryanto, yang bertugas di Polsek Sewon Polres Bantul, mengaku tidak menyangka bahwa sapi peliharaannya akan dipilih sebagai hewan kurban Presiden. “Padahal, beberapa sapi dari peternak di Kabupaten Bantul diajukan dan mengikuti seleksi sapi kurban Presiden,” ungkapnya.

Menurut Aipda Zuli, sapi miliknya terpilih karena memenuhi kriteria yang ditetapkan, baik dari segi kondisi fisik, berat, maupun kesehatan hewan. Sapi PO miliknya memiliki berat hidup hampir satu ton, tepatnya 934 kilogram.

“Di antara tiga sapi yang kami ajukan, ternyata sapi kami yang dipilih dan dikehendaki Pak Jokowi sebagai hewan kurban,” kata Aipda Zuli saat ditemui di kandang ternaknya di Dusun Depok, Wonolelo, Pleret, Bantul, Senin (10/6/2024).

Baca juga: Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Alma Ata Kunjungi PT. Teknologi Server Indonesia

Lebih lanjut, Aipda Zuli menjelaskan bahwa sapi tersebut merupakan satu dari sepuluh sapi dari peternak Kabupaten Bantul yang didaftarkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul untuk diseleksi oleh tim dari Pemda DIY dan pemerintah pusat di Sekretariat Kepresidenan RI.

Terkait harga sapi yang dibeli Presiden, Aipda Zuli tidak menyebutkan secara pasti, namun disepakati harganya hampir mencapai Rp100 juta.

Baca juga: Pedagang Sapi di Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Diseruduk Sapi Miliknya

Aipda Zuli sendiri telah menggeluti usaha ternak sapi sejak tahun 2009. Setelah bertugas di Polsek Sewon, ia selalu menyempatkan diri untuk merawat sapi-sapi peliharaannya, dibantu oleh beberapa pekerja.

Pemilihan sapi Satrio Bimo sebagai hewan kurban oleh Presiden Jokowi tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Aipda Zuli, tetapi juga bagi masyarakat Bantul. Ini menunjukkan kualitas dan keunggulan ternak dari daerah tersebut yang mampu memenuhi standar tinggi sebagai hewan kurban nasional.

Terimakasih telah membaca Sapi Peranakan Ongole Milik Anggota Polisi Bantul Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: KPU Kulon Progo Tetapkan 753 TPS untuk Pilkada 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polisi Berhasil tangkap pelaku pembunuhan wanita di Parangtritis
Hukum

Headline.co.id, Bantul ~ Sebuah peristiwa perampokan disertai kekerasan yang mengakibatkan kematian seorang perempuan berusia 54 tahun, TY, terjadi di sebuah kos di Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Polisi berhasil mengungkap kasus…