Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Presiden Jokowi Pilih Sapi dari Bantul untuk Kurban Idul Adha 1445 Hijriah

5878
×

Presiden Jokowi Pilih Sapi dari Bantul untuk Kurban Idul Adha 1445 Hijriah

Sebarkan artikel ini
Presiden RI Joko Widodo membeli sapi untuk disembelih pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah dari peternak sapi di wilayah Pedukuhan Depok Kelurahan Wonolelo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul
Presiden RI Joko Widodo membeli sapi untuk disembelih pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah dari peternak sapi di wilayah Pedukuhan Depok Kelurahan Wonolelo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul

Headline.co.id, Bantul, DIY ~ Presiden Joko Widodo telah memilih sapi dari peternak di Pedukuhan Depok, Kelurahan Wonolelo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendaftar Melalui Aplikasi Cek Bansos Beras 10 KG

Peternak sapi, Zuli Nuryanto, mengungkapkan rasa bangganya saat ditemui di kandang ternaknya, Minggu lalu. “Dari tiga sapi yang kami ajukan untuk seleksi, salah satu sapi kami terpilih oleh Pak Jokowi untuk dijadikan hewan kurban,” ujarnya.

Sapi yang dipilih merupakan sapi jenis PO (Peranakan Ongole) dengan berat hampir satu ton, tepatnya 934 kilogram. Sapi tersebut merupakan satu dari sepuluh sapi yang didaftarkan oleh peternak Kabupaten Bantul ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul untuk diseleksi oleh tim dari Pemda DIY dan pemerintah pusat di Sekretariat Kepresidenan RI.

Baca juga: KPU Kulon Progo Tetapkan 753 TPS untuk Pilkada 2024

Setiap tahun, DKPP Bantul menginventarisasi sapi-sapi besar dan sehat dari wilayah tersebut. Dari sepuluh sapi yang didaftarkan, tiga sapi terpilih untuk mewakili Bantul, dan akhirnya, sapi milik Zuli yang dipilih oleh Presiden Jokowi.

Proses seleksi sapi melibatkan pemeriksaan ketat dari Balai Besar Veteriner Yogyakarta dan tim dari Sekretariat Kepresidenan. “Sebelum dipilih Presiden, sapi saya dicek kesehatannya, termasuk darah, air kencing, liur, dan kotorannya. Setelah lolos pengecekan kesehatan, baru diperiksa berat badannya,” jelas Zuli. Ia menambahkan, sekitar seminggu yang lalu, ia dihubungi oleh Sekretariat Kepresidenan yang mengonfirmasi bahwa sapinya terpilih.

Mengenai harga, Zuli mengungkapkan bahwa harganya hampir mencapai Rp100 juta. “Harga awal saya ajukan Rp110 juta, tapi disepakati hampir Rp100 juta,” ujarnya, tanpa menyebutkan angka pastinya.

Baca juga: Pedagang Sapi di Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Diseruduk Sapi Miliknya

Sebagai anggota Polri di lingkungan Polres Bantul, Zuli merasa bangga atas pencapaian tersebut. Usahanya dalam memelihara dan menggemukkan sapi selama hampir dua tahun akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. “Saya beli sapi ini sejak usia 10 bulan dari peternak di Banguntapan. Sekarang, usianya hampir tiga tahun,” tambahnya.

Kisah Zuli Nuryanto tidak hanya mencerminkan kerja keras dan dedikasi seorang peternak, tetapi juga menunjukkan dukungan pemerintah terhadap peternakan lokal. Pilihan Presiden Jokowi ini diharapkan dapat memberikan motivasi lebih bagi peternak lainnya di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas ternaknya.

Terimakasih telah membaca Presiden Jokowi Pilih Sapi dari Bantul untuk Kurban Idul Adha 1445 Hijriah semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Alma Ata Kunjungi PT. Teknologi Server Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polisi Berhasil tangkap pelaku pembunuhan wanita di Parangtritis
Hukum

Headline.co.id, Bantul ~ Sebuah peristiwa perampokan disertai kekerasan yang mengakibatkan kematian seorang perempuan berusia 54 tahun, TY, terjadi di sebuah kos di Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Polisi berhasil mengungkap kasus…