Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

KPU Kulon Progo Tetapkan 753 TPS untuk Pilkada 2024

5878
×

KPU Kulon Progo Tetapkan 753 TPS untuk Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Foto jumlah TPS di setiap Kapanewon di Kulon Progo
Foto jumlah TPS di setiap Kapanewon di Kulon Progo (Foto:Dok KPU Kulon Progo)

Headline.co.id, Kulon Progo ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo resmi menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan dalam Pilkada 2024. Sebanyak 753 TPS akan disebar di 12 kapanewon atau kecamatan di seluruh wilayah Kulon Progo.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Sindan Nabi Arab Latin dan Artinya

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Kulon Progo, Ria Harlinawati, menjelaskan bahwa pemetaan TPS ini dilakukan dalam kolaborasi antara KPU Kabupaten Kulon Progo, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Proses pemetaan berlangsung dari 22 Mei hingga 5 Juni 2024.

Menurut data yang dirilis KPU Kabupaten Kulon Progo, jumlah TPS terbanyak berada di Kapanewon Sentolo dengan 88 TPS. Adapun distribusi TPS di kapanewon lainnya adalah sebagai berikut: Temon 49 TPS, Wates 71 TPS, Panjatan 66 TPS, Galur 53 TPS, Lendah 69 TPS, Pengasih 83 TPS, Nanggulan 49 TPS, Kokap 65 TPS, Girimulyo 42 TPS, Kalibawang 62 TPS, dan Samigaluh 56 TPS.

Baca juga: Strategi Petani Gunungkidul: Menanam Bawang Merah untuk Menghadapi Musim Kemarau

Berdasarkan Surat KPU RI Nomor 806/PL.02-SD/14/2024, setiap TPS diatur untuk melayani maksimal 600 pemilih. Surat tersebut juga menginstruksikan agar KPU kabupaten dan kota dapat mengoptimalkan jumlah pemilih di setiap TPS tanpa menggabungkan pemilih dari kalurahan atau kelurahan berbeda, serta memastikan bahwa anggota keluarga tidak dipisahkan ke TPS yang berbeda.

“Dalam pemetaan TPS, kami berupaya memaksimalkan jumlah pemilih agar mendekati angka 600 per TPS. Selain itu, kami memperhatikan beberapa ketentuan penting, seperti tidak menggabungkan pemilih dari kalurahan atau kelurahan berbeda dan tidak memisahkan anggota keluarga dalam TPS yang berbeda,” ujar Ria.

Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Buka Blokir BRImo cukup dari Ponsel Tanpa ke Bank

Ria menambahkan bahwa kondisi geografis juga menjadi pertimbangan penting dalam penentuan lokasi TPS, dengan tujuan untuk memudahkan akses bagi pemilih dan meningkatkan partisipasi dalam pemilu. “Untuk TPS khusus di Rutan Kelas IIB Wates, kami masih melakukan koordinasi,” tambahnya.

Jumlah pemilih di Kabupaten Kulon Progo tercatat sebanyak 348.412 dengan jumlah Nomor Kartu Keluarga (NKK) sebanyak 156.049. Dalam rangka pemutakhiran data pemilih, KPU telah menetapkan 1.383 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit). Sesuai dengan Surat KPU RI Nomor 638 Tahun 2024, jika jumlah pemilih di suatu TPS melebihi 400, maka KPU Kabupaten/Kota dan PPS diwajibkan untuk membentuk dua pantarlih di TPS tersebut.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendaftar Melalui Aplikasi Cek Bansos Beras 10 KG

“Jumlah TPS masih berpotensi bertambah karena ada kemungkinan TPS lokasi khusus,” tutup Ria.

Terimakasih telah membaca KPU Kulon Progo Tetapkan 753 TPS untuk Pilkada 2024 semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Polisi Amankan 2 Provokator di Sukolilo Pati Imbas Pengeroyokan Maut Bos Rental Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *