Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Politik

Heboh Boneka Pocong Bertuliskan Gibran di Jogja, Ada Apa?

12
×

Heboh Boneka Pocong Bertuliskan Gibran di Jogja, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Viral Kecewa Gibran Maju Cawapres
Aksi warga yang menamakan diri Gerakan Rakyat Jogja Melawak(n) di Jogja, Senin (23/10/2023). Foto: dok. istimewa

Heboh Boneka Pocong Bertuliskan Gibran di Jogja, Ada Apa? ~ Headline.co.id (Jogja). Kota Jogja menjadi saksi aksi unik yang diinisiasi oleh kelompok yang menamakan diri Gerakan Rakyat Jogja Melawak(n). Mereka memasang deretan boneka mirip pocong bertuliskan nama Gibran di pembatas Jalan Laksda Adisucipto, Demangan, Gondokusuman.

Baca juga: Selokan Mataram Jebol Kerugian Warga Hingga Rp 150 Juta, Proyek Tol Jadi Sorotan

Aksi tersebut, yang dijelaskan sebagai bentuk kekecewaan, melibatkan enam boneka pocong yang masing-masing bertuliskan satu huruf dari nama Gibran. Boneka-boneka itu diikatkan pada pohon-pohon di sepanjang pembatas Jalan Laksda Adisucipto, menciptakan pemandangan yang tak lazim di tengah kota.

Koordinator lapangan aksi, Yogie Prasetyo, mengungkapkan bahwa aksi tersebut muncul secara spontan sebagai ekspresi kekecewaan terhadap langkah Gibran Rakabuming Raka yang menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Baca juga: Butet Kartaredjasa Sebut Gibran Cawapres Prabowo: Kiamat Moral bagi Politik Indonesia?

“Hanya spontanitas aja. Tidak ada rencana, tidak ada apa-apa, hanya spontanitas aja meluapkan emosi kita,” ujar Yogie saat dihubungi wartawan pada Senin (23/10/2023).

Menurut Yogie, kekecewaan ini muncul setelah pernyataan Joko Widodo yang menyatakan dukungan terhadap pencawapresan Gibran. Hal ini dianggap sebagai persetujuan terhadap perpindahan Gibran dari PDIP ke Golkar.

“Gibran ini masih menjadi kader PDIP tetapi beliau mau dicalonkan menjadi cawapres dari Partai Golkar yang notabene itu baru satu hari datang di rapimnas terus jadi cawapres. Itu kita kecewa banget,” ungkap Yogie.

Baca juga: Gubernur DIY Bicara Soal Selokan Mataram Jebol: Siapa yang Bertanggung Jawab?

Yogie juga menambahkan bahwa pocong yang dipasang merupakan simbol matinya nurani Gibran. Muncul keraguan terhadap kesetiaannya terhadap partai PDIP karena menerima pinangan Prabowo untuk menjadi cawapresnya.

Sebagai tambahan ekspresi kekecewaan, selain boneka pocong bertuliskan Gibran, kelompok ini juga mengarak keranda yang diselimuti kain putih dan bertuliskan ‘Matinya Jokowi’. Hal ini menjadi simbol kekecewaan terhadap restu yang diberikan Jokowi terhadap Gibran.

“Kenapa tadi kita pasang keranda matinya Jokowi, juga Jokowi kita anggap hati nurani sudah mati, Jokowi tidak bersama kita lagi sekarang Jokowi bukan bersama kita,” terangnya.

Baca juga: Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap

Yogie, yang mengaku sebagai eks relawan pro Jokowi pada pilpres sebelumnya, menyatakan bahwa aksi ini membuat mereka mencabut dukungan terhadap Jokowi. “Jelas (mencabut dukungan ke Jokowi). Nek (kalau) kita mencabut dukungan ke Jokowi, kita jelas menangkan Ganjar-Mahfud satu putaran, kita tidak lagi, itu tadi saya bilang kita tidak lagi bersama Jokowi. Slogan kita jelas,” ujarnya.

Aksi ini tentu menjadi sorotan dan meninggalkan pertanyaan terkait dinamika politik yang semakin memanas menjelang pemilihan presiden.

Terimakasih telah membaca Heboh Boneka Pocong Bertuliskan Gibran di Jogja, Ada Apa? jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Ciptakan Pemilu Damai, Gubernur DIY Akan Panggil Parpol di Jogja Untuk Dekarasi Pemilu Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *