Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Kesehatan

Begini Cara Menjaga Kesehatan Posisi Duduk Saat Memakai Komputer

252
×

Begini Cara Menjaga Kesehatan Posisi Duduk Saat Memakai Komputer

Sebarkan artikel ini
Tips Kesehatan Akibat kerja seharian
img: ist

Begini Cara Menjaga Kesehatan Posisi Duduk Saat Memakai Komputer ~ Headline.co.id (Kesehatan). Menjadi pegawai kantoran adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Pengawai kantoran dianggap memiliki prestise tersendiri bagi sebagian masyarakat. Mereka mengira menjadi pegawai kantoran sangatlah menyenangkan karena memiliki jam kerja yang teratur dan berpenghasilan tetap. Namun dibalik itu tahukah bahwa sebenarnya menjadi pegawai kantoran juga memiliki banyak masalah yang menyangkut kesehatan.

Baca juga: Pelatihan UMKM, Emak di Panusupan Berhasil Bikin 11 Kudapan Berbahan Lokal

Pegawai Kantoran mempunyai pekerjaan rutin setiap harinya terutama yang bekerja di pelayanan publik seperti rumak sakit, bank dan lainnya. Pekerjaan itu menuntut mereka untuk menyelesaikan tepat pada waktunya. Pekerjaan yang bertumpuk untuk segera diselesaikan kadang tidak sebanding dengan jumlah sumber daya yang ada sering menjadi masalah utama.

Terkadang pegawai harus menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan diwaktu yang sama belum lagi tekanan atasan dan keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tapi tidak selesai sering memicu terjadinya stress. Stress dan orang kantoran tidak dapat dipisahkan. Belum lagi pekerjaan yang monoton setiap harinya juga menyebabkan kebosanan dan rasa jenuh.

Baca juga: Mau Sewa Motor di Jogja? Ini Rekomendasi Rental Sepeda Motor Murah Dekat Stasiun Tugu

Stress dan pikiran negative lainnya bila tidak ditanggulangi akan menimbukan berbagai penyakit.  Posisi duduk orang kantoran yang terus membungkuk seharian di depan computer atau laptop yang terlalu lama juga akan membuat otot menjadi kaku dan tegang dan menjadi pemicu munculnya rasa nyeri pada punggung, bahu, leher dan kepala.

Stress yang berlebihan akibat beban kerja juga sering memunculkan rasa nyeri pada perut. Nyeri yang berkepanjangan bila tidak ditanggulangi berakibat fatal dan mengganggu produktifitas kerja pegawai kantor. Stress yang bisa dikendalikan akan membantu kita untuk lebih produktif. Stress yang dikelola dengan baik akan membuat kita lebih sehat dan bersemangat dalam hidup, bekerja dan belajar. Nah Bagaimana cara menanggulangi rasa sakit yang muncul saat kita bekerja?

Baca juga: Datang ke Lampung, Menparekraf Dorong Kabupaten Pesawaran Lampung Temukan Subsektor Ekonomi Kreatif Unggulan

Nah, berikut ini adalah rahasia sehat untuk menaggulangi berbagai rasa nyeri akibat bekerja di depan computer/laptop yaitu:

Melakukan Yoga atau peregangan

Yoga adalah olahraga yang low intensity sehingga aman dilakukan. Dengan terus Latihan yoga akan sangat membantu untuk terbebas dari rasa nyeri akibat kerja.

Baca juga: Mahfud MD Undang Profesional dan Ahli Untuk Mendaftar Calon Dirut BAKTI

Apa itu yoga?

Yoga merupakan sebuah latihan fisik yang lembut yang menggunakan perpaduan teknik peregangan tubuh, bernafas, relaksasii/meditasi dan kelenturan tubuh untuk mencapai keseimbangan antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas. Gerakan yoga akan membantu meringankan sakit punggung karena gerakan peregangan akan membantu otot pada punggung bahu dan leher menjadi lebih lentur.

Yoga dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih relax dan tenang. Ada beberapa jenis yoga dan dalam yoga ada beberapa pose disesuaikan dengan kebutuhan, seperti gerakan peregangan pada leher, pundak, bahu dan pinggang. 

Baca juga: Hyarta Ecovillage Perumahan Mewah di Tengah Kota Jogja Ready Stok

Melakukan relaxasi

Relaksasi adalah teknik yang digunakan untuk membantu meredakan stres dan emosi negatif lainnya. Dengan relaksasi kita diajarkan untuk melepaskan pikiran kita sejenak dari ketegangan. Metodenya adalah dengan diam sambal duduk atau tidur terlentang diatas tikar. Kemudian Tarik nafas dan keluarkan nafas secara teratur beberapa menit. Pikiran bisa lebih tenang dan jernih dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

Menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat seperti banyak makan sayur, buah dan minum air yang cukup serta rajin bangun pagi dan tidak begadang dan selalu berpikir positif akan sangat membantu untuk meredakan stress dan mencegah

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Pansel Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK

Terimakasih telah membaca Begini Cara Menjaga Kesehatan Posisi Duduk Saat Memakai Komputer semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Dorong Sektor Perikanan Tumbuh Berkelanjutan, Jateng Bentuk Tim Pengawasan Bersama 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *