Ternyata Ini Manfaat, Jenis, dan Keunggulan dan kekurangan Beras Organik

Harga Beras Ketan Hitam Lingkar Organik 500gr
Ilustrasi beras organik. img: sesa.id

Ternyata Ini Manfaat, Jenis, dan Keunggulan dan kekurangan  Beras Organik  ~ Headline.co.id. Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan agar hidup kita sehat. Tentunya menjaga kesehatan banyak sekali caranya mulai dari rajin olahraga hingga konsumsi makanan sehat salah satunya adalah makanan pokok.

Baca juga: Heboh Varian Baru Omicron BA.4 dan BA.5, Begini Tips Terhindar dari Virus Corona Baru ini

Untuk di Indonesia sendiri kita tahu bahwa makanan pokoknya adalah nasi yang mana nasi berasal dari beras. Untuk beras sendiri memiliki banyak sekali jenisnya dan cara pengelolaannya. Bahkan salah satu beras yang cukup digemari adalah beras organik.

Mengenal Apa itu Beras Organik

Bagi yang masih awam atau bahkan baru dengar, Beras organik adalah beras yang dihasilkan oleh petani yang mana saat proses penanaman, pemupukan hingga obat-obatannya menggunakan bahan organik atau tidak menggunakan bahan kimia seperti kebanyakan yang dilakukan oleh petani di lingkungan kita.

Baca juga: Ini Tanggapan Jokowi Terkait Menteri Berkampanye

Tentunya dengan menggunakan proses organik akan membuat lingkungan aman, sehingga akan menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem di dalamnya. Selain itu dengan proses organik tentu akan menghasilkan padi yang lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan yang menggunakan pestisida.

Biasanya untuk mendapatkan beras organik yang bagus petani akan menggunakan pupuk organik seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. Sementara untuk melawan hama yang menyerang tumbuhan pentani biasanya menggunakan kombinasi dari berbagai macam tumbuhan yang diracik sedemikian rupa yang kemudian dilakukan fermentasi secara alami sehingga bisa menjadi obat untuk hama.

Baca juga: Ini Perbedaan Batuk Kering dan Batuk Berdahak Beserta Penyebabnya

Jenis-Jenis Beras Organik

Tentunya beras sendiri memiliki berbagai macam jenis lo. Mulai dari beras organik merah, putih dan beras organik hitam. Untuk beras organik sendiri ternyata memiliki rasa dan aromo yang cukup berbeda dari beras biasanya.

Beras ini memiliki cita rasa yang pulen dan mampu bertahan lama. Selain karbohidrat dalam kandungan beras organik sendiri juga terdapat kandungan mineral, glukosa, dan protein.

Baca juga: Inilah Aturan Dosis Konsumsi Madu Untuk Asam Obat Lambung

Tidak heran jika beras organik cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Selain itu, beras organik juga baik digunakan dalam mencegah datangnya asam urat, jantung, kanker, vertigo serta darah tinggi.

Kelebihan dan kekurangan beras Organik

Keungulan Beras Organik dibandingkan Beras Biasa

Selain kaya akan manfaat beras organik juga memiliki berbagai macam beras biasa. Selain memiliki rasa yang lebih pulen beras organik juga bisa tahan lebih lama dibandingkan beras biasa bahkan jika dibandingkan volume yang dihasilkan oleh beras organik juga lebih banyak.

Baca juga: Bingung Cari Cat Tembok Rumah? Begini Tips Memilih Agar Terlihat Bagus dan Elegan

Selain itu dibandingkan dengan beras biasa tentu kandungan yang ada dalam beras organik lebih sehat. Dengan mengkonsumsi beras organik kita dapat mengurangi kadar urea darah yang selama ini menumpuk karena kebiasaan kita mengkonsumsi beras biasa yang sering di pupuk dengan orea.

Selain itu kandungan dalam beras organik dapat mengurangi penggunaan bahan kimia sehingga kita bisa mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya yang pada dasa warsa terakhir banyak diderita oleh masyarakat.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Begini Tips Memilih Produk Pilihan di Marketplace

Kekurangan Beras Organik

Meski memiliki banyak sekali kelebihan tentu beras organik juga memiliki kekurangan, apa kekurangan beras organik dibandingkan dengan beras biasa? Kekurangannya adalah dari sisi harga. Tentu Harga beras organik lebih tinggi dibandingan dengan beras biasa.

Baca juga:

Namun kekurangan tersebut juga sesuai dengan manfaat yang didapat. Selain itu dari sisi petani beras yang dihasilkan dari sisi organik tidak sebanyak beras biasa karena beras organik menggunakan proses organik.

Namun buat kamu yang takut kemahalan kamu bisa mencari melalui aplikasi sesa.id yang bisa dibuka melalui appstore dan playstore bahkan juga bisa diakses melalui browser. Di situs tersebut kamu bisa memiliki beras organik yang sesuai dengan kantong kita dan kita juga memilik sesuai merk dan selera kita lo gaes.

Baca juga: Cari Klinik Kecantikan di Jogja, ini Rekomendasi Terbaik Harga Bersahabat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

User Review